5 Cara Mencari Uang Tambahan Bagi Karyawan yang Menghasilkan Untung Besar

Sebagai karyawan kamu pasti sudah tahu berapa penghasilanmu setiap bulannya. Terkadang gaji bulanan ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok saja. Namun, terkadang ada beberapa kebutuhan darurat yang sering tidak terpikirkan dan belum dimasukkan ke dalam anggaran bulanan. Banyaknya kebutuhan inilah yang membuat seseorang, khususnya karyawan terpaksa mencari uang tambahan. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan tapi juga untuk dana liburan atau sekedar menambah tabungan. Nah, lalu apa saja cara mencari uang tambahan bagi karyawan yang bisa dilakukan?

Freelancer

Bagi sebagian orang, menjadi seorang freelancer merupakan salah satu cara mencari penghasilan tambahan. Dengan menjadi freelancer, kamu tidak akan terikat kontrak kerja dan bisa mengerjakan pekerjaan kapan pun, karena tidak terikat waktu. Biasanya, karyawan mencari pekerjaan freelance ini sesuai dengan keahliannya, misalnya menjadi seorang desain grafis, membuat tulisan untuk website (content writing), pengajar freelance, penulis lagu freelance, dan sebagainya.

Untuk mencari pekerjaan freelance, kini kamu bisa memanfaatkan beberapa situs penyedia job freelance seperti freelancer, sribulancer.com, projects.co.id, fiverr.com, dan sebagainya. Melalui situs-situs tersebut, kamu bisa menemukan berbagai job freelance dari berbagai bidang dan sesuai dengan keahlianmu. 

Investasi

Investasi juga menjadi salah satu cara mencari uang tambahan bagi karyawan. Di mana, dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan pasif income setiap bulannya jika investasi kamu mendapatkan profit. Nah, untuk mendapatkan keuntungan investasi ini, kamu perlu mempelajari tentang dunia investasi. 

Kamu hanya perlu menentukan tujuan investasi kamu, kemudian kamu tentukan instrumen investasi apa yang akan kamu pilih nantinya. Jika kamu adalah pemula, kamu bisa memilih instrumen investasi dengan risiko rendah seperti deposito atau reksa dana. 

Dropshipper atau Reseller

Saat ini mencari uang tambahan tidak sesulit zaman dulu. Kamu hanya perlu menentukan barang yang ingin kamu jual dan mendaftar menjadi seorang dropshipper atau reseller. Jika kamu memiliki modal, kamu bisa mencoba menjadi reseller. Biasanya, reseller bisa memiliki keuntungan yang lebih besar dibanding kamu menjadi dropshipper.

Bedanya, ketika kamu menjadi reseller, maka kamu harus memiliki stok barang di rumah, sehingga kamu perlu modal terlebih dulu. Sedangkan, jika kamu memilih menjadi dropshipper, kamu tidak perlu modal dan hanya perlu memasarkan produk tersebut. Jika ada pembeli, maka kamu hanya perlu menginformasikan ke pihak pemilik produk, dan merekalah yang akan memproses pesanan tersebut atas nama toko atau bisnismu.

Broker Properti atau Kendaraan Bermotor

Bagi kamu yang ingin mencari cara untuk menghasilkan uang tambahan, kamu bisa coba menjadi seorang broker properti. Tugasnya hanyalah menghubungkan penjual dan pembeli. Setiap kali ada transaksi yang berhasil, kamu akan mendapatkan komisi yang jumlahnya telah disepakati bersama. Meski penghasilannya tidak pasti dan tidak menentu, seorang broker properti bisa menghasilkan uang yang besar ketika berhasil menjual produk tersebut. Biasanya, sekitar 1% hingga 2% dari harga rumah atau sesuai kesepakatan bersama.

Mengikuti Program Affiliate Marketing

Kamu juga bisa mengikuti program affiliate marketing untuk mendapatkan uang tambahan lewat Internet. Ini merupakan metode menghasilkan uang melalui kode referral dengan cara promosi produk di berbagai platform online. Biasanya, platform yang digunakan adalah website, landing page, blog, dan postingan status di sosial media.

Kamu bisa membagikan kode referral ke berbagai platform yang kamu miliki. Di mana, semakin banyak orang yang menggunakan kode referal-mu, semakin besar juga komisi yang bisa kamu terima.

Itulah beberapa cara mencari uang tambahan bagi karyawan yang bisa kamu pilih dan disesuaikan dengan keahlianmu. Dengan beberapa cara di atas, kamu bisa dengan mudah mendapat uang tambahan yang bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan darurat dan membantu kamu menabung dana darurat. Dengan adanya dana darurat inilah kamu bisa lebih aman secara finansial di masa depan.

Nah, bagi kamu yang butuh dana darurat atau butuh dana untuk modal usaha, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji kamu di muka sebelum tanggal gajian. Di mana, jumlah yang bisa dicairkan sesuai dengan hari kerja yang sudah kamu selesaikan. Jadi, kamu tidak perlu lagi mencari pinjaman untuk memenuhi kebutuhan darurat ataupun untuk modal usaha. Yuk manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!