Menabung dan menyimpan uang menjadi salah satu hal sulit bagi beberapa orang, apalagi orang yang memiliki penghasilan pas-pasan atau boros. Padahal, dengan menyimpan uang kita bisa mempersiapkan dana untuk kebutuhan darurat yang mungkin terjadi di kemudian hari. Nah, apakah kamu termasuk salah satu orang yang sulit untuk menyimpan uang? Jika iya, di bawah ini adalah beberapa cara menyimpan uang dengan mudah dan efektif yang bisa kamu tiru.

Buat Rekening Tabungan Terpisah

Banyak orang yang gagal menabung dan menyimpan uang karena hanya memiliki satu rekening yang digunakan untuk menerima gaji dan memenuhi segala kebutuhannya sekaligus menabung. Hal ini tentu akan mempersulit kamu ketika ingin menabung. Karena dengan menggabungkan keduanya akan membuat saldo semakin besar yang justru membuat kamu melakukan pengeluaran yang lebih besar lagi.

Jadi, bukan uang tabungan yang bertambah justru tabungan berkuran karena kamu melakukan pembelanjaan di luar anggaran. Sehingga, cara menyimpan uang pertama yang bisa kamu lakukan adalah coba buat rekening baru, dan pisahkan rekening untuk menabung dan rekening kebutuhan harian.

Gunakan Sistem Tabungan Otomatis

Bagi kamu yang beralasan uang habis sebelum menabung, cara menyimpan uang lainnya yang bisa kamu coba adalah menggunakan sistem tabungan otomatis dan memanfaatkan produk tabungan berjangka. Di mana, jenis tabungan ini akan menggunakan sistem tabungan otomatis dan kamu tidak bisa mengambilnya sebelum tanggal jatuh tempo. Sehingga, tidak ada lagi alasan tidak menyimpan uang ya!

Simpan Uang Receh di Celengan

Selain menabung di bank, cara menyimpan uang yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengumpulkan uang di celengan. Bukan dengan uang yang nominalnya besar, tapi kamu bisa mengumpulkan uang receh.

Meski kadang dianggap receh dan tidak berarti, mengumpulkan koin dan uang receh juga bisa menjadi banyak jika kamu rutin mengumpulkannya. Misalnya saja uang Rp500, Rp1000, atau Rp2000. Cobalah rutin memasukkan uang di dalam celengan setiap hari. Ambil dari uang sisa belanja atau transport ke kantor. Bayangkan saja jika kamu menabung Rp2.000 setiap hari, jika rutin selama 5 tahun, bisa mencapai Rp3,6 juta. 

Menabung Sesuai Tanggal

Cara menyimpan uang satu ini cukup unik, kreatif, dan bisa kamu tiru. Cara ini cocok buat kamu yang susah nabung dengan jumlah besar sekaligus. Menabung sesuai tanggal di sini maksudnya adalah nominal uang yang disimpan mengikuti tanggal, dan dimulai dari tanggal 30 atau 31 setiap bulan.

Misalnya, bulan Januari 2021 ada 31 hari, maka tanggal 31 menabung Rp31.000, tanggal 30 Rp30.000, tanggal 29 menyisihkan Rp29.000, dan seterusnya. Maka, total tabunganmu dalam sebulan (31 hari) menjadi Rp 496.000.

Dengan cara ini, keuanganmu tidak akan terlalu terbebani. Tapi ingat untuk selalu menabung. Jika terlewat sehari saja, target menabungmu bisa buyar dan kamu pun bisa jadi malas lagi menyisihkan uang.

Tabung Semua Bonus atau Uang Dadakan

Jika kamu menerima uang dadakan, baik dari bonus, pekerjaan sampingan, hadiah kontes, dan lain sebagainya jangan terburu-buru digunakan dan dihabiskan ya. Cobalah simpan seluruh uang yang kamu terima dan jangan gunakan untuk kebutuhan harian. Hal ini bisa membantu kamu meningkatkan jumlah tabungan dengan cepat.

Itulah beberapa cara menyimpan uang yang bisa kamu ikuti, kamu bisa memilih beberapa atau seluruh cara di atas senyaman kamu. Namun, pastikan untuk menabung dengan rutin ya!

Lalu bagaimana jika kamu belum memiliki tabungan dan belum bisa menyimpan uang, namun kamu butuh uang dadakan hari ini juga? Nah, jika hal ini terjadi kamu bisa memanfaatkan aplikasi Kini.id.

Kini.id adalah aplikasi yang dapat membantu kamu menerima gaji di muka sesuai dengan hari kerja yang secara teknis sudah kamu selesaikan. Hal ini tentu bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan tersebut tanpa membuat kamu terjerumus ke pinjaman online atau pinjaman di lembaga keuangan yang memberikan bunga tinggi.

Dengan aplikasi Kini.id, kamu hanya dikenakan biaya administrasi sesuai kesepakatan awal dan biaya transfer untuk memindahkan uang di aplikasi Kini.id ke rekening kamu. Lalu bagaimana untuk menggunakan aplikasi ini? Kamu bisa langsung daftarkan perusahaanmu dan diri kamu di Kini.id. Yuk dapatkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan harian dan dana daruratmu dengan Kini.id.