Tidak terasa sebentar lagi Ramadan tiba. Bulan Ramadan ini menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu karyawan. Pasalnya, di bulan ini karyawan akan mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya, khususnya karyawan muslim. Nah, selain THR, terkadang ada juga perusahaan yang memberikan hampers karyawan sebagai tanda perhatian sekaligus nantinya bisa bantu meningkatkan loyalitas karyawan.

Umumnya, perusahaan memberikan hampers untuk karyawan yang berfaedah dan memiliki manfaat bagi karyawan dan juga keluarganya. Lalu, hampers apa yang sebaiknya diberikan perusahaan? Nah, di bawah ini adalah beberapa ide hampers untuk karyawan yang bisa diterapkan pengusaha atau pemilik perusahaan.

Perlengkapan Ibadah

Bulan Ramadan dan Idulfitri biasanya karyawan akan lebih fokus menjalankan ibadahnya. Di mana, pada bulan ini banyak orang yang akan berlomba-lomba melakukan ibadah. Tidak hanya berpuasa, namun juga tadarus dengan membaca Al-Quran, Sholat, hingga berbuat baik kepada sesama.

Nah, untuk mendukung ibadah karyawan, perusahaan bisa coba memberikan hampers perlengkapan ibadah. Misalnya memberikan perlengkapan sholat seperti mukena, peci, sarung, dan sebagainya. Atau bisa juga memberikan Al-Quran, tasbih, sajadah, atau perlengkapan ibadah lainnya.

Makanan Khas Idulfitri

Biasanya, perusahaan juga sering memberikan makanan khas Idulfitri seperti kue kering, snack Ramadan, dan sebagainya. Meski karyawan sudah menyiapkan, perusahaan juga bisa tetap memberikannya. Apalagi biasanya kue kering atau snack ini bisa jadi makanan untuk menjamu tamu atau teman ngemil karyawan setelah sebulan berpuasa. Namun pastikan parcel kue kering atau snack yang kamu beli memiliki rasa enak ya! Jangan sampai kamu membeli kue atau snack yang murah tanpa memikirkan rasa dan kualitas.

Perlengkapan Masak

Saat ini banyak juga perusahaan yang memberikan hampers untuk karyawan dalam bentuk perlengkapan dapur. Apalagi jika perlengkapan dapur yang dipilih memiliki motif yang sedang tren dan eksklusif. Misalnya saja frying pan, talenan, toples, pisau set, dan sebagainya. Selain menarik, perlengkapan dapur juga sangat bermanfaat bagi karyawan di rumah.

Hiasan Rumah

Nah, biasanya di bulan Idulfitri banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk mengubah tampilan rumah demi mempersiapkan jamuan untuk keluarga atau teman yang akan datang ke rumah. Untuk mendukungnya, perusahaan bisa memberikan hiasan rumah yang bisa dipamerkan di ruang tamu. Misalnya saja hiasan gantung, bingkai foto, jam dinding, figura, dan sebagainya.

Sembako

Di bulan Ramadan biasanya karyawan akan mengeluarkan uang lebih banyak dibanding bulan biasanya. Hal ini karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Belum lagi harga kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari terus meningkat di bulan ini. Nah, untuk menunjukkan kepedulian perusahaan ke karyawan, perusahaan bisa memberikan hampers dalam bentuk sembako. Misalnya saja minyak, beras, sirup, gula, kopi, dan sebagainya.

Perlengkapan untuk Penuhi Protokol Kesehatan

Di masa pandemi ini perusahaan juga bisa memberikan hampers untuk karyawan dalam bentuk pemenuhan perlengkapan untuk menjaga kesehatan karyawan. Misalnya dengan memberikan masker, hand sanitizer, disinfektan, dan sebagainya. Jika ingin yang lebih bermanfaat lagi, perusahaan juga bisa memberikan air purifier.

Itulah beberapa ide hampers untuk karyawan yang bisa kamu berikan di bulan Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Dengan memberikan hampers berarti perusahaan sudah memberikan benefit tambahan bagi karyawan. Dan seperti yang sudah sama-sama kita pahami, dengan pemberian benefit inilah perusahaan bisa membuat karyawan lebih loyal, dan mereka pun bisa lebih produktif dalam bekerja.

Selain hampers karyawan, perusahaan juga bisa memberikan benefit lainnya seperti akses pembayaran gaji di muka. Dengan akses pembayaran gaji di muka, karyawan bisa memenuhi kebutuhan mendadak mereka tanpa perlu berutang, baik pada perusahaan maupun pada lembaga keuangan. Sehingga mereka pun bisa lebih fokus bekerja tanpa memikirkan masalah kebutuhan darurat.

Nah untuk memberikan akses pembayaran gaji di muka, perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa memberikan akses pembayaran gaji di muka tanpa perlu mengubah anggaran perusahaan maupun laporan keuangan. Karena seluruh dana yang diambil karyawan sebelum gajian akan menggunakan dana dari KINI.id. Sehingga pada tanggal gajian, perusahaan bisa membayarkan uang yang sudah digunakan karyawan dengan cara memotong gaji karyawan sesuai gaji yang sudah mereka ambil di awal.