4 Cara yang Bisa Dilakukan Perusahaan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Kesejahteraan keuangan adalah impian dari setiap orang demi bisa membiayai kebutuhan hidup saat ini dan masa depan. Dalam prakteknya, kesejahteraan finansial tidak mudah diwujudkan. Di sinilah peran perusahaan sebagai pemberi kerja bisa turut andil dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Menurut survei PriceWaterCoopers (PwC) di tahun 2021 63% karyawan mengatakan bahwa tekanan/stres karena keuangan meningkat sejak awal pandemi. Di mana, hal ini terjadi karena besaran upah yang stagnan selama bertahun-tahun dan kenaikan upah tahunan yang lebih kecil dari kenaikan inflasi. Sementara mereka perlu memenuhi kebutuhan hidup harian dengan mengandalkan upah bulanan yang didapat.

Oleh karena itu, kesejahteraan karyawan tidak dapat diabaikan karena akan memengaruhi kinerja mereka dalam bekerja. Sebagai pemberi kerja, perusahaan dapat membuat dampak positif dengan menyediakan alat dan wadah bagi karyawan untuk membantu mereka membangun kebiasaan finansial yang baik. Nah, di bawah ini adalah beberapa yang bisa diberikan perusahaan demi kesejahteraan karyawan dari segi keuangan atau finansial.

Buat survei mengenai kondisi finansial karyawan dan lihat pengaruhnya terhadap produktivitas, tingkat retensi, dan kesehatan mereka

Hal pertama yang bisa dilakukan perusahaan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan karyawan adalah dengan melakukan pertimbangan mengenai apa saja yang menjadi nilai atau faktor penting di perusahaan, misalnya produktivitas, tingkat retensi, atau kesehatan karyawan. 

Masalah keuangan karyawan bisa menjadi penghambat mereka dalam bekerja. Tidak hanya itu, mereka pun akan lebih tertarik pada perusahaan lain yang lebih peduli pada kesejahteraan finansial karyawan.

Oleh karena itu, sebelum membuat program yang tepat untuk diterapkan di perusahaan, kamu perlu membuat survei kecil untuk mendapat gambaran apa saja yang sebenarnya menjadi permasalahan utama karyawan dalam mengelola keuangan.

Setelah program perusahaan diterapkan, maka perusahan bisa mengurangi beban karyawan sehingga selain taraf hidup mereka yang meningkat, mereka pun bisa bekerja dengan perasaan yang lebih bahagia. Sehingga nantinya akan memengaruhi kinerja positif mereka di perusahaan.

Pahami dampak menyeluruh dari rencana kontigensi yang dilakukan

Rencana kontijensi adalah rencana yang didasarkan pada keadaan kontijensi atau yang belum tentu atau masih diperkirakan akan segera terjadi, namun bisa juga tidak terjadi. Nah, sebelum membuat rencana ini, ada baiknya perusahaan juga mempertimbangkan dampak dari rencana kontingensi tersebut ke karyawan.

Akan semakin baik jika perusahaan dapat menyediakan fasilitas untuk mengurangi beban finansial karyawan, salah satunya adalah dengan memberikan benefit yang dapat dipersonalisasikan sesuai kebutuhan karyawan. Perusahaan juga perlu mempertimbangkan bentuk insentif atau kompensasi lainnya yang dapat jadi solusi untuk berbagai spektrum kebutuhan karyawan.

Beri edukasi tentang membangun finansial yang baik

Kesehatan finansial sangatlah penting, terutama bagi karyawan. Menurut Teori Keynes terdapat tiga motivasi seseorang memiliki uang; yaitu motif transaksi, berjaga-jaga, dan mendapatkan keuntungan.

Jika sebelumnya motif berjaga-jaga seringkali dikesampingkan oleh karyawan, namun sejak pandemi banyak karyawan yang mulai peduli dengan dana darurat untuk dana yang akan digunakan untuk keperluan mendesak.

Meski secara mandiri mereka mulai bisa mengatur keuangannya, ini saja tidak cukup. Karyawan juga butuh sumber tepercaya yang bisa menjadi panduan mereka dalam mengatur keuangan, baik untuk mereka yang dapat menabung lebih banyak maupun mereka yang memiliki masalah finansial serius. Jangan sampai karyawan malah terjerumus ke masalah keuangan yang tidak jelas karena informasi yang masih abu-abu bahkan menjerumuskan.

Untuk itu, perusahaan bisa menarik perhatian karyawan dengan memberikan mereka berbagai panduan dalam mengelola keuangan. Misalnya dengan memberikan training keuangan bagi seluruh karyawan dengan mendatangi financial planner. Berikan juga sesi konsultasi singkat bagi seluruh karyawan. Sehingga, mereka bisa mengatur dan memproteksi diri mereka di kondisi masa depan yang tidak menentu.

Buat program benefit yang dapat menyesuaikan kondisi karyawan

Ketika perusahaan sudah mendapat gambaran mengenai kondisi karyawan secara keseluruhan, maka perusahaan bisa mulai merancang dan menerapkan kebijakan benefit karyawan yang sesuai kebutuhan karyawan.

Pada akhirnya, akan selalu ada karyawan yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan dasar sembari mengelola keuangannya. Oleh karena itu perusahaan bisa coba memberikan benefit pembayaran gaji instan atau pembayaran gaji fleksibel. Di mana, dengan gaji instan inilah perusahaan bisa dengan mudah membantu karyawan ketika mengalami masalah keuangan tanpa harus mengubah anggaran atau merusak arus kas perusahaan.

Untuk itu, perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan KINI.id, perusahaan tidak perlu repot menyiapkan anggaran perusahaan, karena seluruh gaji instan yang diambil karyawan sebelum tanggal gajian, baru akan ditagihkan ke perusahaan setelah KINI.id memberikan laporan keuangan yang berisi total gaji yang diambil masing-masing karyawan.

Tugas perusahaan hanyalah membayarkan tagihan tersebut di tanggal gajian atau sesuai kesepakatan, dan memotong gaji karyawan sesuai dengan jumlah gaji yang telah mereka ambil sebelum tanggal gajian.