4 Strategi Hemat Pengeluaran untuk Biaya Kebutuhan Rumah Tangga

Kebutuhan rumah tangga menjadi salah satu pengeluaran terbesar yang perlu dikeluarkan setuap bulannya. DenganDengan menghemat biaya bulanan rumah tangga, kamu bisa menabung lebih banyak yang bisa digunakan untuk dana darurat, tabungan pensiun, pendidikan anak, dan masih banyak lagi. Dengan berhemat kamu bisa juga lebih mudah mencapai tujuan keuangan lebih cepat. Lalu, apakah bisa biaya bulanan rumah tangga dihemat atau dikurangi? Nah, di bawah ini adalah beberapa strategi menghemat biaya kebutuhan rumah tangga yang bisa kamu terapkan.

Lakukan penghematan dari pengeluaran untuk makan sehari-hari

Salah satu faktor penyebab besarnya biaya bulanan rumah tangga adalah pengeluaran untuk kebutuhan makan sehari-hari. Oleh karena itu, jika ingin menghemat kebutuhan rumah tangga, kamu bisa mulai dari mengurangi biaya makan.

Kebiasaan makan keluarga dan perencanaan menu makan selama seenggaknya seminggu ke depan dapat mulai kamu coba lakukan. Jika selama ini kamu dan keluarga lebih sering makan di luar, kebiasaan ini bisa coba dikurangi secara perlahan. Misalnya, hanya makan di luar ketika akhir pekan. Kemudian jika ini berhasil, kamu bisa tambah target misalnya makan di luar ketika merayakan sesuatu seperti ulang tahun anak.

Setelah itu, cobalah juga untuk merencanakan menu makan yang mempermudah kamu ketika belanja kebutuhan persiapan masak. Kamu bisa membuat daftar kebutuhan apa saja yang mau dibeli, dengan mengacu pada menu makan yang telah kamu buat untuk 1 minggu ke depan. Memiliki daftar belanja membantumu dalam mengendalikan pengeluaran dan menghindari kamu dari pembelanjaan yang impulsif.

Lakukan aktivitas hiburan yang seru dengan biaya terjangkau

Tidak ada salahnya memang untuk melakukan hiburan bersama keluarga. Namun, tidak berarti aktivitas hiburan ini perlu mengeluarkan uang banyak. Kamu bisa coba memilih aktivitas yang tidak mahal namun tetap seru dan berkesan. Misalnya, kamu dan keluarga tercinta suka liburan untuk mengisi waktu bersama. Tapi, karena ingin menghemat pengeluaran rumah tangga, kamu bisa memilih untuk jalan-jalan di dalam negeri daripada ke luar negeri.

Alternatif lain adalah berkunjung ke tempat wisata yang bebas biaya masuk atau yang memiliki tiket masuk murah seperti museum, pantai dan taman. Selain itu, jika kamu dan keluarga hobi nonton bioskop, kamu bisa coba mengubahnya dengan nonton film di rumah bersama dengan bermodalkan aplikasi streaming. Dengan begitu kamu bisa menghemat banyak kebutuhan rumah tangga.

Praktikkan berbagai cara menghemat listrik dan air

Tagihan juga turut memengaruhi pengeluaran rumah tangga. Semakin murah membayar tagihan, maka semakin sedikit biaya rumah tangga yang perlu dikeluarkan.

Ada banyak cara yang bisa kamu praktekkan agar kamu tidak pelru membayar tagihan mahal-mahal. Kamu dan keluarga bisa mulai dengan 3 cara simpel mengurangi biaya tagihan listrik ini.

Misalnya, kamu bisa coba mengajarkan anak untuk mematikan air ketika sedang menggosok gigi, misalnya. Mengurangi penggunaaan air bisa juga dengan mandi menggunakan shower daripada mengambil air dengan gayung. Asalkan saat sedang sabunan, shower tidak terus dijalankan. Mulailah dengan hal-hal sederhana dan pastikan kebiasaan-kebiasaan tersebut terbentuk di dalam keluarga.

Lakukan budgeting agar disiplin pengeluaran

Pastikan juga untuk melakukan budgeting. Budgeting akan membantu kamu memastikan untuk mengeluarkan uang sebagaimana mestinya. Tentukan berapa pengeluaran rumah tangga dan pisahkan uangnya agar tidak tercampur dengan uang untuk kebutuhan lain.

Nah itulah beberapa tips hemat kebutuhan rumah tangga yang bisa mulai kamu terapkan sejak sekarang. Dengan menerapkan tips di atas, kamu bisa berhemat dan menabung untuk kebutuhan lainnya. Misalnya kebuyuhan untuk memenuhi kebutuhan darurat seperti biaya rumah sakit karena kecelakaan yang tiba-tiba, biaya perbaikan rumah karena genteng bocor, dan masih banyak lagi.

Namun, jika kamu saat ini kamu masih belum bisa memenuhi kebuyuhan rumah tangga dengan baik dan masih sering melakukan pinjaman demi menutupi kebutuhan, pastikan kamu tidak melakukan pinjaman. Tapi cobalah mulai dengan memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mengakses gaji secara instan yang nantinya dapat kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan darurat tanpa perlu berutang. Kamu juga bisa menyesuaikan dana yang akan kamu ambil sesuai dengan dana yang kamu butuhkan. Sehingga, di akhir bulan pun masih akan ada gaji yang kamu terima. Karena tidak semua gaji bisa dicairkan pada pertengahan bulan. Di mana, gaji yang bisa kamu akses lebih cepat adalah maksimal sesuai hari kerja yang telah kamu selesaikan.