Ketika lelah bekerja dan pikiran sudah burnout, maka healing menjadi salah satu solusi untuk menyegarkan pikiran agar bisa kembali bekerja dengan lebih fokus dan produktif. Namun, melakukan healing bukan hal yang mudah, selain harus mempersiapkan waktu yang tepat kamu juga harus menyiapkan dana liburan dengan tepat agar liburanmu tetap sesuai ekspektasi yang kamu inginkan. Nah, untuk menghindari gagal healing, di bawah ini adalah beberapa tips mengumpulkan dana healing yang tepat dan bisa kamu ikuti.

Siapkan budget yang realistis

Sebelum memutuskan untuk healing, cobalah hitung kembali dan tentukan budget yang realistis agar tidak mengalami kegagalan. Sesuaikan dana yang dibutuhkan dengan jenis liburan yang kamu inginkan, apakah staycation atau traveling. Karena dengan anggaran yang sesuai, kamu akan lebih mudah mengatur apapun sehingga liburan yang diinginkan bisa terjadi dengan mudah.

Merencanakan cuti dengan tepat

Terkadang anggaran yang sudah disiapkan mendadak kurang ketika kamu salah merencanakan cuti. Misalnya kamu mengambil cuti pada bulan sepi atau low season sehingga segala aspek hospitality dan transportasi lebih murah. Cobalah buat rencana dengan baik termasuk melakukan breakdown anggaran untuk mendapatkan estimasi yang lebih tepat.

Memisah tabungan

Saat ini sudah banyak lembaga yang memberikan fitur untuk memisah budget, salah satunya memisah budget untuk liburan. Dengan memisahkan anggaran atau budget liburan, maka kamu tidak akan mengganggu budget untuk kebutuhan lainnya. Misalnya, setiap bulan ada auto debet ke dompet liburan. Dengan cara ini anggaran yang ditabung akan tetap sama dan tidak digunakan.

Hindari perilaku konsumtif

Untuk kamu yang ingin healing demi me-refresh pikiran, cobalah untuk tidak terlalu konsumtif jika ingin memiliki liburan yang sesuai ekspektasi. Hal-hal yang termasuk dalam perilaku konsumtif adalah sering jajan dan makan terlalu banyak di luar rumah. Selain itu bisa dalam bentuk kebiasaan sering nongkrong, nonton bioskop, atau lainnya.

Cobalah tahan untuk tidak melakukan hal tersebut secara berlebihan. Dengan begitu, kamu akan memiliki tabungan dengan dana yang lebih banyak. Terakhir, coba cek biaya berlangganan aplikasi premium atau layanan lain yang sering tidak digunakan dem menghemat keuangan.

Mengurangi pengeluaran harian

Untuk menabung untuk biaya healing, cobalah kurangi pengeluaran harian yang dilakukan setiap hari dan sering tidak disadari sebelumnya.

Misal kebiasaan jajan di minimarket meski hanya beberapa puluh ribu rupiah saja. Jika kebiasaan ini terus dijalankan, ada kemungkinan dana liburan akan semakin berkurang.  Apalagi kamu jarang bawa makan siang dari rumah dan selalu beli setiap hari.

Itulah cara menyiapkan dana healing yang bisa kamu lakukan untuk menghindari gagal healing karena budget kurang. Nah, jika kamu sudah sangat burnout dan tidak lagi bisa fokus bekerja karena butuh liburan, hindari untuk berutang demi memenuhi healingmu ya.

Tapi kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk mengambil gajimu di tengah bulan atau kapanpun sesuai dengan dana yang kamu butuhkan. Dengan KINI.id, kami bisa tetap memiliki dana healing tanpa harus berutang, namun tetap gajimu akan dipotong sesuai dana yang kamu ambil ya!