5 Cara Menghindari Debt Collector yang Bisa Dilakukan

Saat ini banyak orang yang memutuskan untuk mengambil pnjaman online untuk memenuhi kebutuhan daruratnya. Namun, keputusan ini sangat berisiko, apalagi jika sampai telat membayar tagihan. Selain denda yang dikenakan sangat tinggi, kamu juga akan ditagih dan dikejar-kejar oleh debt collector. Mereka akan mengejarmu hingga kamu benar-benar melunasi utang tersebut. Seramnya lagi, debt collector ini pun akan mengganggu orang-orang terdekatmu, bahkan mengancam mereka. Lalu bagaimana cara menghindari debt collector?

Menggadaikan barang

Tidak ada yang ingin meminjam uang ke pinjaman online. Namun nyatanya saat ini pinjol menjadi salah satu solusi cepat untuk memenuhi kebutuhan finansial. Jika kamu tidak ingin ditahih debt collector, tentunya kamu harus bisa membayar tagihan sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Jika tidak, kamu bisa coba menggadaikan barang atau aset yang dimiliki.

Risiko menggadaikan barang tidak sebesar meminjam melalui pinjol. Kamu hanya akan kehilangan barang atau aset yang menjadi jaminan jika terjadi gagal bayar. Namun, umumnya pembiayaan melalui gadai akan lebih murah dibandingkan melalui pinjaman online. Denda yang dikenakan puntidak sebesar ketika kamu meminjam uang melalui pinjol. Tapi sebelum menggadaikannya, pastikan kamu menggadaikan di perusahaan gadai tepercaya ya!

Pinjam ke kerabat

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghindari debt collector adalah dengan meminjam uang ke kerabat, seperti orangtua, saudara atau teman yang telah kenal dekat dan bisa dipercaya. Cara ini juga menjadi salah satu cara berisiko rendah jika terjadi gagal bayar. Karena, orang terdekatmu tidak akan mengejarmu dengan agresif seperti debt collector.

Namun, jangan anggap remeh ketika kamu meminjam ke orang terdekat. Karena jika kamu tidak membayar atau telat membayar kembali pinjaman tersebut, hubunganmu dengan orang terdekatmu lah yang dipertaruhkan. Jangan sampai hubunganmu dengan orang-orang terdekat bisa renggang atau rusak hanya karena masalah uang.

Mengajukan kredit di bank

Untuk menghindari kejaran debt collector, kamu juga bisa mengajukan kredit di bank. Meski cara ini membutuhkan jaminan dan proses yang cukup lama untuk persetujuan, namun cara ini akan lebih membuatmu tenang. Kenapa? Selain biaya yang ditawarkan lebih terjangkau, cara ini juga lebih aman dan bisa dipercaya. Namun, pastikan kamu bisa membayarnya tepat waktu, karena joka kamu telat membayar pinjaman, skor kreditmu bisa terganggu dan dinilai tidak baik sehingga tidak bisa melakukan pinjaman lagi.

Pinjam melalui koperasi

Jika kamu tergabung menjadi anggota koperasi, kamu juga bisa mencari pinjaman melalu lembaga koperasi. Umumnya, mekanisme pinjaman yang ditawarkan koperasi cenderung lebih mudah jika dibandingkan dengan pinjaman di lembaga keuangan lainnya. Kamu juga bisa meminjam uang tanpa jaminan apa pun, sehingga tidak berisiko kehilangan barang atau aset.

Manfaatkan Aplikasi KINI.id

Jika perusahaanmu telah bergabung ke dalam aplikasi KINI.id, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menerima gaji di muka. Sehingga, kamu bisa mengajukan pembayaran gaji di muka sesuai dengan uang yang kamu butuhkan dan maksimal sebesar gaji hari kerja yang telah kamu selesaikan.

Dengan begitu, kamu bisa menghindari kejaran debt collector yang meresahkan dan menghindari bunga atau denda yang besar akibat telat membayar pinjaman. Dengan aplikasi KINI.id, kamu juga bisa menarik gajimu secara prorata kapan pun kamu butuhkan. Sehingga, tidak perlu menunggu akhir bulan untuk bisa memenuhi kebutuhan daruratmu.

Itulah beberapa cara menghindari debt collector yang bisa kamu lakukan. Namun ada baiknya kamu juga bisa menghindari pinjaman ke orang lain, bank, maupun pinjol. Kamu bisa coba manfaatkan aplikasi KINI.id dan dapatkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan daruratmu kapan pun dan di mana pun.