9 Profesi yang Harus Kerja di Hari Raya Demi Berikan Layanan ke Pelanggan

Tidak semua orang bisa merasakan libur lebaran dan menikmati indahnya momen ini bersama keluarga tersayang. Ada beberapa profesi yang harus kerja di hari raya untuk tetap bisa memberikan pelayanan maupun informasi bagi kita semua. Lalu profesi apa saja yang harus tetap sedia dan siap bekerja meski libur lebaran, berikut daftarnya.

Jurnalis

Seorang jurnalis jarang bisa menikmati hari libur nasional seperti karyawan lainnya. Seringkali, jurnalis tetap bertugas saat tanggal merah dan cuti bersama mengingat mereka memiliki tugas penting yaitu memberikan update informasi tentang situasi terkini di dalam maupun luar negeri, khususnya ketika momen lebaran tiba.

Karyawan Restoran/Hotel/Mal

Menjadi karyawan di restoran, hotel atau mal juga tidak mengenal libur. Mereka tetap harus bekerja untuk menjaga toko atau melayani pengunjung yang ingin berbelanja di momen lebaran. Karena bekerja sebagai orang yang memberikan jasa pelayanan pada  pengunjung, maka mereka tetap harus bekerja jika toko atau mal tempat bekerja tetap buka meski di momen lebaran.

Pilot dan Pramugari

Pilot dan pramugari yang mendapat tugas dalam penerbangan jauh juga menjadi profesi terpilih yang sering tidak bisa merayakan momen lebaran bersama keluarga. Apalagi jika mereka mendapatkan jadwal penerbangan di hari tersebut.

Masinis

Sama halnya dengan pilot dan pramugari, masinis pun tidak bisa menikmati musim libur lebaran. Apalagi di momen mudik ini, jadwal kereta api justru menjadi semakin padat sehingga masinis juga harus kerja ekstra keras selama masa-masa mudik ini. Tak jarang mereka tidak mendapatkan jatah libur pada saat hari H Lebaran karena masih harus mengoperasikan kereta api dari satu daerah ke daerah lainnya.

Paramedis

Menjadi tenaga kesehatan memang dapat dikatakan minim waktu libur. Pasalnya, petugas medis seperti dokter, perawat, dan bidan merupakan orang-orang yang wajib siap sedia kapanpun dibutuhkan, meski sedang merayakan momen lebaran.

Petugas Keamanan

Petugas keamanan, seperti TNI, Polisi, hingga Satpam juga jarang memiliki waktu libur, terutama di waktu ramai seperti momen lebaran. Tugas mereka justru menjadi semakin berat ketika momen lebaran tiba. Mereka perlu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di jalan ketika arus mudik hingga arus balik.

Petugas Perlintasan KA

Menjaga perlintasan kereta api bukanlah pekerjaan sepele, serta sangat berat dan beresiko. Salah sedikit, kecelakaan fatal bisa terjadi. Oleh karena itu, mereka pun tidak kenal waktu libur. Petugas perlintasan kereta api yang mendapatkan shift jaga hari lebaran jarang mendapatkan kesempatan untuk pulang dan berkumpul bersama keluarga.

Pelaut

Menjadi pelaut menjadi suatu hal menantang dan membuat berkumpul bersama keluarga menjadi hal yang jarang terjadi. Tidak heran jika banyak pelaut yang harus merayakan Idulfitri jauh dari keluarga di atas kapal di tengah lautan.

Petugas SPBU

Saat musim mudik, jumlah kendaraan akan semakin bertambah. Pasalnya banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Belum lagi di momen lebaran itu sendiri, akan ada banyak keluarga yang pergi bersilaturahmi menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, persediaan BBM harus ada setiap saat dan petugas SPBU dituntut bekerja demi memberi pelayanan BBM kepada para pelanggan saat arus mudik maupun hari lebaran.

Itulah beberapa profesi yang harus kerja di hari raya demi memberikan pelayanan terbaiknya. Nah, jika perusahaan memiliki karyawan dengan profesi tersebut tidak ada salahnya untuk mendukung mereka dengan memberikan benefit Earned Wage Access.

Perusahaan bisa memberikan benefit Earned Wage Access dengan memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, karyawan bisa mengakses gajinya lebih fleksibel dan instan sesuai dengan dana yang mereka butuhkan. Jadi tunggu aplagi? Daftarkan seluruh karyawan kamu sekarang ke dalam aplikasi KINI.id.