6 Cara Merekrut Karyawan Potensial yang Bisa Bantu Mengembangkan Bisnis

Karyawan potensial yang memiliki kualitas kerja yang baik menjadi aset terpenting bagi perusahaan. Dengan memiliki karyawan yang kompeten dan memiliki potensi, maka perusahaan tidak perlu khawatir mengenai operasional bisnis, karena merekalah yang akan membantu kamu memastikan bisnis bisa berjalan dengan baik dan memiliki hasil sesuai dengan apa yang diharapkan perusahaan. Oleh karena itu, pentung untuk merekrut karyawan yang tepat demi berjalannya perusahaan sesuai dengan rencana bisnis. 

Namun, merekrut karyawan menjadi salah satu tantangan bagi perusahaan. Selain membutuhkan proses yang memakan waktu dan biaya, merekrut karyawan juga bituh strategi yang tepat agar tidak salah merekrut karyawan. Di bawah ini adalah beberapa cara dan strategi yang bisa dilakukan perusahaan untuk merekrut karyawan potensial.

Buka Lowongan di Acara Job Fair

Ketika perusahaan sedang mencari karyawan di generasi Z, perusahaan bisa coba membuka lowongan pekerjaan dengan mengikuti berbagai job fair. Biasanya, generasi ini akan lebih menyukai dan tertarik untuk pergi ke job fair demi mencari pekerjaan impiannya. 

Berikan Benefit yang Menarik

Apapun generasi yang ingin kamu rekrut, mereka tentu akan memperhatikan dan menanyakan benefit apa saja yang bisa diberikan perusahaan. Oleh karena itu, pastikan perusahaan memberikan benefit dan fasilitas yang menarik, sehingga mereka lebih tertarik untuk melamar di perusahaanmu. Pada dasarnya, mereka akan mencari perusahaan yang memerhatikan kesejahteraan karyawannya.

Mempekerjakan Kembali Karyawan yang Pernah Resign

Jika perusahaan telah mencoba berbagai cara namun tidak menemukan karyawan yang cocok dengan kriteria, maka kamu bisa coba mengambil jalan pintas dengan kembali mempekerjakan kembali karyawan yang pernah bekerja sebelumnya. Tentunya dengan menawarkan benefit dan fasilitas yang lebih menarik.

Bangun Reputasi yang Baik

Reputasi dan citra perusahaan menjadi salah satu hal yang paling dicari para calon pelamar. Dengan melihat reputasi dan citra perusahaan inilah mereka menjadi yakin dan lebih siap untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jadi, pastikan perusahaanmu telah memiliki reputasi yang baik. Kamu bisa coba memanfaatkan karyawan yang bekerja di perusahaan untuk membagikan keseruan selama mereka di kantor, dan sebagainya.‍

Ciptakan Lingkungan Kerja Positif

Apapun generasinya, mereka pasti berharap bisa bekerja di perusahaan yang memiliki lingkungan kerja yang baik dan mendukung mereka. Dengan lingkungan yang baik inilah, para karyawan bisa mengembangkan skill dan juga karir mereka selama bekerja di perusahaan. Nah, kedua hal inilah yang akan menarik mereka untuk melamar kerja di perusahaanmu.

Buat Strategi Merekrut Karyawan yang Efektif

Merekrut karyawan yang tepat tidaklah sembarangan, ada strategi khusus yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan karyawan potensial. Untuk itu, pastikan kamu telah menyusun dengan baik strategi apa yang akan kamu lakukan untuk merekrut mereka, apakah dengan memberikan benefit terbaik, gaji menarik, lingkungan kerja positif, dan sebagainya. Informasikan kepada calon pelamar mengenai apa saja yang akan diberikan perusahaan ketika mereka bergabung ke dalam perusahaan tersebut.

Salah satu benefit yang bisa kamu berikan kepada karyawanmu adalah benefit pembayaran gaji di muka. Perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id yang memberikan kemudahan dalam pemberian akses gaji fleksibel. Dengan KINI.id, karyawan bisa dengan mudah mengakses gaji mereka kapan pun dan di mana pun, tanpa harus menunggu tanggal gajian.

Itulah beberapa cara merekrut karyawan potensial yang nantinya bisa membantu kamu mengembangkan perusahaan. Jadi, cara mana yang akan kamu pilih untuk merekrut mereka?