5 Program Kesehatan Karyawan yang Bantu Dorong Produktivitas dalam Bekerja

Kesehatan karyawan menjadi salah satu hal penting yang wajib diperhatikan perusahaan. Karena dengan karyawan yang sehat, maka perusahaan bisa memastikan pekerjaan yang dilakukan mereka pun bisa optimal. Sehingga nantinya akan berdampak ke produktivitas karyawan yang meningkat. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menyusun dan memberikan program kesehatan yang baik bagi karyawannya. Banyak program kesehatan yang dapat diberikan perusahaan kepada karyawan, seperti:

Rapat Berjalan

Sebuah penelitian menemukan bahwa berjalan kaki menjadi salah satu cara melatih fisik. Sehingga, beberapa peneliti menyarankan untuk mengadakan rapat kantor yang dilakukan sambil berjalan kaki. Bukan berarti rapat sambil berjalan dengan arti sesungguhnya ya. Maksudnya di sini, perusahaan bisa merencanakan rapat di sekitar taman dekat kantor atau mungkin saja di cafe outdoor sebrang kantor.

Jika perusahaan menjalankan kebiasaan ini, maka akan ada banyak manfaat yang didapatkan terutama bagi kesehatan karyawan. Selain itu, suasana baru dan sedikit udara segar juga bisa mengasah kreativitas karyawan yang nantinya memengaruhi kinerja karyawan.

Program Meditasi

Perusahaan juga bisa menjalankan kegiatan meditasi di kantor untuk menenangkan pikiran, mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika menghadapi pekerjaan. Program ini bisa dilakukan beberapa kali, misalnya setiap pagi hari, sehingga karyawan nantinya bisa lebih rileks saat bekerja.

Coba lakukan kegiatan ini dengan mengajak karyawan untuk duduk bersama melingkar lalu melakukan meditasi selama 15 menit. Cara ini akan sangat baik bagi produktivitas kerja karyawan.

Kelas Kesehatan Fisik

Perusahaan juga bisa membuat program yang mengajak karyawan untuk melakukan aktivitas fisik. Misalnya dengan menawarkan kelas kebugaran. Perusahaan bisa menyediakan tempat gym gratis atau mendatangkan instruktur setiap minggunya dan menjalankan olahraga bersama di kantor. Hal ini akan meningkatkan kesehatan karyawan dan membuat karyawan menjadi semakin bugar. 

Kelas Memasak

Makanan juga memiliki pengaruh bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, perusahaan bisa coba membuat kelas memasak sebagai program kesehatan karyawan. Dengan mengadakan kelas memasak ini, maka perusahaan sudah memberikan program kesehatan dengan cara menyenangkan.

Selain bisa mengajak karyawan untuk belajar masak bersama, perusahaan juga sudah memberikan bekal bagi karyawan untuk bisa menyiapkan makanan sehatnya sendiri di rumah demi tubuh yang sehat. 

Memberikan Challenge Berhadiah

Agar karyawan makin semangat menjalankan hidup sehat, perusahaan juga bisa menawarkan program kesehatan yang dibungkus dalam bentuk challenge atau tantangan. Misalnya dengan mengadakan tantangan jumlah jalan kaki terbanyak setiap harinya akan mendapat hadiah. Dengan melakukan hal ini tentu karyawan menjadi bersemangat untuk lebih menjaga kesehatannya. 

Nah, itulah beberapa program kesehatan karyawan yang bisa kamu terapkan di perusahaan. Selain memberikan program kesehatan karyawan, perusahaan juga bisa memberikan benefit lainnya, misalnya benefit yang bisa memberikan solusi bagi masalah finansial karyawan.

Salah satu benefit yang  bisa diberikan adalah benefit akses pembayaran gaji di muka. Dengan benefit satu ini, perusahaan bisa membantu karyawan yang sedang mengalami masalah keuangan, misalnya ketika karyawan sakit, mereka bisa menggunakan akses gaji instan untuk biaya pengobatan, sebelum biaya pengobatan diganti oleh perusahaan.

Dengan begitu, karyawan tidak perlu khawatir ketika mengalami masalah keuangan di pertengahan bulan, karena karyawan bisa mamanfaatkan aplikasi KINI.id. Melalui aplikasi KINI.id, karyawan bisa mengakses gaji dengan mudah, kapan dan di mana saja sesuai dengan jumlah yang mereka butuhkan. Perusahaan pun tidak perlu mengeluarkan kas di awal untuk memberikan akses gaji fleksibel ini. Karena semuanya akan diatur oleh aplikasi KINI.id.

Tugas perusahaan adalah membayar sejumlah uang yang digunakan karyawan melalui aplikasi KINI.id dengan memotong gaji mereka sesuai dengan uang yang mereka gunakan. Hal ini pun tidak langsung dilakukan, namun bisa diperhitungkan di akhir periode sesuai kesepakatan perusahaan dan pihak KINI.id. Jadi, tunggu apalagi? Daftarkan sekarang juga seluruh karyawan dalam aplikasi KINI.id!