3 Pengeluaran yang Wajib Masuk ke Dalam Anggaran untuk Imlek

Hari Raya Imlek 2022 akan segera datang. Momen ini identik dengan pemberian angpao dan juga baju warna merah. Oleh karena itu, penting bagi kamu mulai memikirkan anggaran untuk imlek. Meski begitu, d i masa pandemi ini perayaan imlek sama dengan perayaan lainnya seperti Idulfitri atau natal. Di mana, perayaan di masa pandemi menjadi semakin intim karena hanya berkumpul dengan keluarga besar. 

Meski dirayakan secara intim, tentu ada beberapa hal yang juga dibutuhkan untuk perayaan imlek di rumah. Nah, di bawah ini adalah beberapa anggaran untuk imlek yang perlu kamu persiapkan.

1. Makanan

Ketika Hari Raya Imlek tiba, banyak makanan khas yang bisa kamu temui saat itu juga. Di mana, makanan ini menjadi tradisi turun temurun yang wajib ada ketika imlek tiba. Misalnya saja, kue keranjang, kue mangkok, permen, dodol, dan sebagainya.

Biasanya, anggaran untuk memenuhi tradisi inilah yang membuat dompet tipis. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu mulai memikirkan anggaran untuk makanan imlek satu ini. Agar kamu tidak kaget ketika mengeluarkannya nanti.

Solusi:

Karena perayaan Imlek di masa pandemi ini bisa lebih simpel dan dirayakan secara intim hanya dengan keluarga besar, maka kamu bisa coba membeli makanan tradisi Imlek dalam porsi yang lebih sedikit.

Kamu bisa memesan makanan secara pre-order, sehingga dari jauh hari bisa dipersiapkan dan menekan budget. Namun, bagi kamu yang ingin menekan budget lebih banyak, kamu bisa memasak sendiri di rumah. 

2. Baju Baru

Bukan hanya Hari Raya Idulfitri saja orang-orang membeli baju baru, Hari Raya Imlek juga identik dengan sesuatu yang baru. Biasanya banyak orang china yang merayakan Hari Raya Imlek akan membeli baju warna merah atau gold, di mana warna ini dianggap sebagai warna yang membawa keberuntungan. Namun, jika kamu tidak memiliki cukup dana, kamu masih bisa menggunakan baju lama atau menjahit ulang baju lama yang masih bagus. 

3. Tradisi Angpao

Tradisi imlek yang paling ditunggu dan menjadi tradisi turun temurun adalah memberi angpao. Di mana, tradisi ini dipercaya bisa memberikan keberuntungan atau berkat bagi yang menerima, dan semakin banyak memberi, pemberi pun akan semakin mendapat berkat.

Nah, bagi kamu yang menerima angpao mungkin ini bisa menjadi berkah, di mana kamu bisa menyisihkan hasil angpao ke dalam tabunganmu. Namun, bagaimana jika kamu masuk kategori pemberi? Tentu kamu perlu memerhitungkannya dengan baik agar kamu tidak terjebak ke dalam masalah keuangan bahkan sampai berutang hanya karena memberikan angpao.

Solusi:

Agar pengeluaranmu tidak membengkak, kamu bisa coba melakukan tradisi ini hanya di lingkup keluarga internal seperti adik atau kakak, sepupu, dan keponakan.

Nah, itulah beberapa pengeluaran yang perlu kamu masukkan ke dalam anggaran untuk imlek. Agar kamu tidak terjebak ke dalam banyaknya pengeluaran imlek, kamu memerlukan anggaran keuangan dengan baik. Kamu perlu mendaftarkan berbagai keperluan yang harus dibeli, misalnya untuk makanan, bingkisan, pernak-pernik dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang belum sempat membuat anggaran untuk imlek, kamu bisa coba memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan Kini.id, kamu tidak perlu mengeluarkan dana darurat atau tabungan hanya untuk memenuhi kebutuhan imlek. Karena, dengan KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji di awal, sehingga cash flowmu akan tetap terbantu dan dalam kondisi sehat.