6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Tepat

Masalah keuangan sering terjadi di kehidupan, salah satunya kehidupan rumah tangga. Mengatur keuangan rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Perlu strategi yang tepat agar seluruh kebutuhan keluarga bisa terpenuhi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keuangan rumah tangga mulai dari kebutuhan wajib yang harus dipenuhi hingga keinginan atau konsumsi yang bersifat tambahan atau hiburan.

Di masa pandemi seperti saat ini, mengatur keuangan rumah tangga menjadi salah satu tantangan yang berat dan harus dihadapi pasangan suami istri. Bukan hanya pengeluaran yang meningkat untuk memenuhi kebutuhan di masa pandemi seperti membeli masker, hand sanitizer, disinfektan, vitamin, dan sebagainya. Tapi juga banyak pasangan suami istri yang justru mengalami pengurangan pendapatan karena bisnis yang merosot atau pemotongan gaji dari perusahaan. Oleh karena itu, di bawah ini KINI.id akan memberikan beberapa tips dan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan tepat agar keuangan tetap baik dan terhindar dari utang. 

Pahami Bedanya Kebutuhan dan Keinginan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah memahami bedanya kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan rumah tangga biasanya dalam bentuk keperluan sehari-hari seperti makan, cicilan, biaya listrik dan air, internet, hingga alokasi pendidikan jika kamu sudah memiliki buah hati. Hindari untuk membeli barang yang tidak kamu butuhkan dan hanya menjadi keinginan kamu, seperti gadget baru, baju baru, liburan, dan barang lainnya yang bersifat sekunder dan tersier. 

Evaluasi Sumber Penghasilan

Selanjutnya, kamu bisa coba melakukan evaluasi terhadap sumber penghasilan kamu untuk melihat adanya potensi mendapatkan penghasilan dari sumber lain, seperti imbal hasil investasi atau usaha sampingan. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa membagi alokasi penghasilan yang dimiliki ke dalam kebutuhan yang harus dipenuhi. Dengan menghitung seluruh pendapatan, kamu bisa mengatur keuangan rumah tangga menjadi lebih mudah.

Atur Prioritas Pengeluaran

Banyaknya pengeluaran rumah tangga yang harus kamu bayarkan. Namun, di masa pandemi saat ini kamu harus mengetahui pengeluaran mana yang sebaiknya diprioritaskan, seperti bahan makanan pokok, tagihan listrik dan air, serta cicilan KPR atau biaya sewa rumah. Hentikan sementara pengeluaran yang tidak penting, sehingga alokasi pengeluaran rumah tangga menjadi lebih tertata.

Selain membantu mengatur keuangan rumah tangga, membuat daftar prioritas juga  bisa menjadi pengingat bahwa kebutuhan prioritas wajib dipenuhi terlebih dulu, baru kemudian bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. 

Persiapkan Dana Darurat & Asuransi

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan dana darurat dan juga asuransi untuk seluruh anggota keluargamu. Sehingga, kamu tidak akan berlarut-larut dalam masalah ketika membutuhkan dana mendesak di kemudian hari.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, dana darurat dan asuransi menjadi kebutuhan pokok yang harus kamu penuhi. Karena tidak ada yang menjamin hari esok akan sesusi dengan yang direncanakan, misalnya saja terjadi kecelakaan, terkena virus COVID-19, hingga terkena PHK karena adanya pandemi.

Dengan adanya dana darurat, jika hal tersebut terjadi, maka kamu masih memiliki uang cadangan untuk memenuhi kebutuhanmu tersebut. Untuk memiliki dana darurat, kamu bisa mulai menyisihkan penghasilan kamu saat ini. Di mana, besarannya tergantung penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulan. Untuk lebih jelasnya cek di sini.

Mulai Berinvestasi

Agar keuanganmu tetap sehat, kamu bisa mulai menyisihkan pendapatan yang kamu hasilkan dengan mulai berinvestasi. Dengan berinvestasi, kamu tidak hanya bisa menabung, tetapi ada imbal hasil yang akan kamu dapatkan. Sehingga, nantinya bisa menjadi pendapatan pasif yang akan kamu dapatkan.

Pastikan kamu memilih instrumen investasi yang tepat dan sesuai dengan dana yang kamu miliki. Jangan paksakan berinvestasi dengan uang tabungan lainnya, karena ini bisa jadi beban jika nantinya nilai investasimu menurun.

Jaga Rasio Utang

Untuk mengatur keuangan rumah tangga yang paling baik adalah menghindari utang. Di mana, tagihan dan kewajiban membayar utang bisa jadi beban yang membuat keuangan terganggu. Namun, ada beberapa faktor yang yang mau tidak mau membuat kamu harus berutang, misalnya untuk membeli rumah.
Di luar itu, sebaiknya hindari untuk berutang. Lalu, kamu juga wajib menjaga rasio utang. Pastikan tagihan utang kamu tidak lebih dari 30 persen dari penghasilan yang dimiliki. Karena lebih dari itu, keuangan rumah tanggamu bisa terganggu.

Itulah beberapa cara dan tips mengatur keuangan rumah tangga. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu bisa memiliki keuangan yang baik, sehingga terhindar dari masalah rumah tangga lainnya.

Namun, jika saat ini kamu belum bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan baik dan membutuhkan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa terhindar dari utang dan tetap bisa menjaga keuangan rumah tangga.

Karena, KINI.id memungkinkan kamu untuk mendapatkan gaji di muka, tanpa harus menunggu tanggal gajian. Sehingga, kamu bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan rumah tangga kapan saja tanpa harus berutang.