Bukan Hanya untuk Mengecek Gaji yang Diterima, Ini Pentingnya Slip Gaji!

Bukan hanya sekedar nominal gaji yang diterima karyawan. Memberikan slip gaji ke karyawan juga menjadi kewajiban  perusahaan. Nantinya, karyawan pun harus memahami seluruh komponen yang ada di dalamnya. Hal ini penting, karena bisa menjadi bukti dari keakuratan jumlah gaji yang telah dibayarkan perusahaan.

Ada sebagian besar perusahaan yang akan memberikan gaji lengkap dengan slip gajinya. Namun, tetap saja masih ada beberapa perusahaan yang tidak pernah memberitahukan hal tersebut pada karyawannya. Nah, pada artikel ini kita akan membahas pentingnya slip gaji bagi karyawan yang harus dipahami perusahaan maupun karyawan.

Apa itu Slip Gaji?

Slip gaji atau pay slip adalah dokumen yang diterbitkan setiap bulannya oleh pemberi kerja kepada karyawannya. Bukan hanya berisi jumlah gaji yang diterima karyawan, namun juga mencantumkan berapa banyak potongan gaji. Di mana, setiap perusahaan punya kebijakan tersendiri terkait pemotongan gaji seperti untuk membayar BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, pajak, hingga asuransi.

Seluruh jumlah pemotongan dan gaji bersih yang diterima karyawan perlu dicetak dalam dokumen pay slip. Sehingga, karyawan bisa mengetahui dengan jelas rincian dari gaji yang telah diterimanya.

Pentingnya Slip Gaji Bagi Karyawan

Bukan hanya mengetahui jumlah gaji yang diterima, ternyata dokumen ini juga punya banyak manfaat bagi karyawan, seperti:

1. Mengetahui rincian gaji

Manfaat pertama dari slip gaji tentu adalah untuk mengetahui rincian komponen dari nominal gaji yang diterima karyawan setiap bulannya. Di mana, komponen gaji masing-masih perusahaan berbeda-beda, tergantung kebijakan perusahaan.

Menurut Planday, terdapat tiga bagian yang harus ada di dalam pay slip yaitu:

  • gaji pokok
  • pajak, potongan, dan kontribusi
  • jumlah gaji bersih yang diterima

Sehingga selain jumlah gaji pokok, karyawan juga bisa melihat berapa jumlah uang hasil kontribusi seperti ketika mendapatkan bonus atau THR. Begitu juga dengan informasi mengenai jumlah potongan seperti gaji yang dibayar di muka, potongan untuk pajak, atau karena adanya pelanggaran ketika bekerja misalnya karena terlambat.

Nah, untuk pembayaran gaji di muka, perusahaan tidak lagi perlu mengubah pencatatan keuangan dan hanya perlu menuliskannya di dalam slip gaji jika menggunakan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa memberikan gaji di muka tanpa perlu mengganggu anggaran keuangan perusahaan dan karyawan dapat dengan mudah mencairkan gaji kapan dan di mana saja dengan jumlah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Pengajuan Kredit

Ketika karyawan sudah bekerja, tentu karyawan juga ingin memiliki aset yang bermanfaat untuk mereka, seperti kendaraan bermotor, rumah, atau pembelian peralatan elektronik.

Ketika mengajukan kredit, biasanya perusahaan kredit atau bank memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya slip gaji.  Dengan adanya dokumen ini, maka karyawan bisa membuktikan bahwa mereka memiliki  pekerjaan tetap yang bisa menjamin kemampuan dalam membayar tagihan cicilan.

Selain itu, perusahaan penyedia kredit juga akan mempertimbangkan kemampuan pembayaran cicilan perbulan lewat informasi dalam dokumen tersebut yang nantinya akan mempengaruhi lamanya jangka waktu cicilan yang bisa diambil nantinya.

3. Negosiasi Gaji

Selain untuk syarat pengajuan kredit, slip gaji juga berguna untuk negosiasi gaji ketika karyawan ingin melamar kerja dan pindah ke perusahaan lain, Dengan adanya pay slip, karyawan bisa meminta gaji dan benefit yang lebih baik dari perusahaan sebelumnya.

Bagi pemberi kerja, informasi ini juga bisa membantu menentukan kisaran gaji yang akan diberikan kepada calon karyawan. Sehingga, mereka akan menggunakan angka tersebut sebagai referensi untuk memperkirakan nominal gaji yang pantas diberikan dengan kompetensi yang dimiliki karyawan.

Itulah beberapa hal mengenai pay slip yang mungkin belum banyak dipahami perusahaan maupun karyawan. Jadi, jika kamu adalah pihak perusahaan, pastikan kamu memberikannya setiap bulannya kepada karyawan. Sedangkan, jika kamu adalah pihak karyawan, pastikan kamu menyimpan pay slip tersebut agar tetap aman. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan seperti yang sudah disebutkan di atas.