Tips Keuangan yang Bisa Kamu Terapkan Ketika Memutuskan Kuliah Sambil Kerja

Kebanyakan orang akan kuliah dulu sebelum terjun ke dunia kerja. Namun, tidak menutup kemungkinan juga ada beberapa orang yang memutuskan untuk kuliah sambil kerja. Umumnya, hal ini dilakukan karena alasan finansial, ada juga faktor lain seperti mulai banyaknya kampus yang memfasilitasi kebutuhan tersebut.

Ketika memilih untuk kuliah sambil kerja, tentu ada banyak kesulitan yang akan kamu hadapi, mulai dari mengatur jadwal hingga keuangan. Namun, kamu tidak perlu khawatir, di bawah ini adalah beberapa tips mengatur keuangan yang bisa diterapkan ketika kamu memutuskan berkuliah sambil bekerja.

Buat perencanaan

Hal pertama yang perlu dijadikan catatan adalah selalu buat perencanaan atau anggaran. Pastikan anggaran biaya kuliah masuk dalam perencanaan tersebut. Artinya, kamu harus mulai merancang biaya hidup sehari-hari selama satu bulan ditambah biaya kuliah.

Dengan perencanaan yang detail, kamu bisa mengalokasikan gaji dari pekerjaan dengan bijaksana. Tentunya kamu tetap bisa berkuliah tanpa khawatir kekurangan biaya.

Selain itu, jangan lupa juga mengalokasikan anggaran untuk uang atau dana darurat. Dana ini nantinya bisa digunakan ketika ada kebutuhan kuliah yang mendesak dan tiba-tiba.

Hindari sifat konsumtif

Untuk bisa mengelola keuangan ketika kuliah sambil kerja, kamu juga harus membiasakan diri untuk berhemat dan tidak konsumtif. Sifat konsumtif perlu dihindari agar kamu bisa menyisihkan uang dengan lebih bijaksana lagi. 

Tidak perlu sampai menyiksa diri dengan tidak mengeluarkan uang bahkan untuk makan. Namun, kamu hanya perlu mengurangi pengeluaran tidak penting yang selama ini masih jadi kebiasaan. Misalnya membeli barang yang tidak dibutuhkan, sering makan di restoran mahal, hingga terlalu sering nongkrong tanpa tujuan yang jelas. 

Biasakan menabung

Untuk mengelola keuangan dengan baik ketika kuliah sambil kerja, kamu tentu juga harus membiasakan diri dengan menabung. Sisihkan sedikit uangmu untuk ditabung sehingga uang tersebut bisa digunakan ketika momen-momen yang tidak terduga. Caranya mudah, kamu bisa membuka rekening atau penyimpanan uang lain yang terpisah dari uang yang digunakan untuk kebutuhan harian..

Ketika gajian, kamu bisa langsung menyisihkan uang untuk ditabung dan gunakan sisanya untuk kebutuhan sehari-hari. Hindari untuk menggunakan uang yang ada di tabungan untuk kebutuhan tidak penting. Pastikan juga kamu hanya menggunakan uang di tabungan untuk kebutuhan mendesak.

Namun, sekarang kamu juga bisa memenuhi kebutuhan mendesak tanpa perlu mengambil uang di tabungan yaitu dengan memanfaatkan aplikasi KINI.i. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji instan kapan dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan kamu. Sehingga, kamu bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan darurat dengan lebih mudah dan cepat.

Usahakan untuk berinvestasi

Selain menabung, kamu juga bisa mulai berinvestasi. Kamu bisa berinvestasi dengan menyisihkan sedikit uangmu untuk dialokasikan ke deposito, reksa dana, atau instrumen investasi lain. Pastikan sebelum berinvestasi, kenali profil risikomu dan pelajari produk investasi yang akan dipilih. Dengan begitu, kamu bisa mendapat return maksimal sekaligus meminimalisir risiko kerugian.