Biaya Pernikahan yang Wajib Dipersiapkan Demi Momen Terbaik

Sudah punya rencana menikah dalam waktu dekat? Apa saja yang sudah kamu persiapkan? Selain mental, kamu tentu harus mempersiapkan finansial. Di mana, kesiapan secara finansial menjadi hal krusial yang tidak bisa diabaikan. Ada banyak rincian biaya pernikahan yang perlu kamu persiapkan ketika memutuskan untuk menikah. Nah, agar kamu bisa mempersiapkan pernikahan dengan matang, di bawah ini adalah beberapa komponen yang perlu kamu ketahui dan persiapkan sebelum menikah.

Biaya Hantaran

Biaya pertama yang harus masuk ke dalam anggaran pernikahan kamu adalah hantaran atau seserahan. Ini merupakan salah satu  tradisi turun-temurun yang sering dilakukan ketika prosesi acara pernikahan atau lamaran. Biasanya seserahan ini berisi perlengkapan sholat/ibadah,  perlengkapan wanita (pakaian pesta/kebaya, pakaian dalam, sepatu, tas, jam tangan, make-up, peralatan mandi), hingga kue dan buah-buahan.

Estimasi untuk biaya hantaran pun bervariasi, tergantung pada jumlah barang dan merek yang ingin diberikan. Setidaknya, biaya hantaran lengkap mulai dari Rp5 juta.

Biaya Mahar atau Mas Kawin

Mahar atau Mas Kawin merupakan salah satu hal penting dalam sebuah pernikahan. Di mana, mahar atau mas kawin ini wajib diberikan pihak mempelai laki-laki ke mempelai wanita. Biasanya, mahar berupa seperangkat alat sholat atau ibadah, uang tunai, perhiasan atau emas, dan sebagainya. Untuk jumlahnya pun disesuaikan dengan kemampuan pengantin.

Nah untuk estimasi biaya pernikahan satu ini mulai dari Rp9,5 juta untuk logam mulia 10 gram. Namun, kamu juga bisa memberikan mahar dengan jumlah yang sedikit, selama pihak mempelai wanita setuju dan tidak keberatan dengan mahar yang diberikan pihak mempelai laki-laki.

Biaya KUA

Bagi orang muslim, maka mempelai juga harus mempersiapkan biaya KUA. Namun, biaya ini bisa kamu hapus dengan menikah langsung di kantor urusan agama (KUA) pada hari dan jam kerja. Namun, bagi kamu yang ingin menikah di luar jam kerja KUA dan dilaksanakan di rumah atau di masjid, kamu perlu mengeluarkan biaya kurang lebih Rp600 ribu.

Biaya ini sudah termasuk biaya penghulu dan administrasi lainnya. Namun, selain biaya ini biasanya pihak keluarga akan memberikan sejumlah uang seikhlasnya sebagai bentuk ucapan terima kasih.    

Biaya Cincin Kawin

Banyak pasangan pengantin yang sering galau dan bimbang ketika mencari cincin kawain. Mereka kesulitan menemukan cincin kawin yang sesuai keinginan. Nah, agar masalah ini tidak terjadi pada kamu dan pasangan, cobalah ajak pasanganmu untuk berdiskusi terlebih dulu, mulai dari budget, model, berat, bahan yang digunakan, hingga brand.

Harga untuk cincin kawin pun biasanya berbeda-beda, sesuai dengan model, berat emas, brand, dan sebagainya. Namun, untuk model simpel dengan bahan emas putih dan silver, kamu bisa mendapatkan mas kawin dengan harga mulai dari Rp6 juta.

Biaya Wedding Organizer

Bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk mengurus kebutuhan dan keperluan pernikahan, kamu bisa menggunakan jasa wedding organizer (WO). Biasanya, WO akan menawarkan jasa mulai dari konsep, gedung, dekorasi, hingga katering.

Namun, kemudahan ini tidak gratis, kamu perlu mempersiapkan biaya tambahan untuk menyewa jasa ini. Biasanya, jasa WO berkisar mulai dari Rp8 juta. 

Biaya Gedung

Saat ini menggelar pesta pernikahan di gedung sering menjadi pilihan calon pengantin. Selain simpel, biasanya gedung pernikahan sudah memiliki paket untuk catering dan dekorasi. Namun, mencari gedung pernikahan yang cocok berdasarkan lokasi, waktu, dan sesuai budget membutuhkan effort tersendiri. Idealnya, calon pengantin wajib booking venue atau gedung minimal 6 bulan hingga 1 tahun sebelum hari-H pernikahan.

Bagi kamu yang ingin menyewa gedung di area Jabodetabek sudah pasti tidak murah. Harga sewa tergantung dari lokasi, kapasitas gedung, dan waktu yang kamu inginkan, biasanya hanya beberapa jam saja. Harga sewa gedung paling murah biasanya sekitar Rp5 juta untuk aula Masjid dengan kapasitas 500 orang. Sedangkan, harga gedung kantoran dipatok mulai dari Rp30 juta dengan kapasitas hingga 1.000 orang. 

Biaya Katering

Katering menjadi hal paling penting yang harus kamu persiapkan dengan matang. Biaya katering ini juga tidak murah dan biasanya dihitung per tamu undangan. Semakin banyak menu yang kamu pesan, semakin besar juga biaya yang harus kamu keluarkan. Varian menu juga mempengaruhi harga katering, di mana menu lokal akan lebih murah dibanding menu internasional.

Untuk gambaran kamu, biasanya kamu perlu mempersiapkan biaya katering mulai dari Rp50 ribu per orang. Misalnya, kamu mengundang 1000 undangan, maka kamu harus mempersiapkan biaya Rp50 juta hanya untuk biaya katering.

Biaya Dekorasi

Bagi kamu yang memilih untuk menikah di gedung biasanya kamu sudah tidak perlu memikirkan untuk biaya dekorasi. Namun, bagi kamu yang ingin melangsungkan pernikahan di rumah, kamu tentu harus memikirkan dekorasi yang akan kamu gunakan. Biasanya, kamu membutuhkan budget dekorasi minimal Rp10 juta, dan biaya ini bisa lebih besar tergantung lokasi dan luas lokasi tersebut.

Biaya Undangan & Souvenirs

Meski sudah di era digital, undangan pernikahan versi cetak masih sering digunakan dan digemari, khususnya bagi tamu undangan yang sudah cukup umur atau generasi baby boomer.

Biasanya, biaya pembuatan dan pencetakan undangan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhanmu. Umumnya, biaya cetak undangan paling murah ada di kisaran Rp3.000. Sehingga ketika kamu ingin mengundang 1000 tamu undangan, maka kamu membutuhkan Rp3 Juta untuk pembuatan undangan. Nah, undangan versi cetak ini bisa kamu buat juga secara online dengan beragam desain dan kreativitas.

Sama halnya dengan souvenir, kamu bisa mencari inspirasi sekaligus vendor souvenir secara online. Untuk biayanya pun beragam sesuai dengan jenis souvenir yang kamu pilih. Misalnya kamu ingin memberi souvenir kipas, maka kamu perlu mengeluarkan budget Rp2.000 per kipas.

Biaya Rias & Baju Pengantin

Nah setiap pengantin pasti menginginkan tampilan yang luar biasa. Karena itulah calon pengantin membutuhkan jasa rias dan baju pengantin. Untuk biaya kebutuhan satu ini biasanya harganya beragam, semakin bagus model dan kualitas, maka semakin besar biaya yang harus kamu keluarkan.

Biasanya, jasa paket rias dan sewa baju pengantin mulai dari Rp8 juta. Namun, bagi kamu yang ingin membuat baju pengantin sendiri dan menggunakan jasa MUA (make-up artist) profesional, biaya yang kamu keluarkan akan jauh lebih tinggi. 

Biaya Dokumentasi

Momen pernikahan menjadi momen penting yang perlu didokumentasikan. Oleh karena itu, dokumentasi menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Di mana dokumentasi ini bisa meliputi foto dan video. Ada banyak paket yang bisa dipilih mulai dari paket lengkap prewedding hingga pernikahan atau hanya biaya foto saat prosesi pernikahan.

Paket standar untuk dokumentasi pernikahan ini biasanya berkisar mulai dari Rp8 juta. Namun, harga ini akan menjadi lebih besar ketika kamu menggunakan jasa foto dan video dengan konsep unik hingga lokasi berbeda-beda.

Itu adalah biaya standar yang perlu kamu persiapkan untuk melangsungkan pernikahan. Selain biaya-biaya di atas, ada juga biaya tambahan lain seperti biaya seragam untuk keluarga, biaya hiburan atau musik, kue pengantin, dan masih banyak lagi.

Untuk itulah kamu perlu mempersiapkan biaya pernikahan dengan matang agar tidak ada yang tertinggal. Nah, jika kamu butuh dana tambahan untuk memenuhi kebutuhan pernikahan yang terlewat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mencairkan gaji kamu di muka yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi biaya pernikahanmu.

Dengan KIni.id, kamu juga tidak perlu meminjam uang untuk menambah biaya pernikahan yang ujungnya bisa membawa kamu ke lubang masalah keuangan. Jadi, tunggu apalagi? Ketika kamu butuh dana darurat, pastikan kamu menggunakan KINI.id!