Fakta Keuangan Unik yang Menjadi Kebiasaan Belanja Perempuan

Perempuan Indonesia dikenal sebagai jagonya belanja, mulai dari kalangan ibu-ibu hingga kalangan anak muda. Insting belanja tidak bisa dilepaskan dari perempuan, karena itu sebagian perempuan rela melakukan banyak hal demi bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga serendah mungkin dan keuntungan sebanyak-banyaknya. Nah, penasaran dengan kebiasaan unik perempuan saat belanja? Berikut fakta keuangan unik yang sering terjadi pada perempuan Indonesia.

Tawar-menawar yang sengit 

Fakta pertama yang sering menjadi ajaran penting ketika proses menawar harga adalah tawar hingga setengahnya. Kemudian dari situ antara pembeli dengan penjual pun akan saling menyesuaikan hingga sepakat dengan harga (atau dipaksa sepakat oleh pembeli). Kadang, melihat aksi tawar-menawar perempuan dengan pedagang membuat yang menonton merasa kasihan dengan penjualnya, namun nyatanya cara inilah yang membuat keuangan rumah tangga bisa terselamatkan karena biaya pengeluaran yang ditekan sekencangnya.

Belanja barang tertentu di lokasi tertentu

Banyak perempuan yang juga memberlakukan fakta ini. Misalnya, ketika ingin beli baju dengan harga yang murah, maka mereka akan datang ke Mangga Dua, setelah itu baru cari kain di Pasar Baru karena di sana harganya bisa lebih murah dan pilihannya lebih banyak, padahal di Mangga Dua pun ada yang jual kain.

Soal mencari tempat belanja yang lebih murah memang jagonya para perempuan. Meski harus pindah tempat, mereka rela berburu barang dengan kualitas yang sama atau mirip dengan harga yang lebih murah dari tempat lain.

Tidak enakan kalau tidak jadi beli

Meski suka menawar dengan sadis, perempuan juga sering merasa tidak enak jika tidak jadi beli apalagi kalau sudah menawar habis-habisan meski harga yang ditentukan penjual belum memuaskan. Ada juga perempuan yang tidak suka menawar karena mengetahui harga yang mereka tawar tidak akan diberikan penjual. Ujung-ujungnya tetap beli juga karena merasa tidak enak.

Menghitung besarnya diskon dengan seksama 

Jika sudah lihat diskon, mata perempuan manapun pasti akan langsung fokus dengan barang tersebut. Namun, mereka tidak akan langsung tergoda membeli barang tersebut.Mereka biasanya akan menghitung besarnya harga diskon dengan menggunakan kalkulator karena seringkali meski angka diskonnya besar, namun harga barangnya ditinggikan dulu jadi sebenarnya tidak semurah itu. Meski sedang diskon, jika ternyata harganya masih lebih tinggi dari toko langganan ya tentu mereka tidak akan beli.

Belanja rombongan 

Jarang ada perempuan yang senang belanja sendirian, terutama ketika belanja kebutuhan gaya hidup seperti produk fashion. Kebanyakan perempuan akan mengajak teman atau pasangan karena belanja ramai-ramai bisa memberikan kesenangan tersendiri. Teman yang diajak juga bisa dimintai pendapat, apakah barang yang dipilih cocok, apakah harganya bagus, kadang teman atau pasangan juga bisa menjadi rem agar tidak terlalu boros dan impulsif.

Perempuan paling sering belanja online

Bukan hanya terjun langsung ke lapangan, perempuan juga menjajah toko online ketika ingin belanja. Mereka hobi sekali belanja secara online apalagi kini hampir setiap toko online menawarkan berbagai macam promo poin, cashback, gratis biaya pengiriman, dan sebagainya. Barang yang dijual di toko online pun relatif lebih murah dibandingkan di toko.

Itulah fakta keuangan para perempuan Indonesia. Meski sering dijuluki si tega nawar atau si hobi belanja, mereka adalah orang-orang yang juga bijak dalam berbelanja. Karena mereka tidak kenal lelah untuk mencari barang dengan harga terbaiknya. Kebiasaan belanja ini jugalah yang menjadi cara yang bagus untuk menghemat.

Namun, pastikan juga untuk tetap bijak dalam mengelola keuangan. Jangan sampai jiwa belanja membuat kamu berutang. Karena tidak jarang juga perempuan Indonesia yang memiliki kebiasaan belanja impulsif meski tidak memiliki uang.

Pastikan kamu bisa mengontrol diri ketika berbelanja, dan hindari belanja untuk memenuhi gaya hidup. Namun, jika kamu butuh belanja untuk memenuhi kebutuhan seperti belanja bahan pokok, kamu bisa  memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji secara instan dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan.