6 Keluhan Karyawan yang Perlu Diatasi dengan Cepat & Tepat

Ketika bekerja di sebuah perusahaan, pasti ada saja keluhan karyawan. Hal ini tentu wajar ditemukan dan perlu diatasi dengan segera agar tidak menurunkan performa dari karyawan itu sendiri.  Keluhan karyawan sendiri beragam isunya, mulai dari isu masalah pribadi, friksi dengan karyawan lain, ketidaknyamanan lingkungan kerja, hingga proses administrasi yang berbelit.

Oleh karena itu, di bawah ini kita akan membahas mengenai apa saja keluhan karyawan dan bagaimana cara mengatasinya dengan tepat? 

Perbedaan pendapat karyawan

Banyaknya karyawan di dalam perusahaan pasti akan ada sebuah perbedaan. Apalagi jika dalam suatu perusahaan ada banyak generasi yang berbeda, suku yang berbeda, dan masih banyak perbedaan lainnya. Tidak heran jika terjadi potensi perbedaan pendapat antar karyawan.

Masalah sepele seperti salah paham bisa saja terjadi akibat perbedaan ini. Jika manajemen atau perusahaan mendapatkan keluhan atau cerita seperti ini, ada baiknya untuk segera ditelusuri dan membantu penyelesaiannya. Upayakan karyawan memiliki sifat profesional yang dapat memilah urusan pribadi dan urusan kantor.

Target kerja dan micromanaging

Kedua keluhan ini biasanya saling terikat. Biasanya perusahaan yang masih kecil dengan jumlah karyawan yang masih kecil sering mendapat keluhan ini. Hal ini terjadi ketika manajemen atau atasan ingin memastikan target yang ditentukan, sehingga selalu melakukan micromanaging sebagai cara memastikan target tersebut terselesaikan.

Sayangnya, cara ini justru sering menimbulkan tekanan pada karyawan sehingga tidak dapat fokus dan bekerja optimal. Solusinya adalah dengan mengevaluasi program micromanaging untuk setiap pihak agar didapatkan solusi dan metode micromanaging yang efektif.

Keahlian dan jabatan

Ketika karyawan yang memiliki skill tertentu ditempatkan di posisi yang tepat, maka performa karyawan tersebut akan sangat memuaskan. Sebaliknya, ketika terjadi ketidakcocokan antara keahlian dan jabatan yang diberikan, karyawan akan merasa tertekan dan tidak dapat memanfaatkan kemampuan yang dimilikinya.

Oleh karena itu, ketika perusahaan mendapatkan keluhan ini, pastikan untuk segera mengambil langkah cepat untuk mengevaluasi kesesuaian keduanya. Jangan sampai terlambat dan justru membuat karyawan tersebut pergi.

Keseimbangan jam kerja

Memiliki waktu yang seimbang antara bekerja dan mengurus kehidupan pribadi merupakan hak karyawan. Dengan jam kerja yang seimbang, karyawan dapat menyelaraskan urusan pribadi dengan pekerjaan.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengelola shift kerja dengan baik, serta benar-benar menghitung lembur yang dilakukan. Selain untuk menghindari hukum yang berlaku, ini  juga bentuk perusahaan dalam melakukan maintenance pada sumber daya yang dimiliki, yaitu karyawan itu sendiri.

Pelecehan atau diskriminasi

Isu ini menjadi isu berat yang harus ditangani dengan serius dan sesegera mungkin. Ketika perusahaan mendapat kabar bahwa terdapat pelecehan atau diskriminasi di dalam perusahaan, maka tindakan tegas harus segera diambil. Dalam lingkungan profesional, tentu dua hal ini tidak dapat ditoleransi, mengingat setiap acuan ukuran dilihat dari performa dan kinerja setiap karyawan.

Selain itu, isu ini sendiri dapat diangkat ke jalur hukum, karena merupakan masalah yang tidak main-main. Selektif dalam merekrut anggota serta ciptakan lingkungan kerja yang nyaman bisa jadi pencegahan efektif.

Benefit dan apresiasi

Urusan gaji dan benefit lainnya juga sering menjadi keluhan karyawan yang sangat banyak muncul. Biasanya, keluhan ini sering dialami ketika karyawan melakukan pekerjaan yang banyak, namun tidak adanya apresiasi atau benefit dari perusahaan.

Padahal, benefit dan apresiasi bisa menjadi salah satu strategi perusahaan untuk mengurangi risiko keluhan sekaligus meningkatkan loyalitas karyawan itu sendiri. Ada banyak benefit yang bisa diberikan perusahaan, misalnya benefit makan siang, benefit cuti tambahan, hingga benefit gaji fleksibel.

Untuk memberikan benefit gaji fleksibel, perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, karyawan bisa dengan mudah mengakses gajinya kapan dan di mana saja tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Dengan begitu, karyawan pun bisa memanfaatkan gaji bulan berikutnya ketika terjadi sesuatu yang mendesak dan perlu dibayar dengan segera.

Jadi tunggu apalagi? Atasi seluruh keluhan karyawan dan berikan benefit fleksibilitas dalam mengakses gaji karyawan dengan aplikasi KINI.id sekarang juga!