Ketika kamu memiliki mobil, kamu bukan hanya perlu mengetahui cara mengendarainya. Namun, kamu juga harus tau bagaimana cara merawat mobil tersebut. Perawatan ini bisa meliputi perawatan mesin mobil dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan service mobil berkala demi menjaga mobil kesayanganmu tersebut. Lalu, berapa biaya service mobil berkala yang perlu kamu persiapkan ini? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Kenapa Perlu Service Berkala?

Mobil sebagai benda berjalan yang digunakan sehari-hari pasti perlu dilakukan perawatan rutin mobil. Jika hal ini sampai terlewat, maka akan mengganggu kenyamanan kamu saat berkendara, belum lagi jika ada beberapa komponen mesin mobil rusak.

Oleh karena itu, service berkala perlu dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Biasanya, service berkala ini dilakukan dalam suatu kurun waktu yang relatif cukup lama atau setelah melewati beberapa kali melakukan service rutin mobil.

Perbedaan Service dengan Tune Up

Perawatan berkala pada mobil juga sering disebut tune up mobil. Namun perlu diingat, tune up mobil berbeda dengan service mobil. Tune up mobil mesin memiliki variasi pekerjaan lebih banyak daripada service biasa sehingga waktu dan biaya yang dikenakan juga bisa lebih tinggi.

Di mana, tune up mobil dilakukan untuk memaksimalkan performa mesin mobil agar mobil tidak mengalami kerusakan, seperti penurunan performa. Sedangkan, service biasa hanya sebatas mengecek bagian seperti filter udara, pengecekan fluida, pengecekan sistem injeksi, dan pengecekan rem tanpa mengecek bagian di dalam mesin (tanpa pembongkaran berlebih). Namun pada pekerjaan tune up, bagian dalam mesin seperti sistem katup juga akan dicek.

Komponen Mobil yang Harus Mendapatkan Service Berkala

Ada beberapa komponen mobil yang harus kamu perhatikan dan tidak boleh terlewatkan untuk mendapatkan service berkala seperti:

  1. Oli Mesin dan Filter Oli.
  2. Busi.
  3. Filter Udara.
  4. Filter AC.
  5. Kanvas Rem.
  6. Kanvas Kopling.
  7. Lampu.
  8. Ban Mobil.

Jenis Service Mobil Berkala

Di bawah ini adalah beberapa jenis service mobil berkala yang perlu kamu ketahui, beserta waktu idealnya kamu melakukan service berkala..

1. Servis Berkala Mobil 1000 Km

Jika mobilmu sudah mencapai 1000 KM, cobalah lakukan pengecekan terhadap chassis, bodi, oli mesin, sistem pendingin mesin, rem, transmisi, dan power steering.

2. Servis Berkala 30.000, 50.000, dan 70.000 Km

Cek rutin kendaraanmu mulai dari oli mesin, mesin, dan ban mobil.

3. Servis Berkala 20.000, 60.000, 100.000 Km

Lakukan pengecekan terhadap sistem bahan bakar, sistem kemudi, dan suspensi pada mobil kamu.

4. Servis Berkala 40.000, 80.000, 120.000 Km

Cek busi, oli mesin, kompresor, minyak rem, filter udara, canister sistem. Jika kondisinya sudah aus/rusak, segera ganti komponen tersebut demi kenyamanan perjalananmu.

Estimasi Biaya Service Mobil Berkala

Biaya service mobil bersifat fluktuatif dan bisa berubah tergantung kondisi ekonomi, kebijakan pemerintah, atau kondisi lain seperti nilai tukar mata uang, faktor harga bahan bakar, hari raya, musim liburan sekolah, kenaikan upah dan lain-lain.

Selain itu, setiap bengkel juga memiliki kebijakan masing-masing terkait harga service. Harga ini juga bisa berbeda-beda tergantung jenis mobilnya, semakin mahal harga mobil, maka harga servicenya pun lebih mahal. Di bawah ini adalah estimasi biaya yang perlu kamu keluarkan ketika ingin melakukan service mobil berkala.

  1. Service Mobil 10.000 KM estimasi biayanya Rp400.000 hingga Rp600.000.
  2. Service Mobil 40.000 KM estimasi biaya servisnya Rp1 juta sampai Rp1,2 juta.
  3. Service Mobil 80.000 KM estimasi biaya servisnya Rp2,6 juta sampai Rp3 juta.

Itulah estimasi biaya service mobil secara berkala yang perlu kamu persiapkan. Namun, harga tersebut bisa jadi lebih mahal, apalagi jika ada komponen yang diganti karena terjadi kecelakaan atau sudah rusak/aus. Oleh karena itu, penting untuk kamu merawat mobil dengan baik dan melakukan perawatan dengan service berkala.

Namun, jika kamu tidak memiliki dana yang cukup untuk melakukan sevice berkala, kamu bisa memanfaatkan KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji sebelum tanggal gajian. Sehingga, kamu tidak perlu mengambil tabungan atau meminjam uang hanya untuk melakukan service mobil. Melalui aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan. Yuk manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!