9 Ciri Karyawan Berkualitas yang Mendorong Kesuksesan Perusahaan

Semua perusahaan pasti berharap memiliki karyawan yang berkualitas dan memiliki keahlian sesuai dengan apa yang telah diekspektasikan. Dengan  memiliki keahlian yang baik dan berkualitas, maka karyawan bisa diandalkan dan bisa menjadi orang kepercayaan perusahaan. Nah, bagi kamu yang sedang mencari karyawan baru dan ingin mendapatkan karyawan berkualitas yang bisa diandalkan, di bawah ini adalah ciri karyawan berkualitas yang perlu kamu ketahui ketika sedang melakukan interview.

Senang Belajar Hal Baru

Ciri karyawan berkualitas pertama adalah mereka yang ingin terus berkembang. Biasanya, mereka yang sungguh-sungguh ingin berkembang adalah mereka yang selalu senang belajar hal baru. Apalagi, proses belajar tidak hanya berlaku dalam dunia sekolah ataupun kuliah saja, melainkan bisa belajar dengan terjun langsung di dunia kerja.

Cobalah tanyakan kepada calon karyawan atau karyawan yang kamu miliki, apakah mereka menyukai hal baru dan siap menerima tantangan yang mungkin belum pernah mereka lakukan sebelumnya? Jika iya, maka karyawan tersebut memiliki salah satu ciri karyawan berkualitas yang bisa membantu perusahaan dan dirinya untuk berkembang bersama.

Disiplin

Disiplin menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu bisnis. Di mana, perusahaan dengan karyawan yang memiliki manajemen waktu yang baik dan sikap disiplin akan membuat performa kerja mereka semakin berkualitas, yang nantinya akan memengaruhi kinerja dari perusahaan itu sendiri.

Karyawan yang disiplin akan menunjukkan sikap profesionalitas yang juga akan menunjukkan bahwa mereka bisa dipercaya dan mampu bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Sehingga, perusahaan akan lebih tenang ketika ingin memberikan tugas kepada karyawan tersebut, karena mereka akan menyelesaikannya secara tepat waktu dan sesuai deadline yang telah ditentukan.

Produktif

Karyawan berkualitas biasanya bisa menempatkan waktu dengan baik, terutama ketika sedang bekerja atau menjalankan tugasnya. Mereka tahu kapan waktunya istirahat, dan kapan saatnya untuk mulai bekerja. Mereka bisa produktif bekerja dan fokus pada pekerjaannya dengan tidak menunda-nunda waktu pekerjaannya. Bisa dibilang, karyawan ini tentu memiliki manajemen kerja yang juga baik dan bisa bertanggung jawab ketika diberi pekerjaan, sehingga pekerjaannya pun bisa selesai tepat waktu. 

Menjaga Hubungan Sosial

Ciri karyawan berkualitas selanjutnya adalah mereka yang mampu menjaga hubungan sosialnya dengan baik dan memiliki kerjasama yang baik dengan rekan kerja. Mereka juga memiliki sikap terbuka dengan rekan kerjanya yang nantinya bisa menimbulkan hubungan sosial yang tinggi. Selain itu, pihak perusahaan juga tidak perlu menutupi kekurangannya, karena mereka bisa menerima pendapat serta kritik yang membangun, serta akan mengubah kekurangannya menjadi kelebihan.

Sopan & Beretika

Setiap perusahaan pasti memiliki aturan, baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Di mana, peraturan ini dibuat untuk mengatur karyawan dan harus ditaati, bukan dilanggar. Peraturan tertulis biasanya berupa aturan jam kerja, aturan berpakaian, penggunaan peralatan kantor, dan sebagainya. Sedangkan, aturan tidak tertulis biasanya berkaitan dengan nilai kesopanan yang karyawan miliki.

Karyawan berkualitas akan menjaga nilai kesopanan di dalam dunia kerja. Mereka juga memiliki sikap yang ramah dan santun ke setiap karyawan dan seluruh SDM yang berhubungan dengan mereka, baik atasan, klien, manajemen perusahaan, bawahan, partner, dan sebagainya. 

Berwawasan Luas

Karyawan berkualitas pasti ingin terus belajar, sehingga mereka memiliki wawasan luas yang tentunya akan berdampak baik bagi mereka secara pribadi, lingkungan kerja, maupun perusahaan. Tidak hanya fokus pada apa yang dikerjakannya, namun karyawan tersebut juga akan terus berusaha belajar dan peka terhadap segala informasi yang datang padanya.

Karyawan berkualitas yang memiliki wawasan luas juga dibutuhkan dalam bekerja karena bisa menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat memajukan perusahaannya jadi semakin baik. Hal inilah yang juga akan membantu perusahaan bersaing dengan kompetitor yang ada.

Berorientasi pada Tugasnya

Karyawan berkualitas juga akan menyelesaikan tugasnya secara maksimal agar mendapat hasil sesuai ekspektasi yang diharapkan. Mereka biasanya akan bekerja dengan berorientasi pada target yang telah direncanakan, baik target pribadi maupun perusahaan. Pada perusahaan, target yang dimiliki adalah target untuk jangka panjang dan pendek.

Optimis

Karyawan berkualitas juga biasanya memiliki sikap optimis yang mampu menyebarkan virus positif ke seluruh rekan kerja. Orang yang optimis akan lebih banyak menciptakan suasana kerja dengan produktif. Tanpa memiliki sikap optimis, karyawan tidak akan mampu menjalani tanggung jawab yang telah diberikan atasan dan akan lebih sering berpikiran negatif. Sedangkan, karyawan dengan sikap optimis biasanya tidak akan pernah menyerah dan selalu berpikir positif meski mereka mendapatkan kritik. 

Fokus pada detail

Setiap karyawan pasti akan diberikan pekerjaannya masing-masing dan adakalanya mereka dikejar banyak tugas dengan deadline yang mepet. Karena deadline inilah terkadang karyawan sering mengabaikan hal-hal kecil didalamnya. Padahal, meski kecil, terkadang tugas ini penting untuk diperhatikan.

Nah, ciri karyawan berkualitas ketika menghadapi masalah ini, mereka akan mencoba mencari tahu penyebabnya dan mengatasinya. Misalnya, yang membuat mereka tidak fokus adalah masalah keluarga, maka mereka akan berusaha untuk profesional dan fokus pada detail. 

Nah, jika ternyata karyawan kamu ini sedang ada masalah, kamu sebagai pihak perusahaan bisa mencoba menanyakan masalahnya. Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan rasa kepedulian kamu terhadap karyawan. Misalnya, ketika karyawan ternyata sedang ada masalah keuangan, maka perusahaan bisa memberikan solusi dengan menyediakan kasbon.

Namun, terkadang menyediakan kasbon agak sedikit membebankan anggaran keuangan perusahaan dan sedikit merepotkan perusahaan, terutama dalam hal pencatatan keuangan atau pembukuannya. Oleh karena itu, KINI.id hadir untuk membantu perusahaan yang ingin membantu karyawannya keluar dari masalah keuangan.

Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa membantu karyawan menerima gaji di awal tanpa harus menunggu tanggal gajian, tanpa harus membebankan bunga kepada karyawan dan juga tanpa membebankan anggaran keuangan perusahaan. Jadi, tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id mulai sekarang!