Waspada! 5 Akibat Tidak Memiliki Dana Darurat Keluarga

Banyak orang yang masih sering mengabaikan pentingnya dana darurat. Padahal, dana darurat merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki seseorang, terutama seseorang yang sudah berkeluarga. Dana darurat memiliki banyak manfaat salah satunya mengantisipasi masalah keuangan yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Dana darurat juga menjadi salah satu wujud dari perencanaan keuangan dan antisipasi terbaik yang bisa dilakukan. Tanpa adanya dana darurat, maka sama saja dengan membiarkan hal buruk terjadi dan membuat kondisi keuangan semakin parah. Oleh karena itu, kamu wajib mulai memikirkan dana darurat, terutama kamu yang sudah berkeluarga. Dengan dana darurat keluarga, kamu bisa menjamin kebutuhan keluarga di masa yang akan datang tercukupi dan mengantisipasi masalah keuangan keluarga di kemudian hari. Lalu apa saja akibat yang mungkin terjadi jika kamu tidak memiliki dana darurat? 

Terpaksa Berutang

Ketika kamu sedang membutuhkan dana darurat, biasanya solusi pertama yang sering dipikirkan banyak orang adalah meminjam uang atau mencairkan tabungan. Nah, bayangkan jika kamu tidak punya tabungan dan juga dana darurat? Padahal ketika kamu memiliki dana darurat, kamu tidak perlu mengambil 2 solusi tersebut.

Dengan berutang atau menghabiskan uang tabungan hanya akan membuat kondisi keuangan semakin memburuk. Mungkin menghabiskan tabungan tidak terlalu berdampak buruk, tapi bagaimana jika kamu tidak memiliki tabungan dan harus berutang untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, dengan berutang mungkin kamu akan terjebak ke masalah keuangan yang lebih buruk, di mana kamu harus membayar bunga dan juga denda ketika kamu mengalami keterlambatan pembayaran. Jadi, pastikan kamu memiliki dana darurat ya, dan pastikan dana darurat ini dalam bentuk kas yang mudah kamu cairkan kapan saja. Hindari menyimpan dana darurat di produk investasi yang sulit dicairkan seperti deposito.

Kondisi Finansial Keluarga Terancam

Dana darurat keluarga merupakan hal wajib yang harus kamu miliki ketika kamu sudah berkeluarga. Wajib hukumnya buat kamu mengalokasikan sebagian penghasilan kamu untuk dana darurat. Karena, tidak ada yang bisa menjamin apa yang akan terjadi di kemudian hari. Misalnya saja kehilangan pekerjaan karena PHK atau bisnis bangkrut, sehingga kamu tidak bisa memiliki penghasilan lagi untuk jangka waktu yang belum ditentukan.

Dengan menyiapkan dana darurat inilah kamu sudah memiliki pegangan ketika hal buruk terjadi dalam keluargamu. Sehingga kehidupan dan finansial keluarga tidak akan terancam dan akan tetap aman, setidaknya sampai kamu memiliki pekerjaan baru.

Terjadi Konflik Rumah Tangga

Masalah keuangan sering menjadi salah satu penyebab terjadinya konflik rumah tangga. Ketika bisnis bangkrut atau terkena PHK, sehingga tidak adanya penghasilan yang bisa diharapkan, sementara tagihan dan cicilan terus berjalan, tentu akan membuat stres. Kondisi inilah yang secara psikologis bisa membuat seseorang lebih mudah marah, sehingga memicu konflik.

Untuk itu, wajib hukumnya kamu yang sudah berkeluarga memiliki dana darurat demi mengurangi ketegangan emosional di rumah. Dengan adanya dana darurat, kamu bisa menggunakan uang tersebut kapan saja ketika dibutuhkan tanpa harus memikirkan untuk berutang dan bagaimana cara  membayarnya.

Tidak Bisa Mendapatkan Perawatan Maksimal Ketika Sakit

Tidak ada orang yang berharap untuk sakit dan terkena penyakit. Di mana, biaya untuk pengobatan dan perawatan di rumah sakit termasuk salah satu pengeluaran besar dan cukup mahal. Apalagi jika penyakit tersebut membutuhkan pengobatan maksimal dan kamu mengharapkan pelayanan maksimal. Ada biaya yang cukup besar dibalik pelayanan dan perawatan tersebut.

Namun, kamu bisa berjaga-jaga ketika suatu saat nanti terkena penyakit dan membutuhkan perawatan di rumah sakit. Selain asuransi kesehatan, kamu juga bisa memanfaatkan dana darurat untuk beberapa penyakit yang mungkin tidak bisa diklaim oleh rumah sakit.

Tidak Maksimal Mendukung Proses Tumbuh Kembang Anak

Ketika kamu memutuskan untuk memiliki momongan, tentu kamu harus sudah menyiapkan banyak biaya. Biasanya ada banyak biaya yang harus mulai kamu pikirkan ketika memutuskan untuk memiliki anak. Misalnya saja biaya untuk check up ke rumah sakit ketika istri hamil, biaya persalinan, biaya imunisasi atau vaksinasi si kecil, biaya pendidikan, kebutuhan sehari hari seperti popok, susu, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting dan wajib bagi kamu untuk memiliki dana darurat. Sehingga, kamu bisa lebih maksimal mendukung proses tumbung kembang anak-anak, mulai dari dalam kandungan hingga mereka dewasa nanti.

Itulah beberapa akibat yang mungkin akan kamu terima ketika kamu belum memiliki dana darurat. Jadi, pastikan mulai sekarang cobalah untuk menyisihkan penghasilan kamu sedikit demi sedikit untuk memenuhi kebutuhan dana daruratmu.

Nah, bagi kamu yang belum memiliki dana darurat tapi membutuhkan uang untuk kebutuhan mendesak, sekarang kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan KINI.id, kamu bisa memenuhi seluruh kebutuhan dana daruratmu dengan cara mencairkan gaji di muka. Sehingga, kamu tidak perlu meminjam uang dan tidak perlu menunggu tanggal gajian untuk memenuhi kebutuhan daruratmu tersebut. Melalui aplikasi KINI.id juga kamu bisa mencairkan uang yang kamu butuhkan lebih mudah, kapan dan di mana saja dengan jumlah yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Jadi tunggu apalagi? Yuk manfaatkan aplikasi KINI.id bagi kamu yang membutuhkan dana darurat hari ini!