5 Menu Sahur Hemat & Bergizi yang Cocok Menemani di Tanggal Tua

Ketika Ramadan tiba, pengeluaran bisa membengkak dibanding bulan biasa. Oleh karena itu, penting untuk menekan pengeluaran agar tidak membengkak, salah satunya adalah dengan membuat menu sahur hemat.

Menu sahur tidak perlu mahal, yang penting adalah gizi seimbang agar tubuh kuat menjalani puasa di siang hari. Berikut ini beberapa rekomendasi menu sahur hemat yang bisa kamu buat agar pengeluaran selama Ramadan tidak membengkak.

Nasi Goreng

Nasi goreng menjadi makanan khas Indonesia yang bahan utamanya adalah nasi. Bukan hanya hemat, masakan ini pun mudah untuk dibuat. Untuk menambah gizi pada menu sahur ini, kamu bisa menambahkan telur, sawi, sosis, bakso, dan bumbu lain sesuai keinginan. Menu ini bahkan tidak akan menghabiskan biaya lebih dari Rp50 ribu dan bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Mie Goreng Sarden Kombinasi

Hampir setiap orang menyukai mie sehingga kamu bisa coba membuat menu mie dengan kombinasi sarden. Bahan utama yang dibutuhkan adalah mie telur, kemudian tambahkan telur, sayuran, ikan sarden dan bumbu tambahan lain agar rasanya lebih nikmat. Menu ini pun tidak akan menghabiskan dana lebih dari Rp50 ribu. Untuk menu sahur, kamu bisa menyajikan masakan ini bersama nasi agar lebih kenyang dan tahan hingga buka puasa nanti.

Lele Goreng Penyetan

Siapa yang tidak bisa menolak nikmatnya masakan di warung penyetan? Menu ini bisa kamu siapkan sendiri untuk  menemani sahur. Siapkan lele dengan jumlah sesuai anggota keluarga. Kamu bisa menyiapkan setengah atau 1 kg ikan lele, kemudian diamkan lele yang sudah ditaburi bumbu agar lebih meresap.

Kamu pun bisa menambahkan gorengan lain seperti tempe dan tahu untuk menemai menu lele. Tambahkan juga sayuran dan sambal tomat pelengkap menu. Sajikan dengan nasi putih hangat untuk menu sahur nikmat bersama keluarga. 

Tumis Tahu Tempe Pedas

Menu ini sangat cocok bagi kamu yang suka pedas. Cobalah siapkan tempe dan tahu sebagai bahan utama. Agar gizi lebih lengkap, kamu bisa menambahkan daging ayam, jamur dan sayuran dalam menu ini.

Kamu perlu menyiapkan bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, garam, merica, cabe dan kecap. Untuk menikmati menu ini pun sangat hemat, tergantung jumlah daging yang digunakan.

Sup kacang Merah

Makanan ini memiliki protein tinggi dan bisa membuat kamu lebih kuat menjalani ibadah puasa seharian. Untuk membuat masakan ini, kamu hanya perlu menyiapkan kacang merah segar, sayuran, dan bumbu tambahan sebagai bahan utama. Kamu juga bisa  menambahkan daging ayam dan daging sapi agar gizi yang terkandung lebih tinggi. Tidak perlu banyak, kamu bisa menambahkan masing-masing daging sebesar 200 gram saja sesuai jumlah dana. 

Itulah beberapa menu sahur hemat yang bisa kamu nikmati di tanggal tua namun tetap bergizi. Untuk kamu yang kehabisan dana untuk membeli bahan masakan, kamu  bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Melalui aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, sekarang kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan fitur QRIS lewat aplikasi KINI.id, dengan begitu kamu bisa belanja kebutuhan puasa lebih mudah dan cepat.