8 Cara Bijak Memanfaatkan THR Agar Keuanganmu Semakin Membaik

Bulan Ramadan jadi bulan yang paling ditunggu-tunggu karyawan. Pasalnya, di bulan ini karyawan akan mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya dari perusahaan tempat ia bekerja. Biasanya di bulan ini juga pengeluaran seseorang akan bertambah hingga 2x lipat. Oleh karena itu, agar keuangan tetap stabil dan dalam kondisi baik, kamu harus tetap bijak memanfaatkan THR. Karena jika tidak, kamu bisa mengalami kesulitan atau masalah keuangan di kemudian hari. Nah, agar tidak salah langkah, di bawah ini adalah beberapa tips bijak memanfaatkan THR yang bisa kamu terapkan.

Buat Rencana Pengeluaran Lebaran

Sebelum menggunakan THR untuk memenuhi kebutuhan hari raya yang melonjak, pastikan terlebih dulu kamu mempersiapkan rencana pengeluaran dalam bentuk daftar belanja. Dengan adanya rencana pengeluaran, kamu bisa terhindar dari risiko belanja berlebih yang tidak sesuai kebutuhan. Jadi, pastikan rencana pengeluaran yang kamu buat adalah rencana untuk memenuhi kebutuhan hari raya, bukan rencana memenuhi keinginan impulsif kamu.

Alokasikan 10% hingga 20% untuk tabungan

Sama seperti ketika kamu menerima gaji bulanan, kamu tidak boleh menghabiskan uang tersebut dan tetap perlu menyisihkan uang untuk tabungan. Besarannya cukup 10 persen hingga 20 persen dan dimasukkan ke dalam rekening tabungan. Jika THR yang kamu terima cukup besar, kamu bisa mengalokasikan dana yang juga lebih besar. Selain itu, pastikan setelah menerima THR kamu segera menyisihkan dana tersebut agar tidak tergoda menggunakannya untuk keperluan lain, termasuk keperluan sehari-hari.

Prioritaskan THR untuk Melunasi Utang

Dibanding untuk membeli keinginan impulsif kamu, ada baiknya uang THR yang kamu dapatkan diprioritaskan untuk melunasi utang. Dengan begitu beban kamu setelah hari raya pun sedikit berkurang dan terasa ringan. Momen ini sangat tepat jika digunakan untuk mengurangi beban utang karena uang THR merupakan dana terpisah dari anggaran. 

Sisihkan untuk Membayar Zakat

Di bulan Ramadan umat muslim wajib melakukan pembayaran zakat fitrah. Meski jumlahnya tidak besar, kamu harus tetap memprioritaskan dana untuk membayar zakat. Besaran zakat fitrah pun mengikuti ketentuan dari Badan Amil Zakat tempat kamu melaksanakan zakat.

Bijak Membeli Keperluan Hari Raya

Ketika THR cair, biasanya banyak orang yang memanfaatkannya untuk membeli keperluan hari raya atau membeli kebutuhan ibadah baru. Untuk memenuhi keperluan ini, disarankan kamu tidak menghabiskan dana lebih dari 20% dari THR yang kamu terima. Namun pastikan kamu tidak membeli banyak baju demi menghemat pengeluaran di bulan Ramadan. Apalagi jika kamu masih memiliki baju yang bagus dan bisa digunakan di Hari Raya.

Maksimalkan THR untuk Berinvestasi

Bagi kamu yang sudah memiliki kondisi keuangan yang baik dan memiliki anggaran cukup untuk Hari Raya, maka kini saatnya kamu memanfaatkan uang THR untuk keperluan produktif, salah satunya adalah memulai atau mengembangkan investasi.

Ada banyak pilihan instrumen investasi, mulai dari investasi saham, emas, deposito, reksa dana, maupun pendanaan di P2P lending. Dengan memulai investasi, maka kamu bisa mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Karena dengan investasi, uang yang kamu setorkan akan terus berkembang sesuai dengan investasi apa yang kamu pilih.

Mengalokasikan THR bagi Pekerja di Rumah

Jika kamu memiliki orang yang sering membantu pekerjaan di rumah, maka kamu juga perlu mengalokasikan dana untuk memberikan THR ke pekerja tersebut. Jadi, pastikan kamu juga telah mengalokasikan seluruh kebutuhan di dalam anggaran keuangan di bulan Ramadanmu. Kamu juga bisa memasukkan sejumlah uang ke dalam beberapa amplop terpisah untuk penerima THR dan angpao lebaran. Dengan begitu kamu sudah memiliki alokasi angpao THR yang sudah pasti sehingga tidak menambah dana secara mendadak.

Namun, meski sudah membuat anggaran dengan baik dan matang, terkadang ada saja kebutuhan darurat yang perlu dipenuhi. Oleh karena itu KINI.id hadir menjawab permasalahan kamu. Dengan adanya KINI.id, kamu tidak perlu mengambil uang di tabungan atau meminjam uang ke teman, keluarga, atau lembaga perbankan.

Karena dengan KINI.id, kamu bisa mendapatkan akses mudah untuk mencairkan gaji di muka. Sehingga, kamu tidak perlu menunggu tanggal gajian untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!