6 Penyebab Stres yang Bisa Kamu Hindari & Solusi untuk Mengatasinya

Di masa pandemi ini banyak orang yang mengalami stres. Hal ini terbukti dari hasil survei Skor Kesejahteraan 360° yang dilakukan oleh Cigna di 21 Negara pada Q2 tahun 2021. Di mana, dari hasil survei tersebut ditemukan bahwa pandemi COVID-19 terbukti meningkatkan stres yang terjadi di masyarakat. Faktor penyebab stres yang utama ini adalah adanya ketidakpastian di tengah pandemi dan kekhawatiran akan kondisi keuangan pribadi dan keluarga.

Selain pandemi, penyebab stres lainnya adalah karena adanya perubahan tata nilai kehidupan yang berjalan begitu cepat karena pengaruh globalisasi. Sejingga, masyarakat menghadapi masalah yang semakin beragam sebagai akibat modernisasi dan perkembangan dunia.

Selain itu, ada beberapa faktor penyebab umum dari stres antara lain masalah pekerjaan, ujian, problem rumah tangga, sakit, kurang tidur hingga banyak lainnya. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah penyebab stres yang paling sering terjadi dan cara mencegahnya yang bisa kamu lakukan.

Masalah Emosional

Faktor yang paling sering menyebabkan stres adalah adanya masalah emosional dalam diri. Di mana, ketika kamu merasa tidak mampu berhubungan dengan seseorang atau perlu mengekspresikan emosi tetapi tidak bisa. Inilah yang menyebabkan tingkat stres meningkat.

Masalah Kesehatan

Ketika seseorang mengalami masalah kesehatan seperti penuaan, diagnosis penyakit baru, dan gejala atau komplikasi dari penyakit saat ini bisa menjadi faktor penyebab stres. Selain itu, meski tidak mengalami masalah kesehatan secara langsung, jika kamu tinggal bersama dengan orang yang sedang menghadapi penyakit juga bisa merasa stres.

Masalah Keuangan

Masalah keuangan menjadi salah satu faktor penyebab stres yang paling sering terjadi. Biasanya, masalah keuangan ini sering terjadi ketika seseorang terllilt utang kartu kredit, sewa, atau ketidakmampuan untuk menafkahi keluarga atau diri sendiri. Tekanan finansial inilah yang menjadi penyebab stres terbesar.

Nah, untuk mengurangi beban atau masalah keuangan, kamu bisa coba untuk menghindari utang dan mulai memanfaatkan aplikasi KINI.id ketika membutuhkan dana darurat. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengajukan gaji di muka atau gaji instan tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Sehingga, kamu bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan darurat tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Selain itu, dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengambil gaji di awal sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan, dan maksimal sebesar gaji dari hari kerja yang tela kamu selesaikan.

Mengalami Diskriminasi

Ada juga beberapa orang yang menjadi stres ketika mereka didiskriminasi oleh orang lain. Misalnya, ketika mengalami diskriminasi atas dasar ras, etnis, jenis kelamin, tau orientasi seksual. Apalagi jika hal ini terjadi dalam jangka panjang, maka orang yang menghadapi diskriminasi ini bisa menjadi stres.

Masalah Hubungan

Faktor hubungan juga sering menyebabkan terjadinya stres. Misalnya saja pertengkaran dengan pasangan, orang tua, atau anak. Selain itu, masalah yang terjadi di antara anggota keluarga atau rumah tangga lain juga bisa membuat stres, meski tidak terlibat langsung.

Perubahan Hidup

Di masa pandemi ini banyak juga orang yang mengalami perubahan dalam hidupnya. Misalnya saja kematian orang yang dicintai, dipecat dari pekerjaan, pindah rumah, dan mengirim anak ke perguruan tinggi adalah beberapa contoh perubahan besar dalam hidup yang bisa membuat stres. Tidak hanya perubahan hidup negatif saja, namun perubahan positif seperti pensiun atau menikah pun bisa menyebabkan stres yang signifikan.

Nah, itulah beberapa penyebab stres yang bisa kamu hindari. Kamu bisa mencegah stres dengan mulai beristirahat cukup, menenangkan pikiran, olahraga, curhat dengan teman atau keluarga yang bisa dipercaya, makan makanan kesukaan, relaksasi, mendengarkan musik, hingga pergi berlibur. Jika stres yang dialami tidak kunjung membaik pastikan kamu segera mengonsultasikannya kepada psikiater.