8 Tips Memilih Sekolah Anak Sejak Dini untuk Persiapkan Masa Depan Terbaiknya

Banyak orang tua yang merasa bingung ketika ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah. Meski begitu, setiap orang tua tentunya akan menyekolahkan anak di tempat terbaik. Namun memilih sekolah “terbaik” seringkali menempatkan orangtua pada dilema harus memilih sekolah yang mana. Tidak bisa sembarangan dan asal ketika memilih sekolah, karena ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan. Berdasarkan Kemendikbud, orangtua disarankan untuk memilih sekolah yang ideal bagi anak. Artinya, kebutuhan ‘’ideal” setiap anak bisa berbeda sehingga sekolah favorit di kota belum tentu ideal bagi anak. Nah, agar tidak salah memilih sekolah, di bawah ini adalah beberapa tips memilih sekolah anak yang bisa kamu perhatikan. 

Lokasi & Jarak Tempuh

Lokasi dan jarak tempuh ke sekolah menjadi hal pertama yang wajib dipertimbangkan. Jarak tempuh yang jauh bisa membuat anak kelelahan dan energi habis terbuang di jalan. Secara tidak langsung, ini bisa berdampak tidak baik bagi anak-anak seperti kurangnya semangat dan konsentrasi akibat kelelahan dan jarak tempuh yang jauh. Sehingga, mereka menjadi tidak fokus belajar di kelas dan berujung nilai menjadi jelek.

Meskipun kamu memiliki kendaraan untuk mengantar anak sekolah, namun tetap jarak sekolah yang terlalu jauh kurang baik. Belum lagi jika terjadi kemacetan lalu lintas yang menyebabkan anak sering terlambat pulang maupun masuk sekolah. Jadi, ada baiknya pilihlah sekolah bagus yang jaraknya dekat dengan rumah agar kualitas belajar tetap terjaga dengan baik.

Rekam Jejak Sekolah

Setiap sekolah pastinya sudah berdiri sejak lama. Artinya, tiap-tiap sekolah pasti punya rekam jejak yang berbeda. Kamu bisa memperoleh informasi rekam jejak sekolah ini dari para pengajar di sekolah, staf, orang-orang sekitar dekat sekolah, alumni, dan sebagainya.

Sebelum memutuskan untuk mendaftar di sekolah tersebut, cobalah tanyakan terlebih dulu seputar budaya sekolah, seperti kegiatan para siswa/siswi, prestasi yang sudah diraih, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa memiliki banyak pertimbangan ketika mendaftarkan mereka sekolah.

Akreditasi Sekolah

Akreditasi sekolah juga menjadi salah satu faktor penting yang perlu kamu perhatikan. Di mana, akreditasi ini merupakan hasil penilaian dalam bentuk sertifikasi formal terhadap kondisi sekolah yang memenuhi standar layanan tertentu yang telah ditetapkan pemerintah.

Jika sekolah tersebut memenuhi syarat dari pemerintah, mulai dari pelayanan sekolah, sistem pembelajaran yang bagus dan lainnya, maka sekolah tersebut akan mendapatkan akreditasi A. Jadi, pastikan kamu mencari tahu terlebih dulu mengenai akreditasi sekolah yang dituju. Kamu bisa mengeceknya langsung ke situs Badan Akreditasi Nasional Sekolah atau Madrasah.

Pembelajaran yang Bagus

Kamu juga perlu mengetahui pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut. Mulai dari kurikulum yang digunakan, bagaimana cara guru mengajari murid-murid, apakah karyawannya ramah, mengayomi, melindungi, perhatian kepada siswa-siswi, dan sebagainya. 

Sebelum memutuskan memilih sekolah tersebut, cobalah untuk melihat pembelajarannya secara langsung. Pastikan pembelajaran yang mereka terapkan sesuai dengan anakmu, sehingga nantinya mereka akan senang dan proses belajar bisa jadi lebih baik.

Jika pembelajaran bagus dan menyenangkan, anak pun akan nyaman belajar di sekolah dan tentunya lebih mudah menerima ilmu yang diberikan kepada pengajarnya. Begitu sebaliknya, jika pembelajaran di sekolah tersebut buruk, maka anak pun tidak bisa menerima pelajaran dengan baik.

Lingkungan Sekolah yang Bagus

Lingkungan sekolah juga menjadi faktor penentu sekolah tersebut bagus atau tidak. Hal ini karena lingkungan akan mempengaruhi anak-anak ketika berada di luar jam sekolah. Misalnya, jika lingkungan sekolah tersebut banyak preman, maka akan berdampak buruk dengan anak. Bisa saja, anak tidak akan nyaman, sehingga pembelajaran di sekolah menjadi terganggu. Untuk itu, orangtua perlu perhatikan lingkungan sekolah yang akan dipilih. Pastikan lingkungan sekolah bagus, aman, dan membuat anak nyaman selama di sekolah.

Pastikan Guru Berperan Penting pada Pembelajaran

Guru adalah ujung tombak pendidikan untuk mencetak generasi penerus yang didambakan. Tanpa guru, kurikulum yang ideal pun tidak akan ada artinya. Karena gurulah yang akan melaksanakan kurikulum tersebut dan memberikan pembelajaran kepada anak-anak.

Oleh karena itu, pastikan guru yang ada di sekolah tersebut memiliki kompetensi yang baik dan telah melalui berbagai program, antara lain penataran, beasiswa pendidikan dan program sertifikasi guru. Selain itu, pastikan guru tersebut juga memiliki tanggung jawab atas prestasi dan sikap anak-anak. Jangan sampai, guru hanya bertanggung jawab pada prestasi anak tanpa memikirkan perilaku mereka. Karena perilakulah yang akan menentukan kesuksesan anak-anak.

Libatkan Anak Dalam Memilih Sekolah

Melibatkan anak ketika memilih sekolah juga menjadi tips memilih sekolah. Sebagai orang tua, kamu harus paham bahwa yang akan sekolah nanti adalah anak. Jadi, ajaklah mereka untuk mencari sekolah bersama. Jika pilihan anak tidak sesuai dengan pilihan orang tua, kamu bisa coba ajak mereka berdiskusi bersama dan menjelaskan kelebihan dan kekurangannya tersebut. 

Sarana dan Prasarana

Sekolah adalah rumah kedua bagi anak-anak. Jadi pastikan sekolah yang kamu pilih mampu memenuhi kebutuhan anak-anak seperti bangunan fisik, ruang kelas, taman, perpustakaan, laboratorium, sarana olah raga dan kesenian, arena bermain, kantin, perlengkapan kelas, hingga alat peraga edukasi yang dimiliki.

Pilihlah sekolah dengan sarana dan prasarana yang memadai dan dibutuhkan oleh anak-anak. Misalnya menyediakan fasilitas CCTV yang akan mengontrol dan memonitor kegiatan anak-anak, toilet yang bersih, perpustakaan yang lengkap, dan sebagainya.

Itulah beberapa tips memilih sekolah anak yang patut kamu ikuti dan terapkan ketika memilih sekolah terbaik bagi si kecil. Selain beberapa tips di atas, kamu juga perlu mempersiapkan dana pendidikan sebelum memasukkan anak-anak ke sekolah. Perhatikan biaya apa saja yang dibutuhkan, mulai dari biaya gedung, biaya fasilitas, iuran bulanan, seragam, buku, dan sebagainya.

Jangan sampai kamu terjebak ke dalam biaya sekolah yang murah, dan ternyata masih banyak biaya tersembunyi yang menjebak di tengah pembelajaran. Hal inilah yang terkadang membuat orang tua bingung dan mengeluh. Jadi, pastikan kamu menanyakan dengan teliti di awal pendaftaran.

Jika saat ini anak kamu butuh biaya dadakan untuk sekolah, kamu tidak perlu lagi berutang atau mengambil tabungan. Karena sekarang kamu bisa dengan mudah mendapatkan akses pembayaran gaji di muka dengan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji di awal, kapan dan di mana saja tanpa menunggu tanggal gajian. Yuk mulai manfaatkan KINI.id sekarang!