Ingin Rekrut Karyawan Freelance, Ini 6 Tips yang Perlu Diterapkan!

Mengelola perusahaan tidak bisa dilakukan secara mandiri, oleh karena itu proses perkembangan bisnis membutuhkan banyak karyawan agar bisa berkembang dengan pesat. Oleh karena itu banyak perusahaan yang memiliki strategi rekrut karyawan freelance. Kenapa harus freelance? Pasalanya pekerja freelance atau pekerja memiliki upah yang tidak terlalu besar, namun kemampuan dan kualitas mereka cukup terjamin.

Hal inilah yang membuat akhirnya banyak perusahaan yang mulai merekrut pekerja freelance di dalam perusahaan. Namun merekrut karyawan freelance tidak semudah merekrut karyawan biasanya, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan proses rekrutmen. Agar tidak salam merekrut karyawan freelance, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan perusahaan ketika rekrut karyawan freelance.

Melalui platform freelancer terbaik

Mencari karyawan freelance yang tepat tidak bisa dibilang mudah. Namun, perusahaan bisa memanfaatkan platform lowongan kerja untuk mempermudah prosesnya. Dengan platform tersebut, kamu bisa memasang info lowongan kerja sesuai posisi yang sedang dibutuhkan.

Pastikan untuk menjelaskan job description dan beberapa benefit yang akan perusahaan berikan untuk calon karyawan freelance. Tujuannya tidak lain untuk menarik minat kandidat terbaik agar melamar di perusahaan.

Salah satu benefit yang bisa diberikan perusahaan ke karyawan adalah benefit EWA atau Earned Wage Access. Dengan benefit ini, perusahaan tidak perlu khawatir karyawan kabur. Karena karyawan hanya bisa mencairkan gaji di awal sesuai dengan pekerjaan yang telah mereka selesaikan.

Selain itu, perusahaan juga tidak perlu pusing mengeluarkan uang untuk membayar gaji di awal jika menggunakan aplikasi KINI.id. Karena dengan aplikasi KINI.id, seluruh dana yang diambil karyawan akan menggunakan dana dari KINI.id, yang nantinya akan dibayarkan perusahaan ke pihak aplikasi sesuai tanggal yang telah disepakati.

Memastikan portofolio

Portofolio menjadi salah satu hal penting yang perlu dilihat ketika akan merekrut seorang freelancer. Dokumen tersebut perlu kamu teliti untuk memastikan kemampuan calon karyawan tersebut. 

Portofolio juga menunjukkan rekam jejak para kandidat, seperti karya yang telah dihasilkan dan tempat kerja sebelumnya. Dengan begitu, kualitas freelancer pun bisa terlihat. Jadi, pastikan bahwa pilihan kamu tepat dan berpengalaman sesuai kebutuhan perusahaan.

Memanfaatkan koneksi

Jika kamu memiliki koneksi atau kenalan yang ahli dalam bidang tertentu, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan mereka. Misalnya, perusahaan sedang membutuhkan seorang akuntan untuk bekerja di perusahaan. Maka, kamu bisa mencari orang yang sudah kamu kenal dan profesional dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan begitu proses pemilihan freelancer pun akan jadi lebih mudah, tanpa harus melakukan seleksi panjang pada banyak orang.

Penyebaran informasi melalui media sosial

Media sosial bisa menjadi tempat terbaik untuk menemukan seorang freelancer. Oleh karena itu, ketika melakukan proses rekrutmen freelance, cobalah untuk memanfaatkan media sosial seperti, Instagram, Linkedin, atau Twitter untuk mencari orang yang tepat dan berpengalaman dalam bidangnya sesuai kebutuhan perusahaan.

Memastikan identitas kandidat

Meskipun hanya merekrut karyawan freelance, perusahaan juga tetap harus memastikan identitasnya. Hal tersebut sangat berguna, karena identitas yang lengkap bisa menguntungkan bagi perusahaan.  Misalnya, jika sewaktu-waktu perusahaan membutuhkan lagi jasa freelancer tersebut, maka perusahaan akan lebih mudah untuk menghubunginya kembali.

Melakukan riset upah atau gaji

Sebelum merekrut karyawan freelance, pastikan juga untuk melakukan riset upah atau gaji. Ketahui berapa upah secara umum seorang freelancer dalam bidangnya. Hal ini karena bagaimanapun juga seorang freelancer harus mendapatkan haknya dengan baik.  Selain itu, dengan memberikan gaji yang sesuai, bisa membuat mereka bekerja maksimal. Sehingga, hasil yang mereka berikan pun tidak akan asal-asalan.

Dengan menerapkan tips rekrut karyawan freelance di atas, maka perusahaan bisa mendapatkan kandidat terbaik yang bisa membantu perusahaan untuk berkembang dengan pesat.