5 Cara Tepat Memberikan Apresiasi Karyawan yang Tidak Terlupakan

Memberikan apresiasi ke karyawan menjadi hal yang penting untuk dilakukan sebuah perusahaan. Dengan memberikan apresiasi, maka karyawan akan merasa lebih dihargai sehingga nantinya akan membantu karyawan terus termotivasi dalam bekerja. Ketika karyawan menjadi lebih termotivasi, secara tidak langsung angka produktivitas dan loyalitas karyawan pun akan meningkat, serta keterlibatan mereka di kantor pun akan melonjak.

Namun seperti apa cara yang benar dan tepat ketika ingin memberikan apresiasi kepada karyawan? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan. 

Tambahan fasilitas

Untuk menunjukkan apresiasi ke karyawan, perusahaan juga bisa menyediakan fasilitas tambahan bagi mereka. Meski inisiatif ini tidak murah, memberi fasilitas tambahan akan memudahkan karyawan untuk menyelesaikan tugas operasional mereka.

Misalnya, perusahaan bisa menyediakan laptop dengan kualitas tertinggi, kendaraan kantor, dan sebagainya. Dengan begitu, karyawan akan merasa bahwa hasil kerja kerasnya selama ini diapresiasi oleh perusahaan.

Bukan hanya itu, perusahaan juga bisa memberikan fasilitas versi murah dengan memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, karyawan bisa mengakses gajinya kapan saja tanpa perlu menunggu tanggal gajian sehingga nantinya bisa membantu karyawan yang membutuhkan dana darurat.

Untuk memberikan benefit ini, perusahaan pun tidak perlu mengeluarkan dana sedikit pun dan juga tidak akan mengganggu anggaran maupun cash flow perusahaan. Menarik bukan? Selain itu, fasilitas ini pun tidak hanya bisa diberikan ke karyawan terbaik, melainkan ke seluruh karyawan di perusahaan. Jadi tunggu apalagi? Mulai daftarkan seluruh karyawan perusahaan kamu ke dalam aplikasi KINI.id.

Memberikan pujian

Memberi pujian bisa menjadi salah satu cara memberikan apresiasi ke karyawan. Pujian ini bisa diberikan perusahaan ketika karyawan melakukan tugasnya dengan baik. Meski terlihat sepele, memberi pujian dapat menjadi cara menunjukkan bahwa perusahan kagum dengan hasil kerja karyawan.

Cara ini juga efektif untuk meningkat memotivasi karyawan dan kualitas kerjanya. Namun, bentuk pujian yang diberikan tidak harus dengan kata-kata atau sertifikat, bisa juga hanya  sekadar menepuk pundak karyawan sambil mengacungkan jempol dan berterima kasih atas kinerja yang mereka berikan ke perusahaan.

Membelikan makanan

Ini menjadi cara sederhana yang bisa dilakukan perusahaan untuk memberikan apresiasi pada karyawannya. Cobalah belikan untuk karyawan yang merayakan ulang tahun atau saat target pekerjaan tercapai. Misalnya, membeli pizza untuk dimakan bersama di kantor. Meski biaya yang dikeluarkan tidak seberapa, ini menjadi berkesan bagi karyawan.

Itulah beberapa cara memberikan apresiasi karyawan yang bisa dilakukan perusahaan. Jadi cara mana yang akan perusahaanmu gunakan?

Tawarkan waktu libur

Jika karyawan berhasil menunjukkan performa kerja yang baik, tidak ada salahnya jika perusahaan menawarkan mereka waktu libur lebih. Dengan adanya waktu libur lebih ini karyawan akan merasa dihargai setelah banyaknya pekerjaan yang mereka kerjakan. Ini juga bisa menjadi waktu tepat bagi karyawan untuk berlibur dan sekedar me-refresh otak kembali sebelum nantinya harus kembali bekerja. 

Memberikan bonus

Perusahaan juga bisa memberikan bonus berbentuk uang atau voucher bagi karyawan yang berhasil mencatatkan kinerja yang baik. Untuk jumlah yang diberikan tergantung dari keadaan perusahaan. Besar kecilnya jumlah yang diberikan, pasti tetap akan membuat karyawan senang, karena mereka akan bakal merasa bahwa kerja kerasnya dihargai.