4 Tips Hemat Belanja Kebutuhan Sekolah yang Bisa Kamu Terapkan

Ketika sudah berkeluarga dan memiliki anak di usia sekolah, pasti ada saja kebutuhan penting yang wajub dipenuhi. Apalagi ketika menjelang tahun ajaran baru, ada banyak biaya yang perlu diperhatikan mulai dari biaya masuk sekolah atau biaya daftar ulang, biaya pembelian buku pelajaran, belum lagi jika seragam sekolah mulai sempit dan perlu membeli seragam baru. Bukan hanya itu, ada juga kebutuhan sekolah yang tiba-tiba datang misalnya saja biaya untuk karyawisata anak-anak, biaya kegiatan sekolah, biaya fotokopi materi pelajaran, dan masih banyak lagi. Nah, agar biaya sekolah tidak membeludak, di bawah ini adalah tips hemat belanja kebutuhan sekolah anak-anak yang perlu kamu terapkan.

Buat daftar belanja kebutuhan sekolah

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui apa saja keperluan sekolah anak yang perlu dibeli. Agar tidak ada yang terlewat, cobalah buat daftar belanja. Jika kebutuhan yang harus dibeli banyak, kamu bisa urutkan dari yang paling prioritas untuk dibeli pertama kali. Misalnya, buku sekolah. Karena tanpa buku sekolah anak-anak akan kesulitan mengikuti pelajaran. Sedangkan, sepatu baru, tas baru, atau kebutuhan lainnya yang bisa ditunda, akan lebih baik ditunda terlebih dulu sampai benar-banar sudah tidak bisa digunakan.

Luangkan waktu untuk berburu promo

Ketika musim ajaran baru dimulai, biasanya akan ada banyak promo yang ditawarkan oleh penjual kebutuhan belanja sekolah anak menjelang semester atau tahun ajaran baru. Untuk dapat promo dan penawaran terbaik, kamu butuh meluangkan waktu. Agar lebih seru, kamu dapat menjadikannya kegiatan keluarga. Namun, pastikan kegiatan berburu promo kebutuhan sekilah ini harus mengacu pada daftar yang sudah dibuat. Jika tidak, maka kamu akan  tetap boros karena mengeluarkan uang bukan untuk kebutuhan sekolah semata.

Membeli dalam jumlah besar

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli dalam jumlah besar. Meski kamu keluar uang yang lumayan karena membeli sekaligus, pada akhirnya kamu menghemat lebih banyak. Pembelian dalam jumlah besar bisa dipilih untuk barang yang terus digunakan dan tahan lama, seperti buku tulis dan alat tulis yang memang selalu dibutuhkan dalam jangka panjang.

Buat budget untuk kebutuhan belanja sekolah

Jika ingin hemat belanja kebutuhan sekolah, pastikan juga kamu memisahkan dana tersebut dari kebutuhan lainnya. Selain memastikan dana tidak bercampur dengan dana untuk keperluan lain, memiliki budget juga membantu memastikan kamu mengeluarkan uang sesuai rencana. Dari daftar belanja inilah kamu bisa perkirakan berapa budget yang harus dialokasikan.

Ketika berbelanja, kamu menghabiskan uang lebih sedikit dari budget yang sudah dibuat karena diskon dan penawaran harga yang kompetitif, ini justru keuntungannya. Kamu bisa menggunakan sisa uang tersebut untuk keperluan lain. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kamu menghabiskan uang lebih dari budget yang sudah dibuat.

Itulah beberapa tips hemat belanja kebutuhan sekolah yang perlu kamu terapkan. Dengan menerapkan tips di atas, kamu bisa memenuhi kebutuhan sekolah tanpa harus menguras tabungan atau mengambil dana darurat.

Jika kamu belum mempersiapkan dana untuk kebutuhan sekolah dan tiba-tiba terdapat kebutuhan sekolah yang harus dipenuhi, maka pastikan untuk tidak berutang. Namun, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji instan dan fleksibel tanpa harus menunggu tanggal gajian. Sehingga membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan darurat tanpa harus mengambil tabungan atau meminjam uang. Jadi, pastikan kamu memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk segala kebutuhan daruratmu mulai hari ini.