Tidak terasa, sebentar lagi anak-anak akan menghadapi ujian kenaikan kelas. Artinya, sebagai orang tua tentu kamu harus mulai mempersiapkan banyak hal untuk kenaikan kelas anak-anak. Bukan hanya sekedar biaya daftar ulang atau biaya pendaftaran ke sekolah baru, tapi ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan tentunya membutuhkan biaya yang bisa dibilang tidak sedikit. Apa saja biaya tahun ajaran baru yang perlu dipersiapkan kamu sebagai orangtua?

Biaya Administrasi Sekolah

Bagi kamu yang anaknya memasuki jenjang baru, misalnya dari SD ke SMP, atau SMP ke SMA, bahkan SMA ke bangku kuliah, tentu ada biaya yang sangat besar dan perlu kamu persiapkan. Mulai dari uang pangkal, biaya pendaftaran, biaya formulir, dan masih banyak lagi buaya administrasi.

Namun, jika anak kamu naik kelas dan tidak memasuki jenjang sekolah baru, kamu juga perlu mempersiapkan biaya daftar ulang sebagai salah satu biaya administrasi saat anak memasuki tahun ajaran baru.

Biasanya jumlah uang yang dibutuhkan masing-masing sekolah berbeda, namun tentunya biasanya jumlahnya bisa dalam nominal jutaan. Tentu perlu dipersiapkan dengan matang bukan agar pengeluaranmu tidak terganggu untuk memenuhi biaya ini?

Biaya Buku

Namanya juga tahun ajaran baru, berarti buku-buku pun harus baru karena pelajaran yang akan diterima anak-anak pun akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Biasanya, ada beberapa biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pembelian buku seperti buku pelajaran, LKS atau Lembar Kerja Siswa, buku tulis, dan alat tulis yang mutlak diperlukan.

Untuk buku pelajaran, sebaiknya menunggu hingga sekolah dimulai untuk memastikan buku-buku yang akan digunakan sesuai edisi/penerbit yang akan digunakan di sekolah. Mungkin juga sekolah telah menyediakan paket tertentu, atau tersedia di perpustakaan. Sementara untuk buku tulis dan alat tulis, biasanya jumlahnya akan menyesuaikan dengan jumlah mata pelajaran. Pastikan biaya buku ini tersedia secara memadai. Agar anak-anak bisa belajar dan mengikuti proses pembelajaran dengan maksimal.

Biaya Perlengkapan Sekolah

Bukan hanya buku, kamu juga perlu mempersiapkan perlengkapan sekolah seperti baju seragam, sepatu dan tas. Namun, jika perlengkapan sekolah sebelumnya masih layak pakai, kamu tidak perlu membelinya. Jadi pastikan sebelum membeli yang baru, cek dulu perlengkapan sekolah yang lama.

Tidak semuanya wajib dibeli baru, kecuali baju dan sepatu yang mungkin sudah sempit karena anak-anak lebih cepat pertumbuhannya.. Jadi siapkan dana yang cukup untuk perlengkapan sekolah, karena ini juga akan memotivasi anak untuk kembali ke bangku sekolah setelah liburan.

Nah, itulah beberapa biaya tahun ajaran baru yang perlu kamu persiapkan. Agar kamu mempersiapkannya tidak terburu-buru, kamu bisa mulai menabung untuk kebutuhan darurat ini. Namun, jika saat ini kamu belum memiliki dana darurat dan ingin memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji sesuai dengan kebutuhan kamu, kapan pun dan di mana pun tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Sehingga, kamu pun tidak perlu khawatir mengenai biaya sekolah. Karena dengan KINI.id, kamu bisa lebih fleksibel mengatur keuanganmu.