Cara Mempersiapkan Biaya Persalinan dengan Mudah & Tepat

Ketika kamu dan pasangan sudah sepakat untuk memiliki anak, maka ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipikirkan baik-baik. Selain persiapan mental untuk membesarkan dan mendidik anak, kamu juga perlu mempersiapkan keuangan agar seluruh kebutuhan ibu dan anak terpenuhi, mulai dari masa kehamilan, persalinan, pasca-persalinan, hingga kebutuhan untuk tumbuh kembang anak. Banyaknya kebutuhan inilah yang perlu kamu persiapkan dengan matang.

Untuk tahap awal, tentunya kamu perlu mempersiapkan biaya kehamilan hingga biaya pasca-persalinan. Dengan mempersiapkannya, maka pastinya akan meringankan beban kamu dan pasangan. Apalagi, ketika kehamilan tiba, ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan mulai dari biaya cek kehamilan, kebutuhan vitamin untuk Ibu, susu kehamilan, biaya USG, biaya proses persalinan, hingga perawatan pasca-persalinan. Jika dijabarkan, tentu kamu bisa melihat ada banyak biaya yang perlu kamu siapkan. Lalu apa saja yang perlu disiapkan dan bagaimana cara mempersiapkan biaya persalinan?

Cek polis asuransi yang kamu miliki

Ketika kamu dan pasangan sudah sepakat untuk memiliki anak, maka hal yang perlu kamu perhatikan pertama kali adalah mengecek polis asuransi untuk memastikan apakah kamu sudah memiliki manfaat untuk perlindungan kehamilan dan persalinan.

Dengan memastikan manfaat ini ada dalam polis asuransimu, maka kamu bisa meringankan biaya pemeriksaan dokter kandungan, obat, atau masalah kesehatan tertentu pada ibu hamil untuk kasus tidak terduga, sekaligus ketika ibu harus melalui proses melahirkan cesar.

Cek fasilitas kehamilan dan persalinan dari tempat kerja

Selain asuransi pribadi, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas kehamilan dan persalinan dari tempat kamu atau pasanganmu bekerja. Cobalah bertanya ke HRD untuk mengetahui detail penggunaan manfaat seperti nominal biaya yang ditanggung perusahaan, rumah sakit atau klinik rujukan, hingga urusan administrasi yang harus dilakukan sebelum dan sesudah proses melahirkan. Karena pada umumnya, proses pembayaran asuransi dari perusahaan dilakukan dalam bentuk reimburs. Jadi, pastikan kamu mengumpulkan seluruh bukti pembayaran untuk mengurus proses ini nantinya.

Manfaatkan BPJS Kesehatan

Selain asuransi pribadi maupun fasilitas kesehatan dari kantor, kamu juga bisa mendapatkan manfaat persalinan lewat BPJS Kesehatan. Di mana, BPJS Kesehatan menanggung pelayanan pemeriksaan kehamilan atau prenatal care, persalinan pervaginam dan cesar, pemeriksaan bayi baru lahir, hingga pemeriksaan pasca-persalinan atau postnatal care.

Pilihan klinik atau layanan dari fasilitas BPJS Kesehatan memang terbatas, meski begitu pemerintah akan menanggung biaya persalinan dan pemeriksaan bayi sebelum dan setelah melahirkan. Untuk ini, pastikan kamu memiliki kartu BPJS yang aktif dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan.

Pilih tenaga medis yang akan membantu persalinan

Ketika ingin melakukan proses persalinan, ada beberapa faktor pembeda seperti kompetensi tenaga medis hingga fasilitas yang digunakan. Kedua faktor ini membuat biaya jasa konsultasi maupun persalinan di dokter kandungan umumnya lebih mahal daripada bidan. 

Walaupun begitu, kamu juga bisa menyesuaikan hal ini, misalnya melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan dan jika dirasa semua kondisi aman dan tidak memiliki komplikasi bisa memilih untuk melahirkan dibantu bidan. Pastikan bidan yang dipilih memiliki Surat Izin Kerja Bidan (SKIB) atau Surat Izin Praktek Bidan (SIPB) serta kredibilitas yang baik.

Namun, ketika calon ibu masuk dalam kategori kehamilan berisiko seperti berusia di atas 35 tahun, memiliki keturunan darah tinggi atau risiko lainnya, pastikan kamu melakukan konsultasi dan persalinan dibantu dokter kandungan. Apapun pilihan kamu dan pasangan, pastikan selalu mengutamakan kenyamanan dan keamanan.


Rumah sakit, puskesmas, atau klinik persalinan

Selain tenaga medis, tempat persalinan juga bisa menjadi pilihan. Di mana, pilihan tempat persalinan biasanya tergantung asuransi atau BPJS Kesehatan. Di mana, masing-masing asuransi memiliki daftar tempat pelayanan rujukan sendiri. Setelah menentukan tempat dari daftar tersebut, misalnya berdasarkan lokasi atau dokter yang cocok dengan calon ibu, pelajari juga biaya persalinan yang ditawarkan, lengkap dengan layanan yang akan diterima. Cari tahu juga biaya-biaya apa saja di luar fasilitas yang ditanggung asuransi atau BPJS dan perlu kamu bayar sendiri.

Makanan sehat dan asupan suplemen ibu hamil

Ketika hamil, calon ibu membutuhkan asupan makanan yang bernutrisi tinggi. Di mana, makanan sehat ini identik dengan makanan yang membutuhkan biaya yang tidak murah. Namun, bagi kamu yang bisa memasak, kamu bisa coba membeli sayur dan makanan bernutrisi tinggi di pasar atau penjual sayur keliling dengan harga terjangkau. Asalkan, bahan makanan tersebut mengandung gizi seimbang, vitamin dan mineral yang cukup, baik ibu hamil maupun bayi di kandungan.

Selain makanan bergizi, ibu hamil juga membutuhkan suplemen tambahan yang perlu dikonsumsi sesuai anjuran dokter. Kamu bisa mengutamakan suplemen yang mengandung asam folat, kalsium, omega 3, vitamin dan mineral lainnya yang bisa meningkatkan imunitas ibu hamil dan membantu perkembangan bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, pastikan juga kamu mempersiapkan biaya untuk kebutuhan satu ini ya!

Proses persalinan

Ketika hamil 9 bulan, ada banyak kebutuhan untuk mempersiapkan proses persalinan yang nyaman, mulai dari senam hamil, latihan pernapasan, olahraga prenatal dan lainnya. Hal ini dibutuhkan untuk mempersiapkan persalinan pervaginam. Kegiatan ini tentu membutuhkan biaya yang cukup besar jika calon ibu melakukannya secara rutin.

Selain itu, tidak ada juga orang yang tau apa apa yang akan terjadi saat proses persalinan. Nah, jika calon ibu tidak bisa bisa melakukan proses persalinan secara pervaginam, maka mau tidak mau harus ditindak dengan operasi cesar. Di mana, biaya yang dibutuhkan tentu lebih besar jika dibandingkan persalinan melalui pravaginam.

ASI dan susu formula

Ketika bayi lahir, maka bayi membutuhkan ASI untuk memenuhi kebutuhan bayi. Selain kandungan nutrisi yang lengkap dan dibutuhkan bayi, pemberian ASI juga membuat ibu lebih cepat kembali ke berat tubuh ideal.

Namun, tidak semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Ada beberapa Ibu yang tidak memungkinkan untuk memberikan ASI karena beberapa faktor, mulai dari kondisi fisik atau psikologis ibu itu sendiri. Sambil mengupayakan ASI, apabila susu formula harus diberikan kepada bayi sebagai pengganti ASI sementara, maka kamu dan pasangan juga harus siap dengan biaya untuk ini.

Kebutuhan adik bayi

Jelang kelahiran, biasanya calon orang tua akan mempersiapkan beberapa kebutuhan utama si kecil. Biasanya, kebutuhan ini mengikuti rentang usia 0-3 bulan, 4-7 bulan, dan 8-12 bulan yang bisa kamu beli secara bertahap. Misalnya, untuk pembelian baju, kamu bisa membeli baju secukupnya di setiap rentang usia tersebut, karena perkembangan tubuh si kecil begitu cepat dan setelahnya baju-baju tersebut tidak bisa digunakan kembali.

Untuk menghemat, kamu bisa coba hubungi saudara atau kenalan yang juga memiliki anak dan masih menyimpan barang-barang keperluan bayi, kamu bisa meminjam beberapa barang tersebut selama beberapa waktu. Selain itu, saat ini juga banyak perusahaan  yang menawarkan penyewaan stroller, baby carrier, pagar pembatas untuk arena bermain, hingga mainan yang bisa membantu tumbuh kembang anak. Dengan menyewa, kamu bisa menghemat pengeluaran yang lebih besar jika dibanding membeli barang tersebut dengan pemakaian yang hanya bersifat sementara.

Itulah beberapa biaya persalinan yang perlu kamu persiapkan dari masa kehamilan hingga pasca-persalinan. Jika dilihat secara keseluruhan memang akan terasa berat untuk mengumpulkan seluruh biaya tersebut. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan asuransi atau mulai menabung sejak dini.

Namun, jika ternyata saat ini kamu sudah dalam tahap proses persalinan dan belum memiliki tabungan atau asuransi tidak menanggung proses persalinan, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mencairkan gaji di awal tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Sehingga, kamu bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan biaya persalinan tanpa harus meminjam uang ataupun menggunakan tabungan lain yang akan merusak cash flow keluargamu. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan KINI.id untuk memenuhi kebutuhan dana daruratmu mulai sekarang!