7 Self Reward yang Bantu Kembalikan Motivasi & Semangat Kerja

Ketika berhasil menyelesaikan sesuatu, baik itu hal yang sederhana maupun tujuan besar, ada beberapa orang yang melakukan berbagai cara untuk memberikan reward bagi dirinya sendiri. Istilah ini sering disebut self reward atau bentuk penghargaan kepada, oleh, dan untuk diri sendiri setelah berhasil meraih sesuatu atau sekadar memuaskan diri sendiri. Umumnya self reward dilakukan dengan memberi imbalan atau hadiah kepada diri sendiri.

Ada banyak manfaat memberlakukan self reward, mulai dari meningkatkan semangat dan mengembalikan motivasi yang kembali terbangu daripada masa-masa sebelumnya. Lalu bagaimana cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan self reward?

Mendalami Hobi

Bentuk self reward yang paling mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menekuni hobi. Setelah melalui penat dan berbagai kesulitan selama bekerja, kamu pantas melakukan berbagai hal yang sebelumnya selama ini kamu kesampingkan. Selain itu, melakukan hobi akan membawa lebih banyak lagi kebahagiaan dan kepuasan diri untuk seseorang sekaligus membantu mengembalikan motivasi kamu dalam bekerja.

Mengonsumsi Makanan Enak 

Biasanya orang akan memilih untuk memberikan self reward setelah mendapatkan gaji. Kebanyakan orang akan melakukan self reward dengan mengonsumsi makanan yang kamu sukai atau yang kamu favoritkan sejak lama. Untuk self reward, jangan ragu untuk memilih. Asalkan jangan lupa satu hal, kamu tidak boleh memaksakan diri dan juga harus mempertimbangka kondisi keuangan pribadi. 

Quality Time dengan Orang Terkasih

Quality time merupakan waktu yang dihabiskan dengan tujuan memberikan perhatian penuh kepada orang tersayang, misalnya keluarga, sahabat, pasangan. Cara untuk melakukan quality time sangat beragam dan banyak jenisnya. Misalnya dengan berkebun, olahraga, travelling, memasak, sampai dengan hanya sekadar duduk bersama menonton televisi di rumah bersama mereka. Perlu diperhatikan bahwa inti utama dari quality time bukanlah tentang jumlah waktu yang dihabiskan bersama, tetapi sebaik apa kualitas dari interaksi dengan orang-orang tersebut.

Staycation 

Staycation menjadi salah satu jenis liburan singkat yang umum dan menjadi tren di masa kini. Di mana seseorang dapat berlibur ke tempat-tempat yang jaraknya masih terjangkau dan tidak terlalu jauh. Tempat-tempat tersebut biasanya berupa hotel, villa, dan tempat-tempat penginapan yang berada di sekitaran pantai, pegunungan atau tempat rekreasi lainnya.

Staycation bisa dianggap self reward karena termasuk dalam jenis liburan yang hemat, mudah, lepas penat dan stres, tetapi tetap menyenangkan. Pilihan yang bagus untuk kamu yang telah berjuang keras sebelumnya.

Streaming atau Menonton Film 

Tidak melulu harus mengeluarkan uang, kamu juga bisa memberikan waktu untuk dirimu hanya sekedar untuk menonton film. Kini penyedia jasa layanan streaming film yang legal sudah sangat banyak dan jenis tontonan yang tersedia pun semakin banyak. Dengan menonton film dan menghabiskan waktu menyimak tontonan tersebut saja sudah dapat melepaskan stress dan menjadi kepuasan tersendiri.

Pergi ke Salon

Pergi ke salon tidak hanya sekadar aktivitas cuma-cuma, karena di sana kamu bisa mendapatkan perawatan terbaik untuk berbagai poin di dirimu, di antaranya bagian rambut dan wajah. Di salon kamu hanya perlu duduk diam dan membicarakan keinginanmu, maka para pekerja di sana akan membantu mewujudkan yang diinginkan. Tentu akan menjadi hal yang menyenangkan dan memuaskan pergi ke salon sebagai self reward untuk diri sendiri.

Berjalan-jalan dengan Hewan Peliharaan

Jika kamu memiliki hewan peliharaan di rumah, kamu juga bisa mengajak hewan peliharaan sebagai self reward. Berjalan dengan hewan peliharaan dipercaya bisa membawa kebahagiaan untuk hewan tersebut. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya salah ataupun benar, karena mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan akan memberikan manfaat psikologis untuk si pemiliknya.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan dapat menularkan rasa bahagia, baik secara fisik dan mental untuk kamu selaku pemiliknya. Datangnya kebahagiaan itu disinyalir berasal dari keyakinan para pemilik bahwa hewan peliharaan menikmati dan menyukai aktivitas berjalan-jalan tersebut.

Itulah beberapa rekomendasi self reward yang bisa kamu lakukan. Perlu diperhatikan juga untuk mempertimbangkan beberapa hal seperti kesehatan, kondisi keuangan, lingkungan sosial, dan sebagainya.

Jika kamu butuh self reward yang membutuhkan dana sebelum tanggal gajian, hindari juga untuk berutang dan manfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji fleksibel dan instan sehingga dapat kamu gunakan untuk melakukan self reward sebelum tanggal gajian. Namun pastikan kamu menggunakannya dengan bijak ya!