6 Manfaat Menyediakan Makan Siang Karyawan bagi Perusahaan

Memberikan makan siang karyawan menjadi salah satu benefit yang sering ditawarkan perusahaan. Biasanya, makan siang yang diberikan bisa berupa katering ataupun uang makan. Namun, menyediakan makan siang bagi karyawan ternyata justru lebih menguntungkan bagi perusahaan. Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan?

Membuat Karyawan Lebih Akrab

Semakin banyak karyawan di perusahaan, semakin banyak juga karyawan yang tidak saling mengenal. Apalagi jika karyawan tidak pernah bekerja sama sebelumnya, baik dalam proyek besar maupun dalam kegiatan internal perusahaan.

Nah, dengan menyediakan makan siang, perusahaan bisa mengatasi masalah ini. Dengan menyediakan makan siang dan mewajibkan mereka untuk makan bersama di ruang khusus, maka karyawan akan lebih mudah melakukan komunikasi saat makan dan akan terjalin keakraban antar karyawan.

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Tanpa disadari, menyediakan makan siang juga bisa meningkatkan produktivitas karyawan. Di mana, karyawan tidak terlalu sering keluar kantor dalam waktu lama hanya untuk makan. Selain itu, karyawan juga tidak perlu repot-repot keluar kantor, sehingga karyawan bisa lebih fokus dan cepat mengerjakan pekerjaannya di kantor.

Makan di Luar Lebih Berisiko bagi Karyawan

Karyawan adalah aset penting bagi perusahaan, sehingga perusahaan wajib mengelola karyawan dengan baik, salah satunya dengan menyediakan makan siang yang sehat dan bergizi di kantor.

Membiarkan karyawan makan di luar kantor ternyata sangat berisiko. Bisa saja makanan yang mereka konsumsi kurang bergizi dan kotor, sehingga bisa menyebabkan karyawan sering sakit.

Selain itu, membiarkan karyawan makan di luar dan mengonsumsi makanan yang kurang bergizi bisa mengurangi tingkat konsentrasi yang menyebabkan turunnya mood kerja atau rasa kantuk berlebih.

Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan

Perusahaan dengan manajer HR terbaik menurut versi WorkForce adalah perusahaan yang menyediakan makan gratis bagi karyawannya. Google dan Apple adalah dua perusahaan yang memiliki management terbaik dan dikenal sangat loyal dan peduli terhadap karyawan. Dua perusahaan ini menyediakan makan siang gratis dengan standar bintang lima dan gizinya seimbang.

Mereka sadar bahwa produktivitas dan performa kerja karyawan akan otomatis meningkat ketika mereka menunjukkan kepedulian mereka terhadap karyawannya, salah satunya menyediakan makanan yang bergizi dan lezat.

Branding Perusahaan

Saat ini bukan hanya karyawan yang bersaing masuk ke perusahaan terbaik. Namun, perusahaan juga bersaing untuk mendapatkan karyawan dengan talenta terbaik. Saat ini untuk menarik karyawan terbaik, gaji yang tinggi pun masih belum cukup. Oleh karena itu, perusahaan berlomba-lomba untuk memberikan benefit dan  fasilitas yang menarik, salah satunya menyediakan makan siang karyawan. 

Menjamin Kebutuhan Makan Siang Karyawan

Dengan memberikan makan siang kepada karyawan, maka karyawan tidak perlu khawatir tidak bisa membeli makan ketika tanggal tua. Meski jarang terjadi, masih ada beberapa karyawan yang sering kehabisan gajinya sebelum tanggal gajian. Hal ini jugalah yang sering menjadi alasan bagi karyawan untuk meminjam uang atau melakukan kasbon untuk membeli makanan.

Namun, masalah ini tidak akan terjadi lagi ketika perusahaan menyediakan makan siang kepada karyawannya. Mereka tidak perlu memikirkan makan apa hari ini? Dan uang apa yang akan mereka gunakan untuk membeli makan.

Meski perusahaan sudah menjamin kebutuhan makan, perusahaan juga perlu menjamin kebutuhan finansial karyawan, terutama ketika mereka membutuhkan biaya darurat. Oleh karena itu, perusahaan bisa membantu karyawan dengan memberikan kasbon atau pembayaran gaji dibayar di muka.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu perusahaan memberikan pembayaran gaji lebih cepat atau pembayaran gaji di muka adalah KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa memberikan gaji dibayar di muka tanpa mengganggu keuangan perusahaan. Sehingga, karyawan bisa memenuhi kebutuhan keuangan perusahaan dan perusahaan pun tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk memberikan fasilitas tersebut. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id dan dapatkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan keuangan karyawan.