Punya Rencana Liburan? Ini 6 Tips Hemat Biaya Makan yang Bisa Dilakukan

Tidak sempat berlibur di akhir tahun kemarin karena budget yang mepet? Salah satu biaya liburan yang paling tinggi dan mengeluarkan budget besar adalah biaya makan. Apalagi jika kamu berlibur ke luar negeri. Nah, agar kamu tetap bisa berlibur dan menikmati kuliner ketika berlibur di luar negeri atau luar kota, berikut beberapa tips hemat biaya makan yang bisa kamu terapkan. Dengan tips ini, kamu tidak perlu mengorbankan pengalaman yang berkesan ketika liburan. Jadi, pastikan kamu menerapkannya ya! Apa saja tipsnya? Yuk simak di bawah ini.

Cari akomodasi dengan fasilitas dapur

Cara pertama yang bisa kamu terapkan untuk hemat biaya makan adalah dengan memilih penginapan yang menyediakan fasilitas dapur. Hal ini penting terutama jika kamu berencana liburan untuk waktu yang cukup lama.

Pasti ada beberapa penginapan yang dilengkapi dengan dapur serta perlengkapan masak. Sehingga, kamu bisa menghemat uang dengan masak sendiri dibanding beli makan di restoran.

Trik ini sangat cocok, terutama jika kamu liburan bersama keluarga atau teman-teman. Selain bisa menghemat uang makan, pengalaman grocery shopping dan memasak di negara atau daerah baru akan jadi keseruan tersendiri. Ini juga bisa menjadi cara unik untuk mengeksplor kultur masyarakat setempat.

Hindari beli makan di bandara

Bagi kamu yang sering bepergian pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan harga tinggi ketika kamu makan di bandara? Biasanya, biaya makan di bandara akan lebih mahal jika dibandingkan dengan makan di restoran yang sama tapi berlokasi di tempat lain.

Jadi, jika kamu ingin berhemat, pastikan kamu bisa menahan diri  untuk tidak beli makan di bandara. Cara menyiasatinya adalah dengan makan dulu sebelum penerbangan pertama lalu bawa snack yang mengenyangkan di tasmu. Sambil menunggu boarding, kamu bisa mengganjal perut dengan snack tersebut.

Hindari area turis

Tips selanjutnya adalah hindari membeli makanan di area yang digemari banyak turis. Beberapa daerah destinasi wisata terkenal seperti Bali atau Bangkok biasanya memiliki area restoran yang terkenal di kalangan turis. Biasanya, harga makanan di tempat tersebut memiliki harga yang mahal jika dibandingkan dengan harga kedai kecil lainnya. Jenis makanan yang disajikan biasanya berupa makanan khas negara tersebut dengan versi yang lebih premium.

Tanya warga lokal

Kamu juga bisa menanyakan langsung pada warga lokal tentang makanan enak dan terjangkau di sekitar lokasi kamu berlibur. Meski akan ada hambatan akibat keterbatasan bahasa, namun biasanya warga lokal akan dengan senang hati membantumu selama mereka bisa.

Kamu bisa coba tanya langsung kepada mereka mengenai rekomendasi restoran yang menawarkan harga murah dengan kualitas makanan bintang lima. Rekomendasi mereka patut dipertimbangkan, mengingat mereka yang kemungkinan besar sudah mencoba makanan dari berbagai brand berbeda di lokasi tersebut.

Cari informasi lengkap sebelum pergi ke restoran

Kamu juga bisa coba mencari informasi lengkap restoran terlebih dahulu sebelum berangkat ke lokasi tersebut. Salah satu faktor yang terkadang membuat budget makan membengkak adalah karena kamu tidak mengantisipasi harga makanan yang ternyata cukup mahal. Jadi, sebaiknya kamu cari review lengkap beserta informasi harga menu makanannya agar bisa menyiapkan budget yang sesuai.

Makan street food

Bagi kamu yang ingin hemat sambil bertualang di negara atau kota orang, kamu bisa coba mencoba street food. Namun, kamu juga harus berhati-hati dengan kebersihan dan pengolahannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Coba perhatikan mana penjual yang selalu ramai dikelilingi pembeli. Besar kemungkinan kedai itulah yang menyediakan makanan terbaik. Selain itu, usahakan untuk tidak mencari makanan daerah asalmu karena harganya pasti akan lebih mahal jika kamu sedang berada di luar negeri. Pastikan kamu mencoba makanan street food khas negara atau kota tersebut sehingga pengalaman berlibur lebih mengesankan.

Itulah beberapa tips hemat biaya makan ketika berlibur. Pastikan sebelum berlibur kamu telah menyiapkan budget dan anggaran yang pas ya! Namun, menjalankan tips di atas tidak semudah itu, ada kalanya kita kalap dan impulsif ketika jajan, apalagi jika sudah menemukan street food yang kamu sukai.

Jika hal ini terjadi jangan terburu-buru mengambil tabungan atau berutang ya! Kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id dan mencairkan gaji secara instan tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Sehingga, keuanganmu tidak akan terganggu dan kamu hanya perlu sedikit berhemat untuk membayar gaji yang sudah kamu gunakan di bulan ini.