4 Tanda Masalah Karyawan yang Wajib Diperhatikan Perusahaan Demi Produktivitas Bisnis

Ketika sedang mengalami masalah, khususnya masalah keuangan tidak jarang karyawan akan mengalami kinerja yang menurun dan tidak fokus ketika bekerja. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memerhatikan masalah karyawan demi produktivitas mereka. Jika dibiarkan terlalu lama, kinerja karyawan yang buruk akan membuat perusahaan merugi. Nah, di bawah ini adalah beberapa tanda masalah karyawan yang harus dipahami perusahaan agar bisa memberikan solusi yang tepat bagi karyawan. 

Sering Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja & Bayar Tagihan Minimum

Masalah kartu kredit menjadi salah satu masalah keuangan yang sering terjadi dan dialami karyawan. Ketika karyawan kamu memiliki tanda ini, maka kemungkinan mereka memiliki masalah keuangan.

Pendapatan yang diterima tidak mencukupi biaya hidupnya, bahkan dia harus berutang dengan kartu kredit untuk mencukupi biaya hidup, sehingga mereka hanya dapat membayar tagihan sebesar minimum pembayaran. Jika kebiasaan ini berlanjut maka sangat mungkin bahwa karyawan akan terjerat utang dan mulai bermasalah dengan pekerjaannya.

Sering Minta Izin Sakit

Seorang karyawan yang memiliki masalah keuangan, biasanya akan sering meminta izin sakit. Hal ini karena mereka akan mulai mengalami tekanan baik dari pekerjaan maupun dari keluarga atau lingkungannya, sehingga akan rentan sakit. Hal ini akan menyebabkan karyawan tidak dapat fokus di dalam pekerjaannya, mudah lelah dan memiliki emosi yang kurang stabil.

Sering Mengambil Izin atau Cuti

Ketika karyawan sedang mengalami masalah keuangan, biasanya mereka akan sering mengambil izin atau cuti yang digunakan untuk mengurus keperluan pribadi. Misalnya, mengurus utang tersebut dengan menemui lembaga keuangan atau bisa juga mereka mengambil waktu cutinya untuk mencari penghasilan tambahan demi membayar utang atau memenuhi kebutuhan hariannya. 

Sering Berpikir Negatif & Mengeluh Dalam Bekerja

Karyawan yang sedang tertekan karena masalah keuangan akan lebih banyak mengeluarkan keluhan dan hal negatif. Tekanan dari masalah keuangannya sering membuat mereka menjadi frustasi dan membuat mereka melampiaskan rasa frustasi di tempat kerja mereka. Hal inilah yang akan berdampak negatif bagi lingkungan pekerjaan dan wajib diwaspadai karena dapat menularkan hawa negatif ke lingkungan pekerjaannya.

Nah, untuk membantu masalah keuangan karyawan, perusahaan bisa memberikan solusinya dengan menawarkan benefit pembayaran gaji fleksibel. Dengan pembayaran gaji fleksibel, karyawan tidak perlu menggunakan kartu kredit atau berutang untuk memenuhi kebutuhan daruratnya.

Untuk itu, pastikan perusahaan mendaftarkan seluruh karyawan ke dalam aplikasi KINI.id. Dengan KINI.id, perusahaan bisa memberikan solusi masalah keuangan karyawan tanpa harus menggunakan cash flow perusahaan. Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan seluruh karyawan kamu dalam aplikasi KINI.id sekarang!