Mengelola keuangan dengan bijak menjadi salah satu tantangan keuangan bagi sebagian orang. Ada banyak orang yang tidak bisa mengelola keuangan dengan bijak yang akhirnya menyebabkan mereka orang menghabiskan uang untuk hal-hal kurang penting. Misalnya saja karena peer pressure dan mudah tergoda diskon. Jika kamu termasuk orang yang seperti itu, pastikan kamu mengubah kebiasaan ini dengan beberapa strategi yang tepat. Di bawah ini adalah beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi tantangan keuangan untuk tidak membelanjakan uang secara impulsif.

Tentukan kemana uang yang kamu miliki akan digunakan?

Setiap orang pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Misalnya saja untuk membeli rumah, membeli kendaraan baru, atau hanya sekedar untuk berlibur. Nah, ketika kamu sudah memiliki tujuan ini, maka kamu juga perlu menantang diri sendiri untuk tidak membelanjakan atau menghabiskan semua uangmu demi memenuhi tujuan tersebut.

Oleh karena itu, sebelum memulai tantangan untuk tidak membelanjakan uang, alangkah baiknya kamu sudah menentukan mau digunakan untuk apa uang tersebut? Dengan tujuan ini jugalah kamu bisa lebih semangat untuk sukses mengatasi tantangan ini.

Tentukan aturan apa yang boleh dan tidak boleh dibeli 

Tidak ada yang melarang kamu untuk menggunakan uang untuk berbagai keperluan, apalagi untuk kebutuhan prioritas seperti makan sehari-hari, kebutuhan rumah tangga, transportasi dan pembayaran tagihan bulanan. Jangan sampai kamu menjalani diet ketat demi menyukseskan tantangan.

Agar berhasil menaklukkan tantangan, kamu bisa membuat daftar mengenai apa saja nih boleh dan tidak boleh dibeli. Misalnya baju, sepatu, gadget. Karena barang inilah yang biasanya membutuhkan dana besar.

Mulai dari yang kecil saja dulu

Agar kamu tidak kaget dan memiliki waktu untuk membiasakan diri, kamu bisa memulai tantangan dari yang kecil dulu. Jika belum pernah menjalani tantangan ini sama sekali, kamu bisa coba menargetkan 24 jam dulu.

Lihat apakah kamu bisa menahan diri untuk tidak belanja barang yang sudah kamu tentukan selama sehari penuh. Jika berhasil, kamu bisa menambah waktu, misalnya jadi 3 hari, lalu lama-lama jadi seminggu. Nah, dengan inilah kamu bisa menahan kebiasaan impulsif ketika berbelanja.

Itulah beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan atau mengurangi kebiasaan impulsif kamu. Dengan menahan kebiasaan impulsif, kamu bisa menabung lebih banyak dan mempersiapkan dana untuk masa depan lebih terarah.

Jika kamu tidak bisa mengurangi kebiasaan ini dapat dipastikan sampai kapan pun kamu tidak akan mendapatkan keuangan yang baik dan membuat kamu tidak bisa memenuhi kebutuhan darurat yang mungkin kamu hadapi di kemudian hari. Namun, jika hal ini terjadi pun kamu tidak perlu bingung dan terburu-buru melakukan pinjaman.

Karena sekarang kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id yang dapat membantu kamu mengakses gaji secara instan dan fleksibel. Sehingga, kamu tidak perlu melakukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan darurat. Kamu hanya perlu mengambil sebagian gaji kamu dengan aplikasi KINI.id.