6 Penyebab Gaji Cepat Habis yang Harus Kamu Hindari

Siapa yang tidak senang ketika tanggal gajian sudah tiba? Pasti kamu termasuk orang yang senang dan menunggu-nunggu tanggal gajian. Tapi apa sih yang kamu lakukan di tanggal gajian? Beberapa orang biasanya akan langsung menggunakan uang gajinya untuk membayar tagihan dan seluruh kewajibannya. Ada juga orang yang langsung checkout barang belanjaan di marketplace. Karena semangatnya, banyak juga orang yang tidak sadar kalau uang gajiannya sudah mau habis. Nah, pernah gak kamu berpikir apa sih penyebab gaji cepat habis?

Belanja Impulsif

Setelah sebulan kamu mencari barang-barang yang ingin kamu beli, hari gajian menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. DI mana, di hari ini kamu bisa checkout seluruh barang belanjaanmu di marketplace. Namun, apakah hal ini baik bagi keuanganmu? Tentu jika dibiarkan terus menerus ini bisa jadi bumerang buat keuangan kamu. Jadi, jika tidak ingin gaji kamu 10 koma alias tanggal 10 sudah koma, hindari untuk belanja impulsif ya! Kamu bisa coba memilah barang yang memang kamu butuhkan dan juga inginkan. Sehingga, kamu bisa menghabiskan gaji untuk menabung, bukan untuk belanja yang tidak perlu.

Fokus Hanya untuk Hari Ini

Apakah kamu sudah tau tujuan keuanganmu? Ada beberapa orang yang tidak memiliki tujuan keuangan dan ini bisa menjadi masalah yang berlarut-larut. Biasanya, orang yang tidak memiliki tujuan keuangan, mereka hanya akan fokus pada hari ini tanpa memikirkan hari esok.

Pola pikir inilah yang menjadi cerita awal dari kehancuran dan menjadi jebakan untuk diri sendiri. Jadi, jika kamu ingin gaji tidak cepat habis, cobalah pertimbangkan masa depan dalam mengambil keputusan dalam masalah keuangan, misalnya dengan berinvestasi atau menabung.

Cicilan

Tidak ada yang salah dengan menyicil atau memiliki cicilan. Namun, ada beberapa yang harus kamu perhatikan ketika kamu membeli barang yang tidak diperlukan dengan cicilan. Misalnya saja membeli gadget baru secara kredit. Jika tujuanmu hanyalah gadget baru, kamu bisa coba menabung uang dibanding mengambil cicilan. Pastikan kamu memanfaatkan cicilan hanya untuk barang yang bermanfaat dan tidak bisa kamu beli dalam waktu dekat, misalnya menyicil mobil atau rumah.

Selain itu, pastikan juga cicilan kamu tidak melebihi dari ⅓ gaji kamu atau 30% gaji kamu. Jika melebihi itu, kamu akan kesulitan membayar cicilan dan mengakibatkan pembayaran bunga dan denda yang besar ketika kamu telat membayarnya.

Tidak Memiliki Catatan Keuangan

Sebagian orang berpandangan bahwa mereka mengetahui dari mana uang masuk dan keluar tanpa harus mencatatnya. Namun, kebiasaan tersebut sering menciptakan kecenderungan untuk boros. Selain itu, kamu juga tidak bisa tau kemana saja uang yang kamu habiskan selama ini.

Dengan membuat catatan keuangan, kamu bisa dengan mudah melacak penggunaan gaji kamu setiap bulannya dengan pasti dan tanpa mengira-ngira. Kamu bisa membuat catatan keuangan dengan sederhana, misalnya mencatat berapa uang masuk dan uang keluar setiap harinya.

Terlalu Sering Hangout

Berapa sering kamu hangout dan makan-makan di luar? Jika sebulan sekali tentu masih wajar, tapi kalau hampir setiap hari ini bisa menjadi penyebab gaji kamu cepat habis. Untuk menahan dari aktivitas ini, kamu bisa mencoba mengurangi acara hangout atau memilih tempat hangout yang ramah di kantong. Misalnya, mengadakan pertemuan di rumah teman atau di rumahmu secara bergantian.

Liburan

Liburan bukanlah aktivitas yang murah, kamu membutuhkan banyak uang untuk bisa berlibur, apalagi jika tujuan berlibur kamu ke luar negeri. Nah, bagi kamu yang ingin menghemat dan tidak mau gaji cepat habis, kamu bisa menjadikan liburan sebagai tujuan keuangan kamu. Cobalah menabung untuk kamu bisa berlibur. Pastikan juga, kamu tidak meminjam uang atau berutang hanya untuk berlibur.

Itulah beberapa penyebab gaji cepat habis setiap bulannya. Selain beberapa hal di atas, penyebab gaji cepat habis lainnya adalah ketika kamu membutuhkan uang untuk membayar kebutuhan mendesak, misalnya terjadi kecelakaan atau ban bocor. Jika hal ini terjadi dan kamu tidak memiliki dana darurat, mau tidak mau kamu harus mengambil gaji kamu atau terpaksa berutang.

Namun, sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena sudah ada aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa memenuhi segala kebutuhan darurat kamu di pertengahan bulan tanpa harus mengambil tabungan atau meminjam uang. Karena dengan KINI.id, kamu bisa menerima gaji di muka sesuai hari kerja yang sudah kamu lalui. Sehingga, kamu tidak perlu berutang dan arus kas kamu pun tetap baik. Jadi tunggu apalagi? Yuk manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!