5 Pertimbangan Sebelum Pindah Kerja yang Perlu Dipikirkan dengan Matang

Ada banyak alasan yang sering digunakan untuk karyawan pindah kerja dari satu kantor ke kantor lain, satu profesi ke profesi lain, satu lapak ke lapak lain, dan sebagainya. Misalnya saja mencari pekerjaan yang lebih baik hingga terkena imbas PHK. Semua cerita tersebut seolah menjadi saksi perjalanan hidup seseorang mencari uang. Nah, apakah kamu punya rencana untuk pindah kerja? Agar kamu tidak mengambil keputusan yang salah, di bawah ini adalah beberapa pertimbangan sebelum pindah kerja yang perlu kamu pikirkan dengan matang

Pertimbangkan Keuangan

Masalah keuangan sering jadi alasan ketika seseorang ingin pindah kerja. Jadi, keuangan jugalah yang perlu kamu pertimbangkan pertama kali. Biasanya, orang yang sudah bekerja puluhan tahun di perusahaan, tentu sudah mendapatkan pendapatan yang besar. Kemudian, ketika kamu memutuskan untuk pindah tempat kerja, apakah kamu harus mulai dari awal? Jika iya urungkan niat tersebut. 

Namun jika ternyata tidak, kamu bisa coba pikirkan apakah dengan uang yang ditawarkan perusahaan baru bisa mencukupi kebutuhan yang biasanya dikelola sesuai pendapatan lama? Misalnya, ternyata perusahaan baru lebih jauh dan kamu membutuhkan biaya transport yang lebih besar. Sehingga gaji yang “lebih besar” itu habis untuk menutupi biaya transport. Jika ini kenyataannya, ada baiknya kamu urungkan kembali niat untuk pindah kerja. 

Pendapatan dan pengeluaran harus menjadi pertimbangan yang utama agar keuangan tetap bisa berputar. Belum lagi jika ternyata pekerjaan yang baru macet di tengah jalan, kamu lagi yang kerepotan karena harus bolak-balik mencari pinjaman.

Pertimbangkan Diri

Ketika kamu berpikir maju dan memiliki motivasi yang tinggi untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan pendapatan yang besar tentu ini adalah hal baik. Namun, kamu juga harus memperkirakan kemampuan dalam meraih hal tersebut.

Bukan berarti tidak boleh keluar dari zona nyaman, namun jika kamu adalah tulang punggung keluarga, pasti tidak bisa seenaknya sendiri. Kamu harus memastikan bahwa pekerjaan barumu akan membawamu ke dalam zona yang lebih baik, bukan sebaliknya

Lalu, kamu juga harus memahami apakah di pekerjaan barumu nanti, kamu bisa merasa percaya diri atau tidak. Sebelum orang lain bisa menerima keputusanmu, kamu sendiri harus bisa menerima itu. Percaya diri sangat diperlukan dalam menjalani pekerjaan, terutama jika pekerjaan barumu memberikanmu posisi dan tanggung jawab yang lebih besar.

Pertimbangkan Lokasi

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, lokasi pun ikut memengaruhi ketika kamu menjalani pekerjaan baru. Misalnya, jika lokasi pekerjaanmu dekat dari rumah, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum, sepeda motor atau mobil milik pribadi. Jika lokasinya jauh dari rumah, bahkan mungkin di luar kota, kamu harus mempertimbangkan apakah pekerjaanmu memiliki mes atau tidak. JIka tidak, kamu harus mencari tempat tinggal di sana, entah itu ikut saudara maupun mencari kost.

Dengan mempertimbangkan lokasi inilah kamu bisa lebih mudah mengatur keuanganmu. Misalnya, jika jaraknya dekat dan kamu memilih menggunakan sepeda motor, maka kamu perlu menghitung berapa uang yang dibutuhkan untuk membeli bensin dalam sebulan. Kalau jauh, kamu pun harus mengetahui berapa biaya kost setiap sebulan. Jika sudah mengetahui, kamu bisa menyesuaikan pendapatan dan kebutuhanmu. Dengan demikian, kamu memiliki pola atur keuangan yang lebih jelas dan terarah.

Pertimbangkan Fasilitas

Kamu juga perlu mempertimbangkan fasilitas yang diberikan kantor. Misalnya WiFi, makan siang, minum, transportasi, laptop, serta lainnya. Hal ini penting dilakukan karena dengan fasilitas inilah kamu bisa merasa puas akan pekerjaan yang baru atau tidak. 

Kamu harus mempertimbangkan bahwa dengan gaji sekian dan sekian fasilitas yang bisa kamu dapatkan di kantor, apakah kamu merasa cukup dihargai atas pekerjaanmu nanti atau tidak.

Nah, saat ini banyak juga perusahaan yang memberikan fasilitas berupa benefit pembayaran gaji fleksibel. Di mana, benefit ini bisa membantu kamu ketika suatu saat nanti kamu membutuhkan kebutuhan mendesak yang mengharuskan kamu mengeluarkan biaya tambahan.

Dengan gaji fleksibel inilah kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut tanpa pusing mengambil tabungan atau pinjaman. Jadi, pastikan perusahaan barumu telah memberikan benefit pembayaran gaji fleksibel yang bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi KINI.id.

Pertimbangkan Pendapat Keluarga & Orang Sekitar

Terakhir, kamu juga harus mempertimbangkan pendapat keluarga dan orang sekitar. Jika kamu sudah memiliki suami/istri, maka yang terpenting adalah meminta pendapat dari mereka. Bagaimanapun, mendengarkan orang lain itu banyak manfaatnya. 

Misalnya mendengarkan pendapat orangtua yang sudah lebih memahami jejak sebuah perusahaan yang telah lama berdiri. Bagaimana pandangan masyarakat tentang perusahaan tersebut, biasanya orangtua lebih memahami. Begitu juga dengan lingkungan. Tidak ada salahnya untuk berbagi cerita dengan tetangga yang bekerja atau pernah bekerja di tempat tersebut.

Itulah kelima pertimbangan yang patut kamu perhatikan sebelum pindah kerja. Nah, jadi apakah kamu sudah siap pindah kerja dan yakin perusahaan baru bisa memberikan terbaik?