6 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menikmati Gaya Hidup Yolo

Pernah dengar istilah YOLO? You Only Live Once atau yang sering disebut dengan gaya hidup YOLO berarti “kita hidup hanya sekali”. Istilah ini sebenarnya mengajak kita untuk mensyukuri anugerah Tuhan, namun seringkali disalah artikan dengan menikmati hidup dengan selalu memanjakan diri dengan uang yang dimiliki. Seperti slogan di atas, hidup ‘kan hanya sekali. Kalau tidak dibeli sekarang, kapan lagi?

Sebenarnya, menerapkan moto YOLO dalam kehidupan kamu tidaklah salah, namun tentu kamu harus bijak dalam menggunakan uang untuk hidup yang hanya sekali ini. Lalu bagaimana cara menikmati hidup YOLO namun tetap bisa mengatur uang dengan bijak? Simak cara lengkapnya di bawah ini?

Memulai Karir yang Sesuai Passion

Passion setiap orang tentu berbeda-beda. Dengan bekerja sesuai passion yang ada dalam diri, maka kamu bisa bekerja tanpa beban. Manfaatkan passion tersebut untuk bisa menikmati hidup dengan uang yang kamu dapatkan dari hasil jerih payah kamu. Misalnya, jika passion kamu adalah jalan-jalan, maka kamu bisa coba mencari pekerjaan di bidang travel, seperti menjadi travel agent, tour guide, travel planner, dan sebagainya.

Minimalkan Utang Kartu Kredit

Kartu kredit sering menjadi pilihan ketika terdesak. Namun, menggunakan kartu kredit sama saja dengan berutang. Agar tidak terjebak dalam lingkarang utang, ada baiknya kamu tidak mengandalkan penggunaan kartu kredit. Namun, jika kamu bisa menggunakannya dengan bijak, tentu hal ini diperbolehkan. Pastikan juga kartu kredit digunakan untuk kebutuhan produktif bukan konsumtif yang hanya untuk kesenangan pribadi. Utang produktif merupakan utang yang tujuan peminjamannya adalah untuk mendapatkan manfaat finansial.

Untuk mengurangi penggunaan utang kartu kredit, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji instan sesuai kebutuhan kamu, kapan dan di mana saja. Sehingga, ketika kamu memiliki kebutuhan darurat di tengah bulan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tabungan Lebih Banyak dari Pengeluaran

Banyak orang yang masih mengira bahwa berhemat adalah menyisihkan uang. Nyatanya itu adalah pemikiran yang salah. Uang yang disisihkan seharusnya lebih banyak dari uang yang dibelanjakan.

Dengan kata lain, kamu harus bisa mengalokasikan terlebih dahulu uang yang akan ditabung tiap bulannya. Setelah itu, barulah sisa uang dihabiskan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga, tabungan akan meningkat pesat, dan kamu bisa bersenang-senang tanpa memikirkan uang jika sudah memiliki banyak tabungan nantinya.

Investasikan Lebih Awal dan Rutin

Untuk bisa menikmati gaya hidup YOLO, pastikan juga kamu melakukan investasi dengan rutin. Ada berbagai macam jenis investasi yang bisa kamu pilih, pastikan kamu sudah mengetahui keuntungan dan risiko yang mungkin kamu dapatkan sebelum memilihnya. 

Dalam berinvestasi, kamu juga harus memperhitungkan, tidak hanya keuntungan jangka pendek namun juga keuntungan jangka panjang yang bisa diraih. Sama seperti poin sebelumnya, berinvestasi bijaknya dilakukan di awal bukan di akhir. Itu artinya, setelah mendapat gaji atau penghasilan, hal yang pertama harus dilakukan adalah mengalokasikan sebagian uang untuk ditabung dan diinvestasikan.

Lunasi Utang-utang

Memiliki banyak uang tapi tetap memiliki utang bukanlah hal yang bagus. Sebelum mulai menabung, cobalah lunasi terlebih dahulu semua utang yang kamu miliki. Setelah semuanya utang lunas, kamu bisa menabung dengan tenang. Namun, utang yang dimaksud di sini hanyalah utang konsumtif, misalnya utang pembelian gadget atau motor. Namun, utang jangka panjang dan produktif seperti utang KPR tidak termasuk. Jika kamu memiliki utang KPR, maka kamu tetap wajib menabung. Karena utang KPR tidak mungkin bisa kamu lunasi dalam jangka pendek dan membutuhkan dana yang cukup besar.

Buat Penghasilan Pasif

Bagi kamu yang menginginkan hidup YOLO, maka kamu bisa juga membuat penghasilan pasif. Penghasilan pasif adalah ketika kamu tidak bekerja tapi tetap mendapatkan penghasilan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memiliki penghasilan pasif adalah dengan berinvestasi.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan gaya hidup YOLO. Jadi, pastikan kamu memiliki gaya hidup YOLO yang positif bukan yang negatif dan membuat keuanganmu justru tidak baik.