7 Jenis Pengeluaran Kecil yang Membuat Gaji Cepat Habis

Banyak orang yang sering mengeluh gajinya sudah habis meski masih di tanggal muda. Biasanya mereka seringkali menyebutnya gaji 5 koma alias gaji tanggal 5 sudah koma atau habis. Tanpa sadar, ada banyak kebiasaan kecil yang membuat kamu keluar banyak uang. Salah satunya adalah pengeluaran untuk hal kecil namun sering. Di bawah ini adalah beberapa jenis pengeluaran kecil yang sering membuat gaji cepat habis.

Jajan di Coffee Shop

Jenis pengeluaran kecil yang sering dilakukan adalah jajan di coffee shop. Buat kamu yang suka nongkrong dan minum kopi di coffee shop, pasti sering mengalami gaji cepat habis. Biaya jajan di coffee shop atau membeli jajanan manis tanpa disadari sedikit demi sedikit menguras isi dompet atau rekening. Apalagi jika tidak direncanakan di awal bulan, tidak dicatat, dan tidak ada alokasi bujetnya.

Bayangkan saja, sekali minum kamu bisa menghabiskan uang minimal Rp20 ribu hingga Rp50 ribu per cup. Jika setiap hari kamu pasti membeli kopi atau minuman manis di luar, berapa uang yang kamu habiskan setiap bulannya? Untuk menyiasatinya, kamu bisa coba membeli kopi instan di rumah. Sehingga, kamu bisa lebih irit dan sisa uang masih bisa ditabung untuk dana darurat.   

Isi Ulang Dompet Digital

Saat ini semuanya serba digital, sehingga banyak orang juga yang memanfaatkan aplikasi dompet digital untuk melakukan banyak transaksi. Mulai dari belanja online, menggunakan layanan ojol atau taksi online untuk bepergian, hingga melakukan pembayaran digital saat berbelanja di beberapa merchant.

Nah, kira-kira berapa kali kamu mengisi ulang dompet digital dan berapa jumlahnya dalam sebulan? Agar tidak khilaf dan gaji tidak cepat habis, cobalah kamu hitung secara detail berapa jumlah yang kamu transfer dan berapa biaya admin setiap kali transfer/isi ulang. Untuk menghemat, sebaiknya transfer sekali di awal bulan sesuai jumlah yang kamu perlukan. Mengisi ulang sering dan jumlahnya kecil-kecil justru membuat kamu tidak sadar mengeluarkan uang + biaya administrasi.

Biaya Parkir & Tol

Bagi kamu yang membawa kendaraan saat beraktivitas, pasti kamu tidak luput dari biaya parkir dan tol. Apalagi jika kamu tidak berlangganan parkir. Coba hitung bujet parkir dan tol setiap bulan, masukkan ke dalam bujet pengeluaran kecil atau besar yang dikeluarkan secara rutin jika selama ini belum kamu masukkan ke dalam anggaran keuanganmu. Jangan lupa juga isi ulang kartu tol di awal bulan, agar tidak bolak-balik isi kartu tol dan kena biaya administrasi berulang kali.

Biaya Akhir Pekan

Setelah seminggu bekerja, pasti kamu ingin bersenang-senang di akhir pekan. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan, mulai dari menonton bioskop, nongkrong di coffee shop, belanja ke mal, makan enak, dan sebagainya. Hal ini tentu tidak masalah dan bisa menjadi self-reward buat kamu yang sudah capek kerja selama seminggu penuh.

Namun, jika kamu tidak ada budget untuk akhir pekan, maka kamu bisa menahannya. Meski kelihatan tidak mahal, namun jika kamu lakukan setiap minggu, pasti jika ditotal akan banyak dan bisa membuat gajimu cepat habis. Ada baiknya jika bersenang-senang di akhir pekan kamu lakukan 1 bulan sekali dan jangan pernah gunakan kartu kredit.

Biaya Checkout Impulsif di Marketplace

Banyak orang yang suka cek-cek marketplace setiap hari. Jika ada barang yang lucu dan menarik, pasti langsung dimasukkan ke keranjang. Belum lagi jika melihat pernak-pernik lucu, aksesori, kaos murah, lipstik baru, dekorasi kamar karena murah dan sedang ada promo ongkir di marketplace. Hal inilah yang sering membuat gaji cepat habis, yaitu karena belanja-belanja impulsif seperti ini.

Biaya ke Minimarket

Kamu termasuk orang yang suka nyemil dan jajan di minimarket? Keberadaan minimarket di mana-mana memang memudahkan hidup. Namun, untuk kamu yang sering mampir karena iseng/bosan, coba lebih disiplin.

Sebelum pergi ke minimarket, cobalah buat daftar belanja dan buat alokasi budget yang jelas. Jangan mampir ke minimarket saat lapar dan tanpa tujuan. Coba buat jadwal ke minimarket mingguan dengan membawa daftar belanja dan uang secukupnya. 

Biaya Beli Air Minum

Haus di perjalanan atau saat jalan-jalan sering membuat kamu mampir ke warung atau minimarket untuk membeli air mineral. Jika keseringan, maka semakin lama akan semakin boros. Apalagi jika hal ini kamu lakukan setiap hari. Jadi, untuk menghemat uang, cobalah biasakan membawa botol minum sendiri.

Itulah beberapa jenis pengeluaran kecil yang biasanya disepelekan namun ternyata bisa menghabiskan gaji dengan cepat. JIka gajimu habis di tengah bulan, kamu nantinya akan bingung ketika tiba-tiba ada pengeluaran darurat.

Namun, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi. Karena saat ini kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan KINI.id, kamu bisa mencairkan gajimu di muka, tanpa harus menunggu tanggal gajian.

Sehingga, kamu bisa menggunakan gaji sesuai uang yang kamu butuhkan untuk memenuhi kebutuhan darurat tersebut. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan KINI.id untuk memenuhi kebutuhan darurat kamu!