5 Pondasi Keuangan yang Wajib Dimiliki untuk Keuangan yang Lebih Baik

Siapa yang tidak ingin mendapatkan financial freedom serta hidup dengan aman dan nyaman? Tentu ini menjadi keinginan dan harapan semua orang. Untuk mendapatkannya, tentu tidak bisa singkat dan mudah, kamu harus membangun pondasi keuangan dengan baik. Pondasi keuangan yang kuat bukan hanya memiliki banyak uang dan tidak akan habis, tapi juga memiliki perencanaan finansial yang matang dan mindset yang tepat.

Pondasi keuangan yang baik akan berdampak pada banyak aspek seperti hubungan dengan keluarga, perkembangan karir, hingga kesehatan mental.  Lalu bagaimana cara membangun pondasi keuangan dengan baik?

Pendapatan dan budgeting

Pondasi keuangan bisa kamu pupuk dengan menganalisis jumlah pendapatan. Dengan mengetahui jumlah pendapatan, maka kamu bisa menentukan berapa besaran dana yang akan kamu alokasikan nanti. Pendapatan ini bisa dari berbagai sumber, mulai dari bekerja sebagai karyawan, membangun bisnis sendiri, bahkan dari side hustle.

Saat kamu memiliki pendapatan tetap, selanjutnya adalah melakukan budgeting. Mulailah dengan menyusun pengeluaran per-minggu, bulan, atau dalam periode waktu lain sesuai target.

Pondasi keuangan bergantung pada bagaimana kamu mengarahkan dan mengelola situasi keuangan. Kamu perlu memastikan pendapatan dan pengeluaran agar seimbang dan terkontrol dengan membuat batasan-batasan tertentu. 

Dana darurat

Pondasi keuangan yang baik adalah dengan mempersiapkan dana darurat. Di mana, dalam menjalankan hidup akan ada banyak hal tidak terduga yang bisa terjadi, baik dari faktor internal maupun eksternal sehingga dana darurat menjadi sangat penting. Mulai dari perbaikan rumah, kendaraan, hingga kesehatan yang menurun adalah hal-hal darurat yang harus dipersiapkan. 

Dengan adanya dana darurat, kamu tidak lagi perlu khawatir jika terjadi hal yang tidak terprediksi dan bisa membebani baik kesehatan juga kesejahteraan. Kamu bisa mempersiapkan dana darurat dengan menyisihkan uang per bulan. Jumlah ideal dana darurat biasanya adalah total jumlah pengeluaran untuk 3-6 bulan. Disarankan juga untuk memisahkan penyimpanan dana darurat dengan tabungan yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Setelah memiliki dana darurat yang cukup, pastikan juga kamu tidak menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan yang tidak darurat. Karena ini menjadi kesalahan yang sering dilakukan banyak orang. Sehingga, ketika kamu benar-benar butuh dana darurat, tabungan yang kamu miliki sudah habis.

Nah, jika kebutuhan daruratmu dalam jumlah kecil, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk tidak menggunakannya. Namun bisa memilih alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mencairkan gaji secara instan sesuai kebutuhan tanpa harus berutang atau mengambil dana darurat. Sehingga sangat cocok kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan darurat dalam jumlah yang kecil.

Manajemen pembayaran utang

Membayar utang yang kamu miliki juga menjadi pondasi awal untuk mulai menabung dan berinvestasi.  Saat kamu hanya mengandalkan satu sumber pendapatan, seringkali utang masih menjadi jalan keluar.

Manajemen utang sangat penting untuk dipahami agar kamu bisa memupuk pondasi keuangan yang lebih stabil.  Cobalah mulai dengan mengalokasikan dana untuk dimaksimalkan pada pembayaran utang terlebih dahulu. Tidak memiliki utang dan cicilan adalah salah satu kemewahan dalam menyusun pondasi keuangan dan merencanakan finansial untuk masa depan. 

Investasi 

Investasi juga menjadi cara untuk membuat uang yang kamu miliki berkembang nilainya dari waktu ke waktu. Saat ini juga tersedia banyak jenis investasi yang bisa dilakukan. Pilihlah investasi yang paling cocok dan sesuai untuk kamu dan tidak tergerus inflasi.

Sebelum memutuskan berinvestasi kemana, pastikan kamu melakukan riset terlebih dulu. Pastikan juga kamu melakukan analisa profit sekaligus risiko berinvestasi. Ada beberapa jenis investasi yang umum dilakukan seperti investasi saham, obligasi pemerintah, dan reksa dana. Dalam memilih investasi, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal seperti umur juga preferensi pribadi dan tujuan berinvestasi. 

Tabungan pensiun 

Langkah terakhir untuk membangun pondasi keuangan adalah memiliki tabungan pensiun. Semakin dini kamu mempersiapkannya, maka semakin baik yang kamu dapatkan nantinya. Setiap uang yang kamu investasikan saat masih muda akan bertambah nilainya, bahkan sebelum kamu memiliki rencana pensiun. Kamu bisa menyiapkan tabungan pensiun dengan berbagai cara seperti mengikuti program dana pensiun, dikumpulkan secara mandiri, dan membuat target tertentu.

Itulah beberapa pondasi keuangan yang harus kamu miliki demi keuangan yang lebih sukses di tahun 2023.