Pentingnya Memberikan Fasilitas Olahraga untuk Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Banyaknya rutinitas sehari-hari sering membuat karyawan tidak sempat melakukah olahraga. Padahal, olahraga merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan setiap karyawan demi kesehatan mereka. Oleh karena itu, untuk mendukung kesehatan karyawan, perusahaan bisa menyediakan fasilitas olahraga di kantor sebagai solusinya.

Mulai dari menyediakan alat olahraga di kantor seperti treadmill hingga mengadakan kelas yoga setiap minggunya. Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan, namun olahraga di kantor juga bisa menigkatkan produktivitas dan mood para karyawan.

Manfaat Memberikan Fasilitas Olahraga di Kantor

Saat ini sudah banyak perusahaan yang memberikan fasilitas olahraga di kantor demi membantu karyawan menerapkan pola hidup sehat.

Sebuah penelitian di Bristol University menganalisis tentang manfaat adanya fasilitas olahraga di kantor. Mereka membandingkan karyawan yang rutin berolahraga dan yang tidak. Hasilnya, karyawan yang melakukan aktivitas fisik secara rutin cenderung lebih produktif, bahagia, dan efisien. Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat adanya fasilitas olahraga di kantor.

1. Produktivitas Meningkat

Menyediakan fasilitas olahraga di kantor bisa memengaruhi produktivitas karyawan. Di mana, karyawan yang rajin berolahraga cenderung memiliki tujuan yang lebih tanggap dibanding yang tidak. Pikirannya pun akan lebih terbuka dan terlihat lebih fokus. Selain itu, mereka akan lebih cepat dan teliti dalam mengerjakan pekerjaannya dikarenakan pikiran yang lebih segar. 

2. Lebih Rileks dalam Bekerja

Kesegaran yang didapat setelah berolahraga tidak hanya membantu karyawan lebih fokus dalam bekerja. Mereka juga akan terlihat lebih santai dan nyaman dalam bekerja, meskipun tuntutan pekerjaan sedang padat dan tinggi.

3. Terlihat Lebih Segar

Kondisi fisik dan mental yang baik juga menentukan raut wajah dan postur tubuh seseorang. Orang yang rutin olahraga akan terlihat segar luar dalam, sehingga memancarkan aura dan mood yang baik, dan hal ini bagus untuk karyawan lainnya karena orang tersebut memancarkan aura positif.

4. Mengurangi Stres

Dengan berolahraga, tubuh dan pikiran dapat segar kembali, sehingga bisa memperbaiki kondisi mental juga. Orang yang rutin berolahraga akan terlihat dan merasa jauh dari stres daripada yang tidak. Selain itu, fasilitas olahraga di kantor juga bisa membantu karyawan untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan memecahkan masalah. Mereka juga terlihat lebih tenang.

Fasilitas Olahraga yang Bisa Disediakan di Kantor

Nah, setelah mengetahui manfaatnya, kira-kira fasilitas apa yang bisa diberikan ke karyawan? Sebagian perusahaan biasanya menyediakan fasilitas layaknya mini-gym lengkap, seperti:

  • Set barbell
  • Treadmill
  • Sepeda statis
  • Matras
  • Lantai aerobik

Dengan banyaknya pilihan yang ada, karyawan dapat memilih olahraga yang sesuai dengan minat dan tujuan yang ingin dicapai. Mereka pun jadi lebih bersemangat untuk berolahraga dan tidak terpaksa.

Selain itu, beberapa strategi juga dapat diterapkan dalam pengadaan olahraga di kantor agar tidak menghambat pekerjaan. Misalnya, dengan mengadakan kegiatan olahraga pada pagi hari sebelum bekerja atau sore hari. Berolahraga di kantor sudah menjadi tren di beberapa perusahaan dan terlihat produktivitas karyawan pun ikut meningkat. 

Nah, selain fasilitas olahraga, kamu juga bisa memberikan benefit lainnya seperti benefit akses pembayaran gaji di muka. Dengan memberikan benefit ini, perusahaan secara tidak langsung dapat membantu karyawan dalam hal keuangan. Misalnya, ketika karyawan butuh dana darurat, maka karyawan tidak perlu menggunakan tabungan atau meminjam pinjaman. Karena mereka bisa memanfaatkan gajinya terlebih dulu.

Untuk memberikan akses pembayaran gaji di muka, perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan tidak perlu khawatir mengenai masalah anggaran keuangan perusahaan. Karena semuanya akan diatur oleh KINI.id, tugas perusahaan hanyalah membayar gaji yang telah digunakan karyawan kepada KINI.id ketika tanggal gajian tiba dengan memotong gaji karyawan.