Khawatir dengan Resesi 2023? Jangan Asal Panik, Ini 5 Persiapan yang Bisa Dilakukan!

Siapa yang tidak khawatir dengan berita resesi 2023? Memasuki akhir tahun, ada banyak prediksi yang menyatakan bahwa Indonesia akan mengalami resesi. Hal ini tentu barulah prediksi dan masih banyak pro-kontranya. Namun, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan mitigasi sedini mungkin sebagai langkah untuk mencegah atau menekan risiko buruk yang berpotensi ketika resesi tahun depan benar-benar terjadi. Sebelum membahas persiapan resesi yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi resesi, kamu tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab isu resesi ini menjadi ancaman di tahun 2023?

Setidaknya terdapat 4 (empat) alasan terkuat resesi bisa terjadi yaitu karena pengaruh kondisi ekonomi global, peningkatan suku bunga bank, krisis pangan & energi, dan ketidakpastian pasar & utang. 

Sebagai masyarakat yang cerdas dan siap siaga, kamu bisa melakukan sejumlah persiapan untuk mengatasi ancaman resesi tahun depan. Bukan harus panik, namun kamu perlu mempersiapkan resesi yang mungkin terjadi dengan beberapa hal yang berikut ini. 

Persiapkan Dana Darurat

Hal utama yang perlu kamu persiapkan untuk mengatasi ancaman resesi adalah dengan mulai mempersiapkan dana darurat. Jika kamu sudah melakukan hal ini, maka cobalah tingkatkan lagi porsinya.

Sehingga, jika semula kamu hanya menyisihkan sekitar 10% penghasilan, maka cobalah mulai sekarang tingkatkan menjadi 20% hingga 25%. Namun, pastikan kamu tidak memaksakan dan tetap menomorsatukan kebutuhan prioritas. Cobalah mulai dengan mengatur kembali anggaran keuangan dan ikat pinggang lebih erat untuk mempersiapkan resesi tahun depan. 

Membatasi Pengeluaran

Selain mempersiapkan dana darurat, kamu juga perlu mulai membatasi pengeluaran yang tidak perlu alias bukan prioritas. Biasanya ini terkait dengan kebutuhan tersier seperti rekreasi, wisata kuliner, dan sebagainya. 

Dengan membatasi pengeluaran, maka kamu bisa mengalokasikan finansial pada hal-hal yang lebih penting dan darurat. Selain itu, hal ini berguna untuk membiasakanmu untuk jauh dari sifat konsumtif dalam jangka pendek maupun panjang. 

Menambah Keterampilan

Ancaman resesi yang paling menakutkan bagi karyawan adalah adanya ancaman PHK atau pemutusan hubungan kerja besar-besaran. Sebagai karyawan, tentu kamu juga harus mulai memikirkan untuk berinvestasi pada beberapa keterampilan dalam dirimu. 

Asah terus menerus keterampilan kamu untuk bisa menjadi pundi-pundi penghasilan tambahan. Untuk mempermudah penguasaan keterampilan, kamu bisa sesekali mengikuti kelas-kelas pelatihan yang diadakan oleh profesional. Saat ini sudah banyak kelas pelatihan online yang bisa kamu ikuti secara gratis. Jadi jangan sampai kamu abaikan kesempatan ini untuk tidak menggali kemampuan untuk berkembang 

Mempersiapkan Pekerjaan Sampingan

Resesi tidak hanya memberi ancaman PHK untuk masyarakat di kelas karyawan, namun juga dapat mengganggu perputaran ekonomi pribadi masing-masing. Jika saat ini kamu masih punya waktu luang, cobalah manfaatkan waktu luang tersebut untuk mencari pekerjaan sampingan atau bekerja di akhir pekan. Sehingga, jika resesi benar-benar terjadi, maka keuanganmu tidak akan terpengaruh dan tetap lancar. 

Memperluas Koneksi

Untuk menghadapi ancaman resesi, kamu tidak hanya perlu memperkuat finansial, namun kamu juga perlu memperluas koneksi. Sehingga, mulai sekarang cobalah untuk membatasi pertemanan dalam 1 kelompok, dan carilah seluas-luasnya dari kalangan manapun. 

Dengan koneksi luas, maka roda perekonomian pribadi pun akan menjadi lancar. Kamu akan terbantu jika membuka usaha. Begitupun ketika kamu ingin mencari pekerjaan baru setelah PHK besar-besaran.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebagai persiapan menghadapi resesi di tahun depan. Pastikan kamu mempersiapkannya dengan matang dan tidak terburu-buru. Karena sesuatu yang terburu-buru hanya akan membuatmu salah mengambil langkah.

Selain melakukan beberapa hal di atas, pastikan juga untuk menunda untuk melakukan pinjaman atau berutang. Dengan berutang di tengah perekonomian yang belum jelas hanya akan membuatmu terjun ke jurang masalah keuangan yang tiada henti. Jika dirasa kamu butuh dana darurat dan tidak memiliki dana darurat, akan lebih baik jika kamu memanfaatkan aplikasi KINI.id dibanding harus mengambil pinjaman.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan daruratmu tanpa harus berutang atau mengambil tabungan yang sudah kamu persiapkan untuk kebutuhan di masa depan.