6 Tips & Cara Hemat Uang Makan Demi Gaji Cukup Hingga Akhir Bulan

Tidak semua orang memiliki gaji yang cukup untuk makan di luar setiap harinya.  Ada juga orang yang lebih memilih menyimpan uang makan untuk memenuhi kebutuhan lainnya meski diberi uang makan oleh perusahaan. Selain itu, ada juga kondisi di mana seseorang tidak lagi mampu memenuhi uang makannya di pertengahan bulan, sehingga memaksa mereka untuk berutang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli bahan makanan, beras, minyak, dan sebagainya.

Meski terkadang jumlahnya kecil, nyatanya kebutuhan makan menjadi pos pengeluaran terbesar dalam setiap bulannya. Tidak jarang juga kita merasa uang gajian jadi pas-pasan untuk  memenuhi kebutuhan makan sehari-hari itu. Nah, agar kamu tidak perlu berutang, di bawah ini adalah beberapa tips dan cara hemat uang makan setiap bulannya.

Buat rencana menu

Hal yang sering membuat uang makan habis dipertengahan bulan adalah tidak ada rencana menu yang disiapkan. Sehingga, ketika berbelanja kebutuhan untuk masak seringkali asal dan tidak terkontrol.

Jadi, sebelum belanja bahan makanan, kamu perlu membuat rencana menu makan terlebih dahulu. Jika kamu tidak bisa membuat rencana menu per bulan, kamu bisa coba buat harian atau mingguan. Dengan begitu, kamu bisa menghindari belanja bahan makanan berlebihan yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Kurangi frekuensi makan

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi frekuensi makan, misalnya dari tiga kali menjadi dua kali sehari. Dengan cara ini, kamu bisa hemat banyak uang makan sehari-hari.

Misalnya, sekali makan kamu butuh uang Rp20 ribu, maka untuk 3x makan setiap bulan kamu akan menghabiskan uang sebesar Rp1,8 juta. Namun, jika dikurangi dan menjadi 2x sehari, maka kamu hanya menghabiskan Rp1,2 juta.

Nah, jika hal ini tidak memungkinkan, kamu bisa coba mengurangi cemilan atau mengurangi porsi makan. Selain menghemat uang, ini juga bisa membantu kamu mengontrol berat badan.

Menurunkan kualitas bahan makanan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengubah gaya hidup dalam mengonsumsi makanan. Jika sebelumnya, lauk yang sering kamu konsumsi adalah daging, kamu bisa mengubahnya menjadi tempe, tahu, dan jenis lauk murah lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengganti merek bahan makanan, seperti minyak atau beras, menjadi yang lebih murah.

Masak sendiri di rumah

Makan di luar menjadi salah satu pengeluaran yang sering membuat pengeluaran membengkak. Apalagi jika kamu memilih makanan yang mahal seperti ayam, daging, dan sebagainya.

Nah, agar hemat uang makan, kamu bisa masak makanan sendiri di rumah. Selain bisa menghemat, masak sendiri di rumah juga bisa membuatmu lebih sehat karena seluruh bahan dan proses memasak lebih bersih dan tidak asal masak.

Setelah memasak di rumah, kamu juga bisa mulai membiasakan diri membawa bekal makan siang ke kantor agar tidak tergoda untuk makan di luar. Hal ini juga bisa kamu terapkan ke seluruh anggota keluarga, mulai dari anak-anak hingga suami.

Bawa uang belanja dalam jumlah pas

Banyak orang yang tergoda untuk belanja banyak bahan makanan ketika membawa uang dalam jumlah besar. Jika ini terjadi, pastinya kamu tidak bisa menghemat uang makan dan justru membuat uang makan membengkak. Nah, agar kamu tidak ‘kalap’, pastikan kamu membawa uang pas dalam dompet sesuai kebutuhan atau anggaran belanja. 

Komitmen dan disiplin saat belanja

Kunci terakhir cara hemat uang makan sehari-hari adalah komitmen. Jangan sampai rencana menu atau anggaran yang sudah dibuat justru tidak dilakukan dengan tepat. Jadi, sebelum menjalankan beberapa tips di atas, pastikan kamu telah memantapkan diri untuk komitmen dan disiplin dalam penggunaan anggaran sesuai rencana. Hindari juga untuk membeli barang di luar kebutuhan yang sudah ditetapkan walaupun sedang promo sekalipun.

Itulah cara hemat uang makan yang  bisa kamu terapkan setiap bulannya. Pastikan juga kamu menggunakan uang makan sesuai dengan anggaran yang telah kamu siapkan. Jangan sampai gajimu habis di tengah bulan dan kamu beserta keluarga tidak bisa membeli bahan makanan. Padahal itu adalah kebutuhan pokok.

Nah, jika hal ini terjadi hindari untuk meminjam uang. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gajimu di awal tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan daruratmu tanpa perlu merusak atau mengganggu keuanganmu.