Di pergantian tahun biasanya banyak hal yang perlu dilakukan perusahaan. Misalnya departemen HR harus menyelesaikan checklist HR, meninjau kembali kinerja yang selama ini dihasilkan. Dengan melakukan itu, perusahaan bisa mengevaluasi hasil kerja dengan baik yang nantinya bisa dijadikan dasar untuk pembuatan strategi di tahun berikutnya. 

Bukan hanya bagi perusahaan, di pergantian tahun ini juga menjadi bulan yang sibuk bagi departemen HR. Di mana, HR perlu melakukan penilaian terhadap banyak hal seperti pembelajaran dan pengembangan karyawan, penggajian dan tunjangan, perekrutan, tinjauan kinerja, dan masih banyak lagi.

Karena banyak yang harus dipersiapkan dan memiliki prioritas yang hampir sama, berikut ini beberapa checklist HR yang perlu dipastikan di pergantian tahun ini demi perusahaan yang lebih baik lagi.

Lakukan Survei

Checklist tugas pertama yang harus dilakukan HR adalah melakukan survei untuk mengumpulkan metrik tentang keterlibatan dan kepuasan karyawan selama setahun belakang. Pergantian tahun menjadi momen yang sering dimanfaatkan karyawan untuk mulai merencanakan hal–hal baru, misalnya saja mencari pekerjaan baru jika mereka saat ini tidak terlibat atau puas dengan pekerjaan saat ini. Untuk mencegah itu terjadi, maka penting bagi HR untuk menghubungi karyawan dan memastikan mereka merasa engage atau terlibat dengan tim mereka serta perusahaan. 

Mengkaji Efektivitas Program

Di pergantian tahun banyak hal yang perlu dievaluasi dengan baik, mulai dengan mengkaji pembelajaran dan pengembangan karyawan yang telah dilakukan. Pembelajaran dan pengembangan di setiap perusahaan tentunya berbeda , namun apapun program yang dilakukan plastik bertujuan untuk meninjau efektivitas program ini dan melihat apakah inisiatif tersebut memenuhi hasil yang diinginkan. Melihat dan mempelajari metode pelatihan baru dapat membantu meningkatkan efektivitas dan mengurangi biaya program pelatihan sehingga program pengembangan karyawan tahun depan dapat lebih maksimal.

Jadwalkan Tinjauan Kinerja Akhir Tahun

Pergantian tahun juga menjadi waktu tepat untuk memberikan feedback bagi karyawan, sehingga mereka dapat melakukan brainstorming cara untuk meningkatkan dan mengubah perilaku mereka di tahun baru. Begitu juga sebaliknya, ciptakan kesempatan karyawan untuk memberikan feedback kepada pimpinan.

Disinilah peran HR untuk memfasilitasi dengan mendorong manajer untuk bertemu langsung dengan seluruh anggota tim mereka dan menyiapkan sesi diskusi atau brainstorming dengan eksekutif. Dengan begitu, maka akan tercipta komunikasi yang terbuka dan meningkatkan transparansi dalam budaya perusahaan.

Tetapkan Tujuan Tahunan dan Tinjau Tujuan Tahun Lalu

Mengingat tujuan di tahun sebelumnya, kemudian mengidentifikasi hal-hal yang belum berjalan sesuai rencana akan memberikan hasil signifikan ketika perusahaan ingin membuat strategi baru. Meninjau tujuan tahun lalu sangat penting untuk menentukan tujuan tahun depan. Nah, pergantian tahun inilah menjadi kesempatan untuk mengevaluasi kemenangan dan kegagalan sambil mempersiapkan strategi dan tujuan tahun yang akan datang.

Mengevaluasi Kebutuhan Fasilitas dan Peralatan

Apakah perusahaan sedang mengalami pertumbuhan besar atau justru memerlukan perampingan? Untuk mengambil tindakan terhadap hal tersebut, tentu kamu perlu  meninjau kebutuhan fasilitas dan peralatan karena mungkin kamu bisa melihat peluang untuk menghemat uang atau berinvestasi ke dalam fasilitas dan peralatan baru yang dapat meningkatkan kinerja tim.

Evaluasi Gaji Karyawan

Bagi departemen HR, akhir tahun menjadi momen yang tepat untuk melakukan evaluasi gaji dan perhitungan bonus. Jadi, pastikan kamu mengevaluasi program penggajian dan tunjangan dengan tepat. Pastikan juga bahwa karyawan diberi kompensasi yang adil dan kompetitif untuk tanggung jawab mereka dan penghargaan atas kinerja mereka.

Tunjukkan Rasa Terima Kasih Kepada Karyawan

Meskipun karyawan dibayar untuk pekerjaan mereka, namun memberikan penghargaan dengan ucapan terima kasih akan menjadi hal yang menyenangkan dan akan diingat oleh karyawan. Jadi, momen pergantian tahun inilah  waktu yang tepat untuk perusahaan bisa berterima kasih dengan karyawan atas kinerja terbaik yang telah mereka berikan. Perusahaan bisa menunjukkan penghargaan dengan memberikan hadiah liburan, mengadakan pesta liburan, atau dengan mengirimkan catatan terima kasih yang dipersonalisasi. 

Mempertimbangkan Benefit Gaji Instan

Pergantian tahun juga menjadi salah satu waktu yang tepat untuk HR kembali menyusun dan merencanakan pemberian benefit bagi karyawan. HR perlu melakukan evaluasi sebelum menentukan benefit apa yang akan dihilangkan, diganti, atau ditambahkan.

Jika di tahun sebelumnya perusahaan belum bisa memberikan benefit gaji instan, maka perusahaan bisa mempertimbangkan untuk memberikan benefit gaji instan di tahun ini. Perusahaan tidak perlu khawatir mengenai masalah anggaran keuangan, karena perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi ini, perusahaan tidak perlu lagi repot menambah anggaran keuangan ataupun mengubah laporan keuangan nantinya. Karena seluruh proses akan dikelola langsung oleh aplikasi KINI.id, dan perusahaan hanya perlu membayar tagihan sesuai dengan gaji yang diambil karyawan di tengah bulan. Sehingga, perusahaan tidak perlu repot menghitung dan menambah anggaran perusahaan nantinya.

Itulah beberapa checklist HR yang perlu dilakukan di momen pergantian tahun. Jadi, pastikan tidak ada checklist HR yang terlewatkan ya!