5 Dampak Buruk yang Sering Terjadi Akibat Masalah Keuangan

Tidak ada satupun orang yang tidak pernah mengalami masalah keuangan. Baik orang dengan gaji kecil hingga gaji besar pun pasti pernah mengalami masalah keuangan. Saat ini uang menjadi salah satu masalah yang serius. Tanpa uang, kita tidak bisa berbuat apa-apa, bahkan untuk makan saja sulit. Tidak heran banyak orang bekerja keras untuk memperoleh uang, sehingga hidupnya menjadi bahagia. 

Bukan hanya itu, ternyata masalah keuangan yang tidak terselesaikan juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, masalah keuangan tidak bisa diabaikan begitu saja. Berikut beberapa dampak buruk masalah keuangan bagi kesehatan.

Stres berlebih

Ketika mengalami masalah keuangan, kamu bisa menjadi lebih mudah stres. Bagaimana tidak, mau makan saja terancam, apalagi mau beli apa yang diinginkan. Oleh karena itu, kamu perlu  mengontrol pengeluaran dan bijak ketika ingin berbelanja jika memang tidak punya uang.

Kontrol ini akan menimbulkan tekanan batin tersendiri, tapi jauh lebih baik daripada harus stres.  Demi kebaikan diri sendiri, apapun pasti dilakukan. Jadi, coba hindari belanja barang yang tidak dibutuhkan agar keuangan bisa pulih. 

Cenderung membuat keputusan buruk

Ketika stress, kita sering membuat keputusan buruk yang berdampak bagi keseharian dalam jangka panjang. Ketika sedang dalam masalah, biasanya aktivitas elektrik di dalam lobus frontal dan korteks prefrontal pada otak akan berkurang, sedangkan di bagian bilik otak menjadi meningkat.

Hal inilah yang membuat kita lebih cepat merespons sesuatu daripada biasanya, sehingga pengambilan keputusan buruk rentan terjadi. Ketika kamu berpikir irasional karena yang terpenting saat itu adalah tentang bagaimana agar cepat keluar dari suatu masalah.

Oleh karena itu ketika kamu mengalami masalah keuangan pastikan untuk tetap tenang. Tarik nafas dalam-dalam dan istirahatlah yang cukup, sehingga otak menjadi rileks serta dapat berpikir jernih saat mengambil keputusan.

Lebih cepat cemas

Siapapun pasti cemas jika tidak memilik uang. Namun, tingkat kecemasan yang dirasakan justru semakin parah jika kamu tidak mampu mengontrol diri dengan baik. Akibat jangka panjangnya adalah kesehatan mental menjadi terganggu.

Ketika hal ini terjadi, maka ada potensi untuk mengambil keputusan secara fatal dan tidak dipungkiri kamu bisa  menyakiti diri sendiri akibat cemas yang berlebihan. Selain itu, kecemasan berlebih juga dapat mengganggu tidur di siang atau sore hari. Kamu pun bisa menjadi kurang semangat untuk menjalani hari-hari karena merasa apa yang dikerjakan akan sia-sia.

Menjauhkan dari orang tersayang

Masalah keuangan tidak hanya berimbas pada diri sendiri, namun juga orang yang ada di sekitar. Kamu menjadi lebih sering menghabiskan waktu sendirian untuk menemukan solusi mengatasi keuangan dibandingkan harus membebani orang tersayang. Hal ini secara tidak langsung membuat kamu jauh dari mereka, padahal di sisi lain, mereka membutuhkan kamu sebagai penyemangat atau penasehat dalam hidupnya. 

Masalah ini memang berat, namun tidak baik untuk menyelesaikannya seorang diri. Bagaimanapun juga, kamu tetap butuh orang lain dalam hidup. Anggaplah mereka sebagai penyemangat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Konsumsi alkohol dan obat terlarang

Tidak jarang orang yang akhirnya melampiaskan masalahnya ke alkohol dan obat-obat terlarang. Padahal, keduanya tidak bisa menyelesaikan masalah sampai tuntas, melainkan hanya memberi kita efek tenang dalam waktu singkat.

Setelah itu, biasanya akan timbul efek jangka panjang yang membahayakan kesehatan. Terlebih lagi jika kamu sudah kecanduan, maka semakin sulit disembuhkan.

Hal ini dibuktikan dari studi yang dilakukan di New York, di mana pria dewasa yang memiliki masalah keuangan memilih rokok untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan yang sudah stres berlebihan, biasanya memilih mengonsumsi heroin.

Nah, itulah beberapa dampak buruk masalah keuangan yang sering terjadi. Untuk menghindari masalah di atas ada baiknya untuk mengelola keuangan dengan bijak dan hindari berutang.

Jika kamu membutuhkan dana darurat untuk kebutuhan, pastikan kamu memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji lebih fleksibel untuk memenuhi kebutuhan daruratmu untuk terhindar dari masalah keuangan yang berkepanjangan.