Indonesia saat ini sedang dilanda musim hujan. Bahkan di beberapa daerah sudah mulai dilanda banjur. Kondisi inilah yang sering menjadi penyebab penyakit. Mulai dari demam, flu, dan penyakit lainnya. Belum lagi kondisi kerja yang melelahkan ditambah cuaca yang kurang baik, ini bisa membuat imun menjadi berkurang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Agar kamu bisa tetep produktif menjalankan aktivitas seperti biasa dan terbebas dari penyakit. Di bawah ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa kamu terapkan mulai sekarang.

Sedia Payung & Jas Hujan

Untuk menjaga kesehatan di musim hujan tentu kamu harus menghindari guyuran hujan sebisa mungkin. Ketika diguyur hujan, risiko tubuh terkena virus dan bakteri menjadi meningkat. Akibatnya, kamu jadi mudah sakit, seperti mulai terkena flu hingga demam.

Selain itu, hujan juga menyebabkan temperatur tubuh menurun drastis. Itulah kenapa kamu sering kali merasakan demam dan tidak enak badan setelah kehujanan. Nah, bagi kamu yang melakukan aktivitas di luar rumah seperti pergi ke kantor, meeting bersama klien, dan sebagainya, sebaiknya selalu jas hujan atau payung ketika beraktivitas agar tidak kehujanan.

Tetap Olahraga Rutin

Olahraga memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari memproduksi hormon endorfin, melancarkan asupan oksigen, hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Di tengah musim hujan ini sebaiknya tetaplah berolahraga, kamu bisa melakukannya di dalam ruangan untuk mengurangi frekuensi aktivitas fisik di luar ruangan.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan  di rumah, mulai dari senam aerobik, lompat tali, dan workout sederhana lainnya. Jika masih ingin berolahraga di luar ruangan seperti jogging, jalan santai, atau bersepeda, lihatlah terlebih dahulu perkiraan cuaca agar  kamu tidak terjebak hujan.

Rutin Mengonsumsi Suplemen

Selain berolahraga, ada baiknya di musim hujan ini kamu juga rutin mengonsumsi suplemen demi meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi suplemen sangan dianjurkan apalagi juka kamu tidak bisa berolahraga secara maksimal.

Kamu bisa memilih suplemen dengan kandungan vitamin, mineral, dan zat tertentu yang dapat  melindungi tubuh dari penyakit, seperti vitamin D, C, dan Zinc.

Jika kamu tidak bisa mengonsumsi suplemen karena adanya kondisi tertentu, maka cobalah menggantinya dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur-sayuran agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi.

Konsumsi Makanan & Minuman Hangat

Saat temperatur menurun, suhu tubuh pun biasanya akan mengikutinya dan menyebabkan kedinginan. Untuk mengembalikan suhu tubuh normal, kamu bisa coba mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh, seperti wedang jahe, sup, teh hangat, cokelat hangat, dan sebagainya.

Makanan dan minuman hangat mampu mencegah demam dan risiko terpapar infeksi yang diakibatkan perubahan suhu tubuh secara mendadak. Jika perlu, cobalah bawa bekal teh hangat atau air jahe di tempat minum tahan panas yang bisa kamu konsumsi ketika di kantor atau saat cuaca dingin.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Ketika musim hujan biasanya seseorang akan jarang merasa haus, meski begitu kamu tetap harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan menginsumsi air mineral.  Jika tidak, tubuhmu akan mengalami dehidrasi yang hanya akan mengakibatkan masalah kesehatan lainnya, termasuk mengganggu konsentrasi saat bekerja atau belajar.

Selain itu, air juga berperan untuk mengeluarkan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Sehingga, tidak perlu menunggu haus, kamu harus tetap minum air secara rutin ketika musim hujan.

Menjaga Kebersihan Tubuh

Musim hujan memang waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu di rumah, menghangatkan diri, dan beristirahat. Namun, bukan berarti ketika hanya di rumah kamu terbebas dari risiko penyakit. Justru ruangan tertutup bisa menjadi sumber berkembangnya bakteri, terutama ketika musim hujan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dengan mandi 2x sehari dan selalu cuci tangan dengan sabun sebelum makan. Ingat, selalu untuk menggunakan air mengalir saat mencuci tangan dan lakukan setidaknya 20 detik agar bakteri bisa hilang optimal.

Menjaga Kebersihan Rumah

Selain menjaga kebersihan tubuh ketika di rumah, kamu juga perlu menjaga kebersihan rumah. Sebab, ketika musim hujan, nyamuk memiliki banyak kesempatan untuk berkembang biak karena ada banyak genangan air di mana-mana. Sehingga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, tidak terkecuali demam berdarah dan chikungunya.

Untuk mencegahnya, kamu bisa lakukan beberapa hal seperti menguras bak mandi 1x semingu, membersihkan penampung air, dan menggunakan air freshener. Selain berkembangbiaknya nyamuk, musim hujan juga berpotensi membawa penyakit lainnya, seperti diare dan demam tifoid. Jadi, pastikan sanitasi lingkungan sekitarmu terjaga baik, termasuk di kamar tidur, kamar mandi, dan area lainnya.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan musim hujan yang bisa kamu lakukan untuk mencegah risiko penyakit yang mungkin terjadi. Karena ketika kamus sakit tentu bukan hanya bisa menyebabkan masalah pada tubuh namun juga berisiko terhadap masalah keuangan. Apalagi jika kamu tidak memiliki asuransi.

Namun jangan panik, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk memenuhi kebutuhan perawatan sakit kamu. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji secara instan kapan saja dibutuhkan. Sehingga kamu bisa menggunakan gaji tersebut di awal untuk penuhi kebutuhan darurat kamu seperti untuk berobat atau membeli suplemen agar tetap sehat.