Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat di Musim Hujan

Musim hujan kembali datang. Cuaca yang basah dan lembap ketika musim hujan bisa membuat penyakit lebih mudah menular. Oleh karena itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit di musim hujan, seperti pilek, batuk, flu, dan demam. Bukan hanya bakteri dan virus saja yang mudah menyebar di musim ini, musim hujan pun bisa  memengaruhi metabolisme yang membuat tubuh rentan mengalami kembung dan gangguan pencernaan.

Oleh karena itu, memperkuat sistem imun menjadi salah satu kunci mencegah penyakit yang berhubungan dengan musim hujan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh di musim hujan.

Cukupi kebutuhan vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk memperkuat sistem imun dengan cara meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan pembentukan sel peningkat kekebalan dan meningkatkan respons imunologis seluler. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C di musim hujan dengan mengonsumsi buah jeruk, lemon, limau, paprika, brokoli, sayuran hijau lainnya, dan tombat. 

Tidur yang cukup

Tidur selama delapan jam dalam semalam juga dapat membuat tubuh menjadi rileks dan bugar untuk menjalani aktivitas di hari berikutnya. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah flu serta penyakit lainnya selama musim hujan. Untuk itu, pastikan untuk memenuhi waktu tidurmu setiap hari di musim hujan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit.

Minum air putih yang cukup

Minum air putih memang tidak selalu melindungi tubuh dari kuman dan virus, namun dapat mencegah tubuh dari  dehidrasi. Di mana, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan menghambat kinerja fisik, fokus, suasana hati, pencernaan, dan fungsi jantung serta ginjal. Komplikasi yang diakibatkannya dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.  Untuk mencegah dehidrasi inilaj kamu perlu memenuhi cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. 

Konsumsi makanan dengan lemak sehat

Lemak sehat seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun dan salmon juga dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap patogen dengan mengurangi peradangan. Mengonsumsi makanan seperti ikan berlemak dan alpukat juga membantu mengurangi peradangan kronis. Meskipun peradangan tingkat rendah adalah respons normal terhadap stres atau cedera, namun kondisi tersebut tetap dapat menekan sistem kekebalan tubuh. 

Mandi setelah kehujanan

Jika kamu kehujanan selama perjalanan dari luar rumah, sebaiknya segera mandi. Sebab air hujan yang membasahi tubuh dan pakaian bisa saja mengandung virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. 

Olahraga teratur

Meski musim hujan tidak alasan untuk tidak berolahraga, karena olahraga bukan hanya menjaga tubuh tetap bugar, namun juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan berolahraga, sirkulasi darah bisa meningkat dan membantu menstimulasi produksi serotonin dalam tubuh. 

Itulah beberapa tips menjaga daya tahan tubuh di musim hujan. Agar tubuh tetap fit dan prima, kamu juga bisa melengkapinya dengan multivitamin dan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Dengan begitu, penyakit pun akan takut untuk masuk ke tubuhmu.

Jika kamu tidak memiliki anggaran untuk membeli multivitamin, kamu bisa memanfaatkan terlebih dulu aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gajimu lebih cepat dan fleksibel, sehingga bisa kamu gunakan untuk membelu multivitamin tanpa perlu menunggu gajian.