Siapa yang tidak kenal paylater? Saat ini banyak orang yang mulai memanfaatkan paylater sebagai metode pembayaran utama di berbagai marketplace. Meski sangat membantu, fitur ini tentu bisa merugikan terutama bagi kamu yang tidak bisa mengontrol keuangan dengan baik. Nah, agar kamu tidak terjebak ke dalam layanan paylater, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bebas pinjaman paylater. 

Berikan batasan nilai kredit

Agar terbebas dari pinjaman paylater, cobalah mulai dengan memberikan batasan nilai kredit. Umumnya, layanan paylater telah memberikan fitur untuk membatasi atau mengatur limit kredit. Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membatasi pengeluaran bulanan.

Fitur pembatasan ini bisa digunakan untuk memastikan bahwa nilai pinjaman tidak melebihi batas kemampuan kamu dalam membayar. Jika, kamu tidak sanggup membayar tagihan tepat waktu, layanan paylater akan mengenakan denda bagi kamu.

Baca Juga: Cara Bijak Menggunakan Layanan Paylater

Perhatikan suku bunga

Ketika kamu ingin bebas pinjaman paylater, cobalah cek kembali suku bunga yang dikenakan oleh mereka. Biasanya, setiap pinjaman paylater akan ada biaya bunga yang harus kamu bayarkan. Pastikan tingkat bunga atau biaya layanan paylater masih sesuai kemampuan kamu untuk membayar.

Jika beban suku bunga sudah tidak sesuai dengan produk yang dibeli, kamu bisa memutuskan untuk tidak menggunakan layanan tersebut. Jangan sampai tergiur dengan biaya cicil bulanan yang kecil namun tetap memakan suku bunga yang tinggi. Kamu harus hitung baik-baik sebelum menggunakannya ya!

Pahami kontrak perjanjian

Sebelum menggunakan layanan paylater, ada baiknya kamu juga memahami kontrak perjanjian serta penggunaan layanan tersebut. Umumnya, layanan paylater beroperasi dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sehingga, kamu perlu memahami keseluruhan penggunaannya agar tidak menyesal di kemudian hari. Pastikan juga layanan paylater yang kamu gunakan sudah terdaftar dan diawasi OJK. Dengan memahami kontrak perjanjian, kamu bisa lebih mudah mengetahui keseluruhan cara penggunaan paylater sekaligus syarat dan ketentuan didalamnya.

Baca Juga: Bahaya Menggunakan Paylater, Pastikan Kamu Menghindarinya

Pahami denda keterlambatan

Ada banyak faktor yang mengakibatkan keterlambatan pembayaran, mulai dari lupa dengan tanggal jatuh tempo, tidak bisa membayar karena pengeluaran yang besar, dan sebagainya. Jadi, untuk menghindari risiko telat pembayaran, pastikan kamu mengetahui sistem denda keterlambatan pembayaran yang tersedia. Dengan begitu, kamu tidak akan kaget ketika suatu saat nanti kamu mengalami telat pembayaran.

Dengan memahami sistem denda pembayaran, kamu juga bisa mempertimbangkan sebelum menggunakan layanan paylater. Jika dirasa tidak sesuai dengan kemampuan, kamu bisa memanfaatkan jasa lainnya. Misalnya dengan memanfaatkan benefit EWA (Earned Wage Access) lewat aplikasi KINI.id.

Dengan benefit EWA dari KINI.id, kamu bisa mengakses gaji kapan saja sebelum tanggal gajian. Sehingga bisa kamu gunakan sebagai solusi pembayaran di tengah bulan. Kamu juga bisa mengatur berapa jumlah gaji yang kamu cairkan sebelum tanggal gajian. Namun, perlu diperhatikan bahwa gaji yang dapat diambil adalah maksimal sesuai dengan hari kerja yang sudah kamu selesaikan.

Jadi tunggu apalagi? Mulai manfaatkan KINI.id untuk bebas pinjaman paylater mulai hari ini.