5 Tips Merawat AC yang Tepat Agar AC Lebih Awet & Tahan Lama

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang dikenal memiliki suhu yang hangat dan lembab. Belum lagi jika musim panas tiba, suhu di Indonesia bisa mencapai hampir 37 derajat celcius. Oleh karena itu, banyak orang Indonesia yang bergantungan dengan adanya penyejuk udara seperti AC atau kipas. Namun, karena termasuk barang elektronik yang tidak murah, AC perlu dijaga dan dirawat dengan baik agar awet dan tahan lama. Jika tidak dirawat, maka AC akan cepat dan rusak dan kamu perlu mengeluarkan dana darurat untuk biaya perbaikan ataupun mengganti AC tersebut. Lalu bagaimana cara merawat AC yang tepat?

Sesuaikan besar PK AC dengan luas ruangan

Sebelum membeli AC, ada baiknya kamu mengecek terlebih dulu besaran PK pada AC yang ingin kamu beli. Jangan sampai besaran PK AC tidak cocok dengan luas ruangan yang akan ditempatinya. Pasalnya, besaran PK akan memengaruhi kinerja AC.

Umumnya, AC dengan PK rendah digunakan pada ruangan yang sempit atau tidak terlalu luas seperti kamar tidur. Jika menggunakan AC dengan PK rendah pada ruangan besar, ruangan tersebut tidak akan sejuk dan akan memaksa kinerja AC sehingga cepat rusak. Selain itu, penggunaan AC dengan PK besar pada ruangan kecil justru akan membuat listrik menjadi boros.

Jangan langsung menyalakan AC di suhu rendah

Ketika udara di luar sedang panas-panasnya, memang paling enak masuk kamar dan menyalakan AC dengan suhu terendah. Namun, ternyata kebiasaan ini bisa merusak komponen di dalam AC karena langsung dipaksa bekerja secara berlebih.

Sebaiknya, nyalakan AC pada suhu standar, misalnya 25 derajat. Kemudian, biarkan AC mendinginkan ruangan dengan perlahan sehingga tidak bekerja terlalu keras. Jika dirasa kurang dingin, turunkan suhu secara perlahan-lahan, misalnya 1 atau 2 derajat lebih rendah setiap kali diturunkan.

Bersihkan filter secara rutin

AC juga menggunakan filter atau saringan di bagian dalamnya untuk menyaring debu dan partikel halus yang ada di udara. Hal inilah yang membuat ruangan dengan AC bisa lebih bersih dibanding ruangan yang tanpa AC.

Nah, agar kinerja AC dapat lebih optimal, jangan biarkan debu dalam filter ini menumpuk dan menyebabkan ruangan menjadi tidak dingin. Jika ruangan tidak dingin, AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan sehingga bisa merusak komponen yang ada didalamnya.

Servis secara berkala

AC merupakan barang elektronik yang memiliki komponen cukup rumit. Sehingga, kamu perlu memanggil ahlinya untuk mengecek dan memperbaiki kondisi AC secara rutin, misalnya mencuci AC atau mengganti freon. Melakukan servis secara berkala dapat membantu menjaga kondisi AC tetap prima dan terhindar dari masalah-masalah tertentu yang dapat menghambat kinerja AC tersebut.

Matikan AC jika tidak diperlukan

Agar AC kamu awet dalam jangka panjang, cobalah untuk mematikan AC saat sedang tidak digunakan. Sehingga, komponen dalam AC bisa beristirahat untuk sementara, sehingga kinerjanya dapat terjaga.

Selain itu, mematikan AC saat tidak diperlukan juga membantu menghemat konsumsi listrik. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan biaya listrik yang membengkak.

Nah, itu dia beberapa tips merawat AC yang bisa kamu terapkan di rumah agar AC kamu lebih awet dan bisa menghemat listrik. Jika kamu tidak merawat AC dengan tepat, bisa saja AC mu cepat rusak sehingga nantinya akan membutuhkan biaya untuk perbaikan atau pembelian AC baru. Seperti yang kita tahu, biaya perbaikan AC tidaklah murah dan bisa menguras dompet. Hal ini tentu akan memperburuk keuangan kamu, apalagi jika AC rusak di tengah bulan.

Oleh karena itu, untuk membantu kamu mengatasi masalah keuangan darurat tersebut, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mendapatkan akses pembayaran gaji lebih fleksibel. Di mana, kamu bisa mencairkan gaji kapan pun dan di mana pun tanpa menunggu tanggal gajian, sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!