Pentingnya HR Analytic dalam Menentukan Strategi Perusahaan dengan Tepat

Setiap perusahaan tentu menginginkan adanya perkembangan dalam bisnisnya. Oleh karena itu, perusahaan juga perlu meningkatkan performa dari setiap departemen yang ada untuk memastikan bisnis dapat berkembang sesuai dengan tujuan perusahaan. Salah satu cara yang diperlukan perusahaan adalah dengan melakukan HR analytic. Lalu apa itu HR analytic dan kenapa perlu dilakukan?

Apa itu HR Analytics?

HR Analytics merupakan proses pengumpulan, analisis data statistik, dan pelaporan data manajemen sumber daya manusia. Dengan adanya analisis ini, perusahaan bisa lebih mudah mengetahui dan mengukur kinerja departemen HR serta membantu meningkatkan kinerja karyawan.

Selain itu, HR analytics juga bisa digunakan sebagai metrik untuk pengambilan keputusan perusahaan berdasarkan data yang berguna untuk kemajuan perusahaan.

Terdapat beberapa konteks dari HR Analytics yaitu analisis data terkait kinerja karyawan, pengembangan karir, kepuasan karyawan, absensi kehadiran, pengelolaan gaji, dan masih banyak lagi.

Manfaat HR Analytics

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan HR analytic seperti:

1. Mengurangi turnover karyawan

Dengan dilakukannya HR analytic, tim HR akan lebih mudah mengetahui pola analisis dari tingkat turnover karyawan yang tinggi. Dengan begitu, perusahaan bisa membuat keputusan berdasarkan data untuk memilih calon karyawan dan meminimalkan biaya turnover yang tinggi.

2. Membantu sistem perekrutan karyawan

HR analytic juga membantu HR untuk mendapatkan kandidat yang sesuai, berkualitas, dan mampu beradaptasi dengan perusahaan, sehingga proses rekrutmen karyawan menjadi lebih cepat dan hemat biaya.

3. Produktivitas kinerja karyawan

HR analytic juga membantu meningkatkan produktivitas kinerja karyawan di seluruh departemen perusahaan. Analisis HR ini bisa membantu perusahaan mengetahui beban kerja karyawan hingga performa karyawan agar optimal.

4. Rencana strategi perusahaan

Departemen HR juga dapat turut andil dalam membuat strategi perusahaan dengan melakukannya HR analytic. Di mana, HR bisa memberikan penjelasan analisis data dan laporan tim HR yang dapat menjadi rencana untuk diterapkan di tempat kerja.

Jenis HR Analytics

Setelah mengetahui manfaat dari HR analytic, tentu perusahaan juga perlu mengetahui apa saja sebenarnya jenis-jenis HR analytic yang dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dan menentukan strategi perusahaan yang akan digunakan kedepannya?

1. Laporan Operasional

Ini merupakan laporan HR analytic tingkat dasar yang dapat dipelajari perusahaan dari peristiwa maupun pengalaman periode lalu untuk menjadi pembelajaran saat ini. Misalnya, terdapat penambahan aspek pada modul pelatihan karyawan periode ini dibandingkan periode sebelumnya.

2. Laporan Lanjutan

Laporan lanjutan ini sering dibandingkan dengan laporan operasional untuk memeriksa hubungan variabel tertentu dengan tren baru perusahaan. Misalnya, perusahaan memberikan benefit Earned Wage Access untuk membandingkan produktivitas karyawan dan peningkatan kinerja mereka.

3. Analisis Strategis

Laporan ini bisa digunakan untuk mengatasi tantangan tertentu. Misalnya, ketika departemen SDM ingin mengukur apa saja pengaruh tingkat pergantian karyawan.

4. Analisis Prediktif

Analisis prediktif merupakan analisis pengembangan SDM dengan tingkat paling maju. Analisis ini dapat memberikan hasil yang bermanfaat, mengurangi biaya, dan hemat waktu untuk bagian personalia. Proses analisis ini dilakukan untuk mendapatkan sistem yang kuat untuk prediksi, penanganan, dan pengukuran data tren SDM. Misalnya, ketika perusahaan ingin mengukur tingkat turnover tertinggi ketika ekonomi sedang menurun.

5. Analisis Big Data

Analisis big data menggunakan teknik data mining dan analisis prediktif untuk mengidentifikasi tren dan pola dalam data HR yang besar dan kompleks. Misalnya, analisis strategi mengurangi turnover, profil karyawan, dan perilaku konsumen.

Itulah pentingnya melakukan HR analytic dalam perusahaan. Dengan adanya analisis yang tepat, maka perusahaan bisa mengambil keputusan dan membuat strategi dengan lebih tepat. 

Misalnya, ketika perusahaan ingin memberikan benefit karyawan. Dengan dilakukannya analisis ini, maka perusahaan bisa menyusun benefit karyawan dengan lebih tepat dan sesuai kebutuhan dan keinginan karyawan.

Salah satu benefit karyawan yang saat ini sedang tren adalah benefit Earned Wage Access. Perusahaan bisa memberikan benefit satu ini tanpa perlu memikirkan analisis mandalam. Hanya dengan mendaftarkan seluruh karyawan ke dalam aplikasi KINI.id, perusahaan sudah bisa memberikan benefit Earned Wage Access bagi seluruh karyawannya.