Bagi sebagian orang, membeli mobil secara tunai bukan hal yang mudah. Kamu perlu banyak menabung untuk bisa mewujudkannya. Namun, memutuskan membeli mobil secara tunai bisa membuat keuangan tetap terjaga. Apalagi, nilai kendaraan mobil akan terus mengalami depresiasi atau penyusutan ke depannya. Sehingga, penting untuk dipertimbangkan dengan baik. Jika kamu ingin membeli mobil baru secara tunai atau tanpa perlu berutang, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Sisihkan 50% penghasilan setiap bulan

Untuk bisa membeli mobil secara tunai tentu kamu perlu menabung dalam jumlah besar dan rutin. Cobalah mulai dengan menyisihkan 50% dari penghasilan setiap bulan. Misalnya,  jika kamu memiliki gaji sebesar Rp10 juta, sisihkanlah uang sebanyak Rp5 juta setiap bulannya untuk ditabung. Jika belum memiliki gaji sebesar itu, kamu pun masih bisa menerapkan cara tersebut sesuai gaji yang dimiliki saat ini.

Mencari penghasilan tambahan

Untuk bisa menabung lebih banyak agar dana membeli mobil secara tunai lebih cepat terkumpul, kamu juga bisa mencari pekerjaan tambahan. Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, mulai dari menjadi freelance atau membuka bisnis kecil di rumah.

Sisihkan Rp3 Juta setiap bulan

Biasanya, cicilan minimal mobil baru adalah sekitar Rp3 jutaan. Nah, kamu bisa coba beli mobil tanpa utang dengan menyisihkan uang sebanyak Rp3 juta setiap bulannya. Anggaplah kamu sedang mencicil. Namun, kamu tetap harus bersabar, karena paling tidak kamu baru bisa membeli mobil tersebut selama tiga tahun.

Hindari cicilan lain selama menabung untuk beli mobil

Agar dana pembelian mobil cepat terkumpul dan kamu bisa memiliki mobil lebih cepat, pastikan juga kamu menabung dengan jumlah yang konsisten atau bahkan lebih besar setiap bulannya. Oleh karena itu, selama menabung hindari juga mengambil cicilan lain dan pola perilaku konsumtif. Hal tersebut hanya akan membuat proses menyisihkan uang menjadi sulit.

Jika kamu membutuhkan dana mendesak, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id dibandingkan harus berutang. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji secara fleksibel kapan dan di mana saja kamu butuhkan uang tersebut. Pastikan juga kamu mengambil gaji di awal sesuai dengan kebutuhan, agar nantinya ketika tanggal gajian kamu masih menerima gaji kamu untuk memenuhi kebutuhan di bulan tersebut.

Jual Aset

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan impian membeli mobil secara tunai yaitu menjual aset, misalnya seperti tanah atau rumah. Namun, bukan berarti kamu harus menjual rumah yang saat ini sedang ditempati. Kamu bisa menjual aset berlebih yang dimiliki dan pastikan harganya sudah sesuai dengan harga pasaran.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membeli mobil secara tunai. Jadi, kira-kira cara mana yang akan kamu pilih untuk membeli mobil?